Yang Ching Shun Grand Champion of Guinness 9ball tour 2008

Guinness 9ball Tour asia 2008 akhirnya memasuki fase paling akhir setelah melewati 5 seri dan meloloskan 10 pebiliar terbaik asia untuk berlaga pada babak GrandFinal yang dilangsungkan di Mall Taman Anggrek, Jakarta-Indonesia 24-26 Oktober 2008.

Indonesia beruntung karena kebagian jatah GrandFinal dan berhak mendapat wildcard yang diberikan kepada pemain kita Ricky Yang. Karena ga bisa nonton langsung, maka saya dengan setia nongkrong di depan tv dari hari jumat sampe minggu untuk nonton acara ini, walau adik protes karena saluran indovision di rumah “dibajak” selama 3 hari untuk nonton biliar seharian :mrgreen:

Indonesia lagi-lagi tak mampu menunjukkan prestasi yang memuaskan pada ajang ini, Ricky Yang tak mampu lolos dari babak penyisihan. Sempat mengalahkan jago Filipina “gaga” Gabica, namun perjuanganRicky Yang mesti kandas di tangan pebiliar muda berusia 19 tahun Wu Chia Ching. (masa kalah sama anak kecil yah hehe :mrgreen: ) Sebagai info, Wu Chia Ching bukan bocah sembarangan karena dia adalah pemegang gelar juara dunia 9ball termuda yaitu juara dunia pada umur 16 tahun tepatnya pada tahun 2005. Former World Champion kalo orang bule bilang 😀 Dia juga pernah juara dunia untuk kategori 8ball dan bulan lalu hampir saja menjuarai kategori 10ball jika tidak dihentikan oleh Darren Appleton di final. :mrgreen: Ricky Yang kalah 9-3 dan mesti puas “hanya” membawa hadiah $2200 sebagai imbalan bagi peserta yang tidak lolos dari babak penyisihan.

Pada babak semifinal terjadi pertarungan sangat seru, Alex “the Lion” Pagulayan (juara dunia 9ball 2004) berhadapan dengan Wu Chia Ching (juara dunia 9ball 2005). Alex yang tingkah lakunya sangat kocak dan menghibur akhirnya harus takluk oleh Wu dengan skor 9-6. Pada semifinal lainnya mempertemukan pemain rangking 1 dunia saat ini, Dennis Orcollo melawan “the son of pool” Yang Ching Shun. Kali ini Yang Ching Shun tak terbendung dan berhak berlaga di babak final melawan muridnya yaitu Wu Chia Ching.

Mall Taman Anggrek

Partai final berlangsung sangat menarik, dimana Wu mendominasi pada awal pertandingan dan sempat leading 7-4, namun karena kesalahan kecil akhirnya momentum berbalik dan Yang Ching Shun menyudahi pertarungan dramatis tersebut dengan skor 11-9. Wu tentu kecewa karena tak dapat meraih 1 pun trophy kejuaraan asia, padahal ia adalah seorang mantan juara dunia. Sebaliknya Yang Ching Shun (yang juga merupakan mentor dari Wu) telah berkali-kali juara asia termasuk kemarin, namun uniknya dia tak sekalipun pernah kebagian untuk menjuarai kejuaraan dunia. Mirip Timnas sepakbola Belanda kali yee, permainan si oke, tapi ga pernah juara dunia 😀

inilah sang Grand Champion

Sebagai juara Yang Ching Shun berhak atas prize money sebesar $36.000 (dikit amat yak kalo dibandingin hadiah pemain tenis, tapi kalo untuk saya si rasanya banyak banget hehe 😆 ) Wu Chia Ching sebagai runner up mendapat hadiah $10.000. Kalo dihitung-hitung Wu lumayan kaya untuk anak berusia 19 tahun. 2 bulan ini aja uang hadiahnya udah terkumpul $50.000 lebih, wuah ternyata kalo memiliki skill (dalam bidang apa aja) dan dimaksimalkan, maka rewardnya pasti juga memuaskan 😀

Udah ah nonton biliarnya, kasian blog ngawur ini dicuekin aja.

11 comments… add one

  • wah….mantrapp sang champion.
    sayangnya gw nggak terlalu suka ama billiar

  • Wadduuuuuhhhh…. Mana Wu chia cing?? Buung dia maan Red Stripe..
    Hehehehe…

  • waah 9 ball ya? jd inget chinmy si breakshot 😀

  • billyar?? seneng liatnya tapi ga suka maennya.. :)

  • Closingnya bagus banget.. Kalo punya skill yang dimaksimalkan memang akan dapat reward yang sepadan :)

  • yudi juga bisa d….. jadi the next champion… asah terus yaah yuuuud….

  • klo nggak punya skill di bidang apa aja? kelaut aje ya bos?..he2..yang susah mang mengoptimalkan kemampuan.. kadang suka menyerah duluan..

  • maen pool lewat komputer aja…
    aluh ngeker…
    hoho… 😀

  • Wah, baru belajar maen bilyar neh. Ga tau megang stick sama sekali. Selamat neh bagi yang menang, btw bukan orang Indonesia ya…

  • Temen2 pada maen bgnian..

    Saya cma merhatiin..

  • Buat rekan2 yang mo tambah jago main billiard, saya jual DVD Billiard Tutorial maupun Pertandingan, list lengkapnya dapat dilihat di http://www.bola9.com.

    Semoga dapat membantu rekan2 untuk tambah jago, dan semoga indonesia bisa tambah maju untuk olahraga billiardnya.

    Salam Bola 9 Mania

Leave a Comment