Uang saku masa ke masa

Selalu bikin senyum-senyum sendiri bila mengingat kejadian jadul waktu kecil. Kali ini teringat akan jumlah uang “sangu” yang biasa saya bawa dari kecil dulu. Karena saya bukan anak orang berada, maka jumlahnya pun mungkin boleh dibilang “nge-pas” aja dengan situasi waktu itu. Biar nge-pas yang penting kan hepi 😀

Taman Kanak-kanak
Uang saku ga ada alias nol rupiah. Saya hanya dibawakan bekal minuman yang ditampung dalam wadah berbentuk robot-robotan kesukaan saya he..he.. :mrgreen: Tapi rasanya cukup ko, TK kan cuma sebentar aja jam sekolahnya, paling banter jam 10 udah bubar.

Sekolah Dasar
Kelas 1 saya diberi uang saku Rp.100, kelas 2 Rp.200 dan begitu seterusnya. Uang saku saya waktu SD rumusnya adalah (tingkat kelas saya X 100) 😀
Uang segitu terasa banyak bagi saya yang tidak terbiasa berbelanja sendiri. Waktu kelas 1 SD, uang 100 rupiah bisa dibelikan es gula Rp.25, irisan nenas Rp.50 dan sisanya saya tabung di celengan bentuk telepon saya sebesar Rp.25 hihi..dikit banget :mrgreen:
Chiki snack dan Beng-Beng harganya masi Rp.200 dan majalah paling mahal bagi saya adalah serial Tiger Wong, Tapak Sakti dan sejenisnya yang seharga Rp.2000. Karena mahal jadi saya hanya diijinkan berlanggganan majalah Bobo :mrgreen:
Dalam masa 6 tahun, saya berhasil mengumpulkan kekayaan dari celengan saya sebesar kira-kira Rp. 71.000an rupiah. Wowww banyaakkk (dari hongkong :mrgreen: )

Sekolah Menengah Pertama
Uang saku naik jadi Rp.1000 tapi tetep segitu sampai kelas 3 hiks.. :-(
Gpp, lagi-lagi yang penting Hepi 😀 Saya dulu naik kendaraan umum, jadi Rp.400 habis buat ongkos kendaraan bolak balik. Untungnya saya sering sungkem kanan kiri buat minta ‘sumbangan’ sama tante-tante atau om saya hehe..
Kalo ga salah pada masa itu dimulai krisis moneter di negeri kita tercinta ini. Nilai uang terasa makin anjlok. Kata orang-orang dewasa waktu itu (saya ceritanya masih kecil n ga ngerti apa-apa :mrgreen: ) harga-harga jadi mahal, karena itu ga berani deh kurang ajar minta “kenaikan gaji” sama ortu. Tambahan sangu kan bisa diusahakan dengan taruhan liga Italia :mrgreen: (sumpah jangan ditiru!!!)

Sekolah Menengah Atas
Horeee, pada tingkat ini naik jadi beberapa ribu. Tapi ya terasa cukupan karena harga-harga sudah mahal. Tetep hepi aja karena makan kan masih numpang di rumah. Cuma yang bikin berat adalah pengen bisa traktir cewe cakep tapi ga punya duit hehe… :mrgreen: Untungnya pas SMA ga ada cewe yang mau saya traktir (air putih) :mrgreen:

Perguruan Tinggi
Dikasi sangu lebih banyak namun hidup terasa lebih berat, karena untuk pertama kalinya dalam hidup, saya tinggal tak bersama ortu. Makan aja mesti beli. Hiks..
Pada fase ini saya menjadi lebih mengerti makna berhemat. Susah sekali mengatur hidup ternyata. Tangan masi nadah sama ortu aja dah ngerasa susah, emang dasar katrok!! 👿
Karena saya suka sekali main biliar, maka sering saya mesti menelpon ke rumah mengabarkan bahwa saya telah sukses. Sukses kehabisan uang saku. Duh… malunya saya… 😳

Bermula dari 100 rupiah hingga puluhan ribu. Nilai uang dulu dan sekarang sudah jauh berbeda. Dulu Rp.100 terasa banyak, sekarang coba aja pergi malem mingguan. Jujur deh, pasti paling tidak selembar uang seratus ribuan keluar dari dompet anda.Ya kan..? 😀

Anak-anak di masa depan berapa ya uang sangunya? 😀

Selamat berhari minggu teman-teman 😀

17 comments… add one

  • kayaknya saya TK ga dikasi pesangon… cuman modal botol minum n tromel (tempat makanan). entah apa yang dibawa deh…
    trus SD kalo ga salah 500 rupiah… waktu itu cukup buat beli tahu isi 150 ama Fanta Merah 350. hhehehehe.. kadang bawa 1000 buat traktir temen abis olga.
    kalo SMP kayaknya 3 ribu deh. bayar duit becak PP 1000, trus 2 ribunya buat jajan bakso ama coca cola… apalagi jam istirahat 2x, kudu pandai2 mengatur pengeluaran selama di sekolah
    nahhh SMA kelas 1-2 saya jajannya 10rb, becak PP 3000 cuz uda pindah rumah n lebih jauh lg sekolahnya… jajan di sekoloah juga mulai mahal-mahal….
    begitu pindah ke Bali kelas 3 SMA, langsung deh jajan 50rb, secara tiap hari nae taksi PP 30rb kekekeke…. tapi stelah cawu 2 kayaknya uda nebeng temen, yayank n kadang bawa motor sndiri…
    kuliah…. ga bisa dibayangkan dehhh, semakin menjadi2 neh… kayaknya 3x lipat dari jaman SMA kelas 3 deh… pokoknya ga terkontrol, ditambah lagi mama yang ho’oh2 aja pas dimintain duit…. *jadi malu karna boros* :”>

  • Uang saku saya dari TK – SMU kelas 2 itu nol rupiah..
    Ibu saya berkeras bahwa kalo mau makan di sekolah, mending bawa dari rumah.. *padahal di rumah kan ga ada es jeruk, es teh, es orson, gorengan dll…*
    Positifnya, saya jadi ga ambil pusing dibilang kere, pelit dan sebagainya.. lha wong emang ga punya uang saku, mau bagaimana lagi, lebih baik hadapi realita saja :)
    Kelas 3 SMU saya ditinggal ortu karena bapak pindah tugas ke luar jawa.. baru deh pegang uang sendiri.. Boros? Engga, kebiasaan dulu masih tetep dijaga, uangnya disimpen buat beli baju pas kuliah nanti hehehe 😀

  • gue jadi kepikiran, kenapa ya jajan itu slalu terasa lebih enak ketimbang makan makanan yg ada di rumah. Kyknya pepatah rumput tetangga lebih hijau ga tepat kalo diberlakukan ke mslh jajan. Atau mgkin mslh variasi ya.

    susah nih punya anak jaman skrg. Jajannya pd mahal2x :)

  • iya ya, jajan luar selalu lebih enak dr makanan rumah… tapi yang ngeki’in, dulu tiap jajan ini-itu selalu diomelin… trus buad apa dunk dikasi sangu? hihihihi…

  • Mmm saya SD dapat jajan 100 rupiah trus SMP naik jadi Gopek.. lalu SMA jadi seceng karena sudah punya penghasilan tambahan hehe terharu juga ya kalo mengingat bagaimana kita dapat duit ketika masih kecil.. :)

  • @ fenny
    wah fenfen banyak tu sangunya, bagi donk… 😀

    @ ipung
    nice story mas 😀

    @ Tigis
    untung saya anak jaman dulu 😀

    @ AnakAyamNyasar
    sangu untuk jaga2 kalo haus hehe..

    @ Zalukhu
    iya, sama jadi senyum2 ndiri mas

  • waduh tar anak saya sekolah musti dikasih uang jajan berapa ya?

  • kejadiannya mirip dengan saya…jadi inget masa kecil nih…

  • kalo waktu SD jajan nya 500, itu pun udah bisa maen gimbot sampe puas, jajan sampe kekenyangan, … eh, sekarang, gopek dapet permen doang, 3 biji doang pula. hihi

  • hihihi aku baru ngerasain dpt uang jajan tu waktu kelas 5 SD, sebelum2nya selalu dibawain bekal dari rumah.
    uang saku pertama 1500 untuk seminggu 😳 tapi itupun berasanya udah cukup banyak dan sering sisa lho. secarrra gitu loohhh dulu gorengan 50 perak jg udah dapet 😛
    kalo sekarang… uang segitu dalam sehari mah belum tentu cukup ya :mrgreen:

  • waoow berarti masa2 kecil kita samaan neh,,waktu tk aku juga ndak dikasi duwit sama sekali soalnya deket banget ama rumah, terus sd nya jajannya rp.25 doang perbungkus. terus smp harga gorengan udah 50-100. terus sma harga gorengan 200-300. kulya? udah 500 an ;p..ditambah lagi menjalani hidup sebagai anak kos ..hehe

  • Kalo mau punya uang sangu Ratusan Ribu sehari, rajin-rajin lah ber-jackball-an. hehehehe……
    Palagi lawannya Pak Tunas n Agas, sudah dipastikan tiap minggu dapet tambahan Rp.50.000.
    hehehehehe….

  • Saya masih merasakan beli krupuk pecel seharga lima rupiah…. 😀

  • Weh kalo bicarain uang saku bikin ga enak hati, soalnya kalo dibandingkan dengan adik2 saya jauh banget

  • Wah..hidup memang butuh visi dan misi yang jelas..

    http://www.danta-article.com

  • Hahaha…. Yudi… Yudi… Selalu membuatku tertawa dengan postinganmu… Uang sakuku beda-beda juga malahan tergantung mamaku lagi punya uang apa enggak… Kalo lagi ga punya uang ya ga dapet uang saku deh ah… Bekel sendiri aja atau minta sama temen sebelah hihihi.. Bukan malak loh, mereka emang baik aja sama aku (ngeles mode ON hihi)… Untungnya temen-temenku baik-baik semua kok sepanjang aku sekolah dan kuliah (apa tanpa sadar mukaku melas ya kalo ga punya uang buat jajan hihihi)…

  • waahhhhh kayanya kalo beda taon beda juga niy uang jajannya…

    yg kuw inget dlu SD uang jajannya dari 5000-15000…

    pernah naek jadi 20000 tapi cuma bentar doank gara2 dompet ilang

    trus SMP juga segitu2 aja…

    Nah SMA… 50000 pake sampe abis baru minta lagi…
    hohohoho

    tapi karena sekarang jajanan dikantin aja naek mulu harganya dan kegiatan skul tuh mpe jem 5 sore karena dll… jadinya lagi nyari2 duit tambahan skrg… misalnya buatin tugas temen, 1 tugasnya 50000,… lumayanlaaaa

Leave a Comment