Tips Bahagia

Waktu dulu saya sering mengalami ketidakbahagiaan, mulai dari TK hingga SMA selalu saja ada hal dalam hidup ini yang terasa kurang. Lama kelamaan saya merasa bosan tidak bahagia dan saya bertekad untuk bahagia.

Apakah yang saya inginkan yang tidak terpenuhi sehingga saya tidak bahagia?

Mainan?…. bukan, itu kan dulu waktu anak2.

Barang2 yang dimiliki teman tapi saya tidak miliki?…… ah itu sih sirik namanya, ini juga bukan

Kurang kasih sayang orang tua?…. waduh itu bukan bangett

Kurang disukai teman?…. itu kayaknya enggak deh, jadi bukan juga

Uang?….. iya sih, aku perlu uang, tapi masa sih gara2 itu? bukan deh sepertinya

Trus apa donk…? karena muak dengan perasaan merasa kurang ini, maka saya pun menjadi gemar membaca buku2 motivasi dan sejenisnya yang bertujuan untuk mencari dimanakah letak kesuksesan dan kebahagiaan saya.

Trus hasilnya gimana? nihil, kebahagiaan ternyata tidak berada dalam buku2 itu.

2 tahun belakangan ini keajaiban terjadi, saya menjadi jarang sekali merasa kurang bahagia, paling tidak saya mampu mengontrol perasaan sedih dan tidak bahagia saya dan membuat perasaan saya bahagia kembali dalam tempo yang sesingkat singkatnya atau as soon as possible kalo orang sono bilang.

Trus gimana tuh caranya? kasi tau donk…

Terus terang saya pun tidak tahu secara pasti gimana caranya, namun untuk sekedar share saya bersedia membagi “rahasia” mengontrol perasaan bahagia saya.

1. Ketahuilah dengan pasti apa yang anda inginkan agar anda bahagia.

Tiap orang memiliki gairah dan keinginan yang berbeda. Makna sukses bagi si A belum tentu bermakna sukses bagi si B. Ada orang yang sudah bahagia sekali apabila setiap minggu dapet libur 2 hari di akhir pekan, namun ada pula yang merasa bahagia jika tidak terikat lagi oleh waktu bekerja sama sekali. Si A merasa bahagia sekali bila dapat menolong orang yang kesusahan walau dia sendiri hidupnya bole dibilang tidak berlebih, namun si B hanya akan merasa bahagia bila karirnya terus meningkat sejalan dengan pendapatannya, tak peduli dengan bagaimana keadaan orang disekitarnya. Jadi, apakah yang membuat anda bahagia? temukan jawabannya dan berusaha raihlah, maka disana letak rasa bahagia anda.

2. Berkumpulah atau bergaulah dengan orang-orang yang bahagia dan membawa pengaruh positif untuk anda.

Berkumpul dengan orang-orang yang selalu merasa tidak bahagia dan mengeluh terus menerus akan mempengaruhi “kadar” kebahagiaan anda juga.

3. Bila sesuatu berjalan tidak semestinya maka berusahalah mencari solusinya dan bukan menggerutu serta mengeluhkan penyebabnya.

4. Bersantailah setiap saat.

Bersantai setiap saat bukan berarti berleha-leha saja, namun maksudnya adalah hadapi segala sesuatunya dengan perasan yang happy, just take it easy.

5. Bersyukurlah.

Syukurilah selalu keadaan anda setiap memulai hari yang baru. Dulu saya menganggap hal ini bullshit, mana bisa bersyukur kalo kita susah. Percayalah anggapan itu benar2 salah, dengan bersyukur setiap harinya maka kita akan merasa selalu dilimpahi kebahagiaan olehNya. Jadi, mulailah bersyukur.

6. Gunakan kemampuan terbaik anda.

Dengan telah mengerahkan semua kemampuan terbaik kita di setiap kesempatan, maka kita telah mengusahakan sesuatu yang baik untuk hidup kita, sisanya serahkan saja pada Tuhan. Semoga dengan demikian kita akan selalu diberikan jalan terbaik dalam hidup ini.

NB : tulisan saya hanya sekedar share hal yang membuat saya bahagia, tentu ada yang setuju dan ada yang tidak. Apabila tidak berkenan ya mohon dimaafkan karena paling tidak saya menulis dari sisi saya saja.

Yah itulah share dari saya, kebanyakan hal itu aku ambil dari berbagai macam buku motivasi yang aku baca. Ternyata memang benar loh, bahagia itu tak selalu harus kaya raya, tak selalu harus punya wajah rupawan, tak selalu harus dapet rangking 1 di kelas, dsb. Menurutku si bahagia itu asalnya dari pikiran kita, jadi mulailah berbahagia dari sekarang, karena kita bebas untuk bahagia.

Saya bukan manusia yang selalu bahagia, namun saya bersyukur karena diberikan kesempatan menjadi manusia yang bebas memilih untuk bahagia 😀

5 comments… add one

  • iya mas,,,
    boleh nambah nich,,
    memang sesuai dari cuplikan buku Dr. Murphy.. di sana disebutkan kalo sesuatu di hadapi dengan suasana hati yang gembira dan pasti juga yakin, maka apa yang menjadi harapan kita selama apa yang kita inginkan dan focuskan untuk mendapatkannyaa,,, maka harapan tersebut akan terwujud dengan sendirinya,, tentunya ini gak luput dari jerih paya sesuai dengan kemampuan kita, dan sebagaimana yang di utarakan juga oleh Pemilik Joger Store, Nikmatilah apa yang menjadi milikmu saat ini, dan jalanilah apa yang menjadi keinginanmu saat ini,
    Intinya semua targantung dari keyakinan kita sendiri² mas.
    wahh kalo njelimet perkataanku di persorry mas,, (maklum gak bisa mengungkapkan secara rapi)

    regard
    ochim

  • yudi

    @ ochim

    iya mas ochim, makasi banyak buat tambahannya :-)

  • aika

    makasih ya mas tips nya…
    aku lg sediiih `n lagi cari cari tips bahagia…

  • haha,, bener banget niy yg ditulis mawyudi,, n gw yakin yg bbuka blog ini emg search di google n type “tips bahagia” n akhirnya nemu blog ini..

    hmm seru seru,, mayan tipsnya.. thanks ya mas yudi,,

    jadi tambah semangat niy, padahal tadi ud hampirr aja lemes 😛

    salam kenal..

  • MR C

    asik asik asik…
    MANTAB… ANA SUKA NIH… IYA YAH KADANG KITA LEBIH SUKA NGEJELEKIN ORANG DAN MENGELUH DENGAN KESULITAN KECIL YANG MENIMPA KITA… DAN TANPA DISADARI ITU MENGURANGI KEBAHAGA=IAAN KIA

Leave a Comment