Tips praktis mengatasi masalah

Dihadang sebuah permasalahan memang kurang menyenangkan. Dibanding menggerutu ataupun meratapi nasib maka lebih baik bila permasalahan tersebut diselesaikan dengan kepala yang dingin. Berikut sekumpulan tips dalam mengatasi masalah yang saya dapatkan dari artikel-artikel motivasi yang pernah saya baca :

1. Menerima masalah dengan Ikhlas

Ketika menyadari bahwa kita sedang dirundung masalah, maka hal pertama yang dapat dilakukan adalah menerimanya dengan lapang dada. Jangan berusaha menyangkalnya, karena justru akan membuat masalah terasa semakin berat karena energi kita habis untuk ‘tidak mempercayai’ bahwa masalah tersebut menimpa kita. Jangan panik. Siapa tau dengan bersikap ikhlas maka akan timbul ide segar untuk memecahkan masalah tersebut :-D

2. Kumpulkan informasi dan atau minta pertolongan

Cari tau apa penyebab permasalahan anda lalu kumpulkan informasi untuk memecahkannya. Mungkin anda bisa meminta nasehat orang-orang yang dekat dengan anda atau bertanya pada orang yang mahir dalam memecahkan permasalahan anda tersebut dsb. Niscaya kegelisahan dan kekuatiran anda akan permasalahan tersebut akan berkurang.
Misal : Saya mengalami masalah dengan hosting, maka yang bisa dilakukan adalah mengkontak tim support hosting tersebut ataupun bertanya ke teman-teman yang lebih berpengalaman dengan hosting tersebut, atau bisa juga dengan bertanya di forum-forum terkait maupun browsing mencari informasi sejenis di gugel dsb. Dengan demikian diharapkan permasalahan akan bisa terpecahkan.
3. Pilah-pilah masalah menjadi bagian-bagian kecil

Cukup susah bila harus menyelesaikan permasalahan besar. Kita bisa memisahkan permasalahan besar tersebut menjadi bagian-bagian kecil dan menyelesaikannya secara bertahap. Dengan memilah-milah maka gambaran permasalahan anda secara garis besar akan tergambar lebih jelas.

Misal : Anda mengalami permasalahan dalam mencari tambahan uang saku melalui internet. Penyebab bisa sangat kompleks, mungkin pada desain website anda, pengoptimalan web anda, konten yang tidak up to date karena sibuk, cara penulisan anda, program yang anda ikuti tidak cocok dengan anda, produk yang anda jual kurang peminat, kesulitan membagi waktu dengan pekerjaan offline, tidak fokus, blah..blah..blah..dsb..dsb.. :mrgreen:
Setelah mengidentifikasi berbagai penyebab masalah anda, maka anda bisa konsentrasi untuk memecahkannya satu persatu. Apabila pekerjaan-pekerjaan yang lebih kecil terselesaikan, maka secara keseluruhan akan menyelesaikan sebuah permasalahan yang lebih besar.

4. Temukan Hikmah ataupun pelajaran yang dapat dipetik

Selalu ada pelajaran yang dapat kita ambil dari setiap permasalahan yang menimpa kita. Jadikan hal tersebut sebuah pengalaman untuk membuat anda semakin berkembang dari hari ke hari. Mental anda akan semakin kuat bila semakin terbiasa menghadapi dan memecahkan berbagai masalah. Selalu cari tau dan tanyakan pada diri sendiri, adakah peluang tersembunyi di balik permasalahan saya? :-D

5. Selalu jaga motivasi anda

Hindari perasaan ‘down’ pada diri anda. Jagalah semangat anda selalu. Jangan biarkan keadaan memadamkan kreativitas anda. Bersyukurlah selalu kepadaNya :-D

Oke, demikian rangkuman yang dapat saya tulis. Semoga berguna untuk teman-teman dan saya sendiri :-D

Update EURO 2008 : Panggung sepakbola Eropa Euro 2008 semakin seru, setelah kemarin Turki menang atas Kroasia secara dramatis dan sangat “unusual” kini kejutan kembali muncul. Tim jagoannya bli brokethesoul Belanda yang dengan gagah membantai kedua finalis piala dunia 2006 terhenti langkahnya oleh Rusia yang diarsiteki “pelatih ajaib” Guus Hidink. Yah setidaknya masih ada Belanda di semifinal yaitu Hiddink :mrgreen:

Tim yang lolos ke semifinal sementara diisi oleh masing-masing runner up grup. Jerman (Runner up grup B), Turki(Runner up grup A), Rusia (Runner up grup D) Tanda-tanda Italy yang akan lolos semifinal..?? hehe :mrgreen:

About yudi

Yudi adalah mantan gibol yang kini beralih menggemari basket NBA. Tertarik dengan seo, affiliate marketing, pool khususnya 9ball dan 10ball. Lainnya bisa dilihat di halaman tentang Yudi

Comments

  1. Setiap masalah adalah kunci pengembangan diri, thanks mas tipsnya.

  2. keren tips nya, masalah diijinkan oleh Tuhan terjadi atas kita sesuai dengan kadar kekuatan kita :D

  3. Tips pengembangan diri yang masih berbau make money online ni hehehe :D
    Ditambah tips satu lagi, catat kelima tips diatas, dan ketika anda menemui masalah, keluarkan catatan itu dan bacalah :D
    Kalo dah dapat masalah suka lupa petuah-petuah bijak soalnya :D

  4. Yang pasti masalah untuk dihadapi bukan dihindari.

  5. baca dan terapkan….hehehe

  6. tips yang menarik
    kebetulan lagi banyak masalah nih (gara² yuro) :((

  7. Nice tips :) menurut saya, yang ketiga mas yang sulit. Mencoba bangkit setelah terjatuh…UUUUggghhh its feel so hard for me.

  8. Ralat, yang ke lima.He3x…

  9. @ Putra eka, ipung, imcw, bozz, yudha
    semoga berguna buat kita semua :-D

    @ persikers
    ditagih utang yah hehe :lol:

  10. yud tuker link yuk…udah ak pasang di blog aku…

    thanks

  11. saya selalu siap di dalam menghadapi berbagai masalah apapun. Dan tetep optimis akan kebesaran Tuhan, disetiap cobaan yang diberikannya pasti ada sebuah hikmah, berkah, dan secercah sinar buat langkah ke depan yang lebih berwarna.

    Euro 2008 : Terpaksa aku jagoin Spanyol, gara2 Spanyol aku menang taruhan maren :D

    Bravo Spanyol !!!!

  12. thank u for the advice…………….

  13. PErcaya kepada Allah SWT………….

  14. ozii fauzii says:

    semoga masalah yg dihadapi semua orang bisa teratasi.. Amin..

  15. jika masalh itu mengenai keuangan..gmn cara mengatasinya….

  16. Arnawa Ngakan says:

    saya masih belum paham betul tulisan tsb diatas,apa karena saya sekarang dalam masalah,,,

  17. Dhea cHapry says:

    Masalah seSulit aPpapun aKan biisa di selesaikan dgn kepala dingin,dan santai………..
    >>_<< eNjoy aJha ::_::

  18. makasi yaw kak atas tispnya,, tapi saya maw nya kak? gimna caranya biar kita tidak merasa selalu dihantui dengan masalah tersebut…. thanks

Speak Your Mind

*