See Ya Next Tourney

turnamen-9ball-nbcBeberapa hari terakhir isinya kebanyakan cuma main biliar mulu. Kebetulan ada turnamen 9ball di NBC Renon, jadi ya ngikut aja. Ngetes mental sekalian senam jantung sehat. Biasalah, kalo turnamen suasananya beda. Siapa yang bagus plus memiliki mental yang baik maka punya peluang menang yang lebih tinggi. Pemain yang skillnya hebat tapi tidak diimbangi dengan “jantung” yang kuat sama aja bakal main jelek.

Kalo ga begitu suka cerita panjang n cerita biliar maka ndak perlu klik read more 😀

Hari pertama berjalan lancar, daftar hanya sekali langsung lolos ke babak utama. Untuk lolos ke 32 besar “hanya” perlu menang 2 kali untuk memuncaki sebuah pool. Game pertama hampir aja kalah karena udah ketinggalan 3-4. Beruntung lawan melepas beberapa kesempatan dan akhirnya saya menang 5-4. Final Pool relatif lebih lancar, langsung leading 4-0 sebelum sempat didekati menjadi 4-3. Beruntung lawan gagal memasukkan 3 bola terakhir, kesempatan ga boleh disia-siain, walau sedikit deg-degan namun frame itu milik saya. Skor 5-3 dan saya melaju ke babak utama. Hari kedua dan ketiga udah ga perlu main dan bisa memberi dukungan buat temen-temen yang belum lolos.

Hari keempat untuk babak final pun tiba. 32 pemain yang lolos diundi dalam sebuah bracket dengan sistem double elimination. Langsung meringis pas ngeliat undian. Pohon saya diundi tampak kurang bersahabat. Pemain-pemain unggulan nampak di undian saya. Yah gpp, nothing to lose aja, just enjoy the game 😀

Game pertama ternyata lancar, start sedikit lambat namun langsung ketemu ritme yang pas. Sebenarnya lawan start lebih baik, namun tampaknya semenjak kegagalan memasukkan bola 9 di frame dua, momentum berbalik ke saya. Game itu saya menangi 5-1. Lumayan, untuk game ini kecuali frame awal2, saya ga begitu banyak salah.

Lawan berikut adalah teman sendiri si Eka. Secara skill dia lebih baik dan saya hanya berusaha bermain sebaik-baiknya. Betul saja, dia langsung tune dan menghabiskan bola di setiap kesempatan yang ada. Skor kritis untuk saya karena ketinggalan 2-4. Rupanya saya mulai dapat angin, Eka mulai salah sendiri. Ga usah disia-siakan dan kedudukan pun menjadi imbang 4-4. Pertandingan yang cukup sulit, karena 1 kesalahan saja bisa berakibat kehilangan 1 poin. Frame terakhir saya pegang break, karena bola yang bernomor paling kecil terhalang bola lain setelah break maka saya pun meminta Push Out. Sialnya malah double kiss, FOUL 1. Eka yang biasanya menghabiskan bola menjadi bimbang walau memiliki free ball, hal itu karena posisi bola yang banyak cluster sehingga menyulitkan untuk menghabiskan bola secara berurutan. Dia pun memutuskan untuk melakukan kombinasi bola 2 langsung ke bola 9. Saya hanya berharap cemas agar eksekusinya gagal.

Ternyata benar, bola 9 miss. Sayang bola 2 tetap sedikit terhalang oleh bola yang lain. Saya memutuskan untuk counter safety karena banyak ada kerumunan bola, dan sialnya meleset! FOUL 2! Shi***Tt! 👿 Lawan pun tak menyia-nyiakan untuk menghabisi saya dengan aturan 3 foul rule. 3 kali melakukan foul secara berurutan akan dihukum dengan kekalahan pada frame tersebut. Karena posisi bola banyak cluster, lawan pun melakukan safety. Posisi bola sangat sulit. Saya sudah berpikir bahwa game ini bakal tamat. I can’t think the way out. Bola sulit sekali. Perlu 3 rail mungkin untuk sekedar menyentuhnya karena banyaknya kerumunan bola. I hit cueball and MISS!! 3rd Foul! Yudi langsung kalah 4-5 dan lawan melenggang bebas ke babak single elimination.

Kesempatan saya memang belum habis karena saya masih berpindah ke bracket loser, namun secara mental saya seperti kehabisan bensin karena kalah tanpa lawan perlu memasukkan bola pada pertandingan yang tadi. Benar saja, saya langsung dihabisi 0-5. Lawan saya memang jauh lebih baik dari segi skill, buktinya dia lolos babak 64 besar 9 ball Bali International Open kemarin. No excuse, mainku memang lebih jelek dari dia di game terakhir dan sangat layak kalah :-(

Yah akhirnya tersingkir deh, see you next time aja deh Yud :mrgreen:

7 comments… add one

  • kapan kapan ajari saya yah mas :)

  • wah hebat mas, walau mungkin kurang beruntung, semangaaat

  • diriku malah gak tau main sama sekali :(

  • wahh sodokan mas yudi kurang maknyos kali xixixix :)

  • Wah bacanya bisa terbayang betapa serunya.
    Saya bisa main biliard, tapi gak mahir. Dan juga gak begitu ngerti aturan main bili. Pernah sekali ikut turnamen bili yang diadakan oleh klub kantor, waktu itu karena peserta cewek hanya 3, kita bertanding campur, cuma peserta cewek hanya butuh 2 nilai saja. Sementara cowok, 3. Menang di semifinal saja, waktu itu menang 2-0 gara-2 lawan saya grogi hahahaa soalnya lawannya cewek jadi grogi dia. Berikutnya dapat cowok lagi, dan menang lagi, lagi2 gara-2 dia grogi. **padahal yg saya lawan bos-bos, dia dendam banget tu, sampe skrg kalo ketemu suka ngelirik sebel hehehe…

    Akhirnya saya pun mau tak mau harus berhadapan sama dedengkot. Hahahaa… kalah dengan sukses. Gak perlu pake lama, saya missed sekali aja, sisanya udah dihabisin semua sama dia. Ya iyalah, lawannya itu yg sering ikut turnamen bili mewakili kantor kita.

    Tapi pernah juga ikut turnamen sama-2 frontliner, padahal lawan saya waktu itu cetek, cuma saya yang grogi…. ga siap karena ini pertandingannya di luar (bukan internal lagi). Cuma dapat nilai 1 saja. Tp gpplah, yang penting gak 0, hehehe…

  • Wah… JAgo bilyard nih….!! :)

  • congrats yaah yuud…kan buat latihan mental yaaah…..moga2 next time bisa menang yaah..

Leave a Comment