Prioritas : dahulukan yang terpenting

Senang sekali bila kita bisa mengendalikan waktu seperti pada film-film fiksi. Anda suka komik jepang DragonBall Z? jika iya anda pasti tahu bahwa dalam cerita komik tersebut dikisahkan terdapat ruangan waktu, dimana kelebihan dari ruangan tersebut adalah penggunanya dapat memperlambat waktu. 1 jam di ruangan tersebut sama dengan setahun di dunia manusia ( bener ga ya, lupa nih ceritanya :mrgreen: ) Jika kita hanya punya waktu sehari untuk mempersiapkan diri maka kita tinggal masuk ke ruangan itu untuk memperlama waktu persiapan kita. Mengkhayal sekali ya.. πŸ˜€

Pastinya hal hal diatas hanya khayalan karena waktu tidak bisa dikendalikan dan setiap orang di dunia ini hanya disediakan masing-masing selama 24 jam sehari, maka sangat penting bila kita bisa mengelola waktu yang terbatas tersebut. Apabila anda bekerja di kantor dan juga mencari penghasilan tambahan melalui internet, pasti kesibukan anda terasa amat luar biasa apabila tidak mengelola waktu dengan baik. Belum lagi jika sudah berkeluarga, membayangkan saja saya sudah terbayang bagaimana banyaknya kegiatan yang mesti diatur bagi mereka yang berkeluarga dan juga beraktivitas offline sekaligus online.

Pernahkan anda merasa sudah melakukan banyak sekali kegiatan pada hari itu namun ko ternyata hasilnya tidak seperti yang anda harapkan dan hasilnya rasanya tidak sebanyak yang anda kerjakan tadi. Nah apa yang kira-kira terjadi, apa yang salah. Kita sudah bekerja dari jam 7 pagi hingga jam 12 malam, namun mengapa rasanya tidak ada pekerjaan yang beres diselesaikan. Saya termasuk orang yang sering mengalami masalah itu.

Akhirnya saya mendapat saran dari seorang teman yang kehidupannya jauh sangat teratur jika dibanding saya yang serba β€˜serabutan’ ini πŸ˜€ Sarannya sangat simple yaitu : Kerjakan yang terpenting terlebih dahulu. Ya hanya itu saran dari teman saya. Dia menyuruh saya untuk menuliskan hal-hal yang mesti saya kerjakan esok hari lalu menyusunnya berurutan sesuai dengan hirarkhi : yang terpenting ditulis paling atas. Aturan mainnya adalah kita mesti mengerjakan pekerjaan itu sesuai dengan urutan yang kita tulis dan kita mesti menyelesaikan yang paling atas terlebih dahulu baru kemudian mengerjakan yang berikutnya sesuai urutan.

Contohnya saya membuat list seperti dibawah ini : (tak mesti sama setiap harinya)

1. Update beberapa blog sambil cari bahan konten untuk update selanjutnya.

2. Login ke akun-akun yang bisa memberi tambahan penghasilan atau paling ga berhubungan sama usaha pencarian tambahan uang saku :mrgreen: tujuannya untuk monitor hasil hari kemarin, evaluasi campaign (bila pas pasang ppc), submit job atau cari job (bila reviewan πŸ˜€ ), kumpulin keyword-keyword baru, bales email akun manajer (sapa tau kemaren nanya sesuatu) dan blah..blah..blah… (karena newbie pemula maka yang dimonitor adalah receh receh aja 😳 dikit dikit jadi bukit hehe.. :mrgreen: )

3. Cari-cari link buat si blog πŸ˜€ (serabutan dan seadanya bo, ga ngerti SEO nih)

4. Trus bila sudah selesai 1 mpe 3 baru acara santai : blogwalking yummy πŸ˜€ , forum-forum, chat haha hihi hehe hoho, nonton n kesasar di situs warna biru :mrgreen: , ngaskus, cek email, browsing sana sini, blah blah blah blah… de el el yang ga jelas juntrungannya :mrgreen:

Terkadang jika mengikuti aturan (harus mengerjakan yang paling atas dulu hingga selesai baru kemudian mengerjakan dibawahnya) maka pekerjaan kadang tak terselesaikan semua dalam 1 hari. Namun kabar baiknya adalah bahwa setidaknya kita telah mengerjakan hal yang berguna hari itu walau tak semuanya. Itu lebih baik dibanding jika kita bekerja keras tanpa arah pada hari itu namun tidak efisien.

Posting tadi cuma curhat loh πŸ˜€ Berguna setidaknya untuk saya. Tiap orang saya yakin pasti punya metode kerja sendiri-sendiri yang cocok untuk dirinya sendiri. Ada yang mau share tentang bahasan sejenis? Silahkan tinggalkan url postingannya, dengan senang hati saya akan membacanya. Saya selalu ber terima kasih sekali buat temen-temen yang sering menulis sesuatu berguna untuk teman yang lain di blognya πŸ˜€

Oke laporan selesai untuk hari ini, selamat berakhir pekan teman-teman πŸ˜€

22 comments… add one

  • cari duit di dunia online tidak semudah yg dibayangkan ternyata… sama-sama nubi mas yud, ces ah…

    Curhat yang berarti saya resapi setiap kata-katanya… heuheu

  • Kebetulan sy org yg sangat itung2an soal waktu. Biasanya nie ya, klo urusan kantor :
    Pagi begitu sampai kantor, hidupin pc, email, & ym. Sy buat target kerjaan harus kelar sebelum jam 11 pagi. Lalu, jam 11 – 12 browsing-2 sedikit sambil nunggu sapa tahu ada revisi kerjaan. 1 jam itu sy gunakan betul2 utk blogwalking, & update blog. Klo blm s4 di-publish, sumber2 postingan sy bookmark dulu. Lalu hbs jam istirahat, tinggal dilanjutkan sambil ngirim report kerjaan. Klo msh ada revisi, targetnya jg musti kelar sblm jam 4. Stlh itu santai lg sampe pulang. :)

    Malamnya di rumah, tinggal lanjutkan ngerjain postingan. Kyk skrg, sy sudh ada baby, biasanya begitu dia tidur, itu sy gunakan utk main internet. Jd mudah2an ga ada kegiatan yg tertunda.

  • dapet dikit atau banyak tetap disyukuri aja, mas. Yang penting kita bisa dapat ilmu, itu harta yang tidak akan hilang. asal jangan ilmu menghafal url situs biru saja πŸ‘Ώ

  • sepakat deh, dahulukan yang terpenting :)

  • susahnya kalo semua rasanya sama penting.. balik lagi deh ke serabutan πŸ˜€

  • Kalo saya mengatur jadwal untuk cek email, blogwalking dan buat posting di bagi 3 kali dalam sehari. Jadi pagi cek email, siang blogwalking malam posting.

  • Kalo tips buat org yg ga cari duit lewat internet kira2x bagaimana ya :)

  • waktu itu seperti mata pedang, salah2x bisa habis kulit tubuh kita tergores-gores olehnya.

  • Duit online gampang? kata siapa? justru yang bilang gampang orang-orang yang gak tau dan belum pernah nyoba.

  • Ya bener banget..
    Tapi aku malah sukanya menunda-nunda yang penting dan melakukan yang gak penting dulu dan akhirnya menyesal di akhir..

  • Cari duit online itu yang penting ketekunan. Nah, ini yang susah. :)

  • @ hakimtea
    sama yah.. πŸ˜€

    @ Zee
    trims, nice share..

    @ rofiul
    siap pak.. πŸ˜€

    @ cempluk
    ho oh

    @ jimmy
    hidup serabutan he..he..

    @ Putra eka
    kayak makan, 3 kali sehari πŸ˜€

    @ Tigis
    gimana ya..? :-)

    @ Abi Bakar
    makanya kita mesti hati-hati :-)

    @ p3durungan
    bagi master mungkin gampang πŸ˜€

    @ Dino
    saatnya berubah πŸ˜€

  • @ imcw
    belajar tekun ah.. πŸ˜€

  • kemaren blog utama saya turun page rank na, entah kenapa saya sedih banget,,,hhh ternyata emang cari duwit di inet butuh keringat dan aer mata,,,hhhh

  • harus tertib dan teratur

  • kalo udah didepan komputer, waktu sehari 24 jam serasa kurang…malah kadang saya mikir…kalo bisa ga tidur selamanya, mending saya ga tidur…coz banyak banget yang perlu dilakukan…
    tapi masa iya ga tidur…yang ada malah ga akan bisa nerusin cari duit OL…hihi

  • @ ika
    betul tu…

    @ rezki Handoyo
    ho oh

    @ bozz
    emang kadang 24 jam terasa kurang kalo dinikmati πŸ˜€

  • Cari uang gampang caranya,tinggal belajar dg tekun krn orang pintar itu adalah kunci untuk kesuksesan

  • mengerjakan yang perioritas adalah memang sangat baik dalam menjalani kehidupan sehari-hari,tapi itu suatu yang sulit sekali dilakukan karena banyak godaan… tapi bila berhasil dapat berjalan sesuai dengan rencana merupakan kepuasan yang sangat berarti dan itu laya mendapat A plus

  • Boleh juga nih tips2nya…
    kadang kalo udh didepan laptop udh nentah apa yg dikerjain malah kadang nggak mengerjakan apa yg jd prioritas πŸ˜€

  • manteb share tipsnya mas bro, buat bahan penambah motivasi. thanks for sharing nih.

  • Menarik ini tips nge
    blognya.

Leave a Comment