Pilih domain .com atau .info?

Banyak tulisan dan forum yang membahas mengenai perbedaan domain dengan akhiran .com dibandingkan dengan domain .info. Begitu banyak kursus dan ebook yang menganjurkan untuk memilih nama domain yang mengandung keyword yang berakhiran .com, .net atau .org. Apabila tiga domain tersebut tidak tersedia, maka carilah nama domain yang baru. Bener ga sih kalo domain .info ga bagus untuk search engine?

Berikut beberapa opini yang sering saya baca :

1. Domain .info harganya murah. Dari harganya sudah bisa dinilai bahwa domain .com lebih berharga.
2. Domain .info murah, sehingga sering digunakan oleh spammer karena mereka lebih leluasa membeli domain dengan jumlah yang besar
3. Domain .info susah dioptimasi di search engine
4. dsb..

Tapi menurut halaman googlewebmastercentral yang ini, ada pertanyaan :

is there any preference between TLDs like .com and .info in ranking?

dan jawabannya adalah, “No, there is none. Our focus is on the content of the site.

Google bisa aja bohong hehe.. :mrgreen: tapi saya masih aja penasaran dengan isu ini. Masak iya sih domain .info susah bersaing dengan domain dengan ekstensi yang lain. Bukankah banyak faktor yang menentukan SERP, terutama konten dan backlink?

Dan cobalah googling untuk kata kunci “pagerank checker

Domain yang nongol di posisi atas adalah prchecker.info, ya kan 😀

Nah daripada banyakan bingung, maka lebih baik jika dibuktikan sendiri. Saya udah beli beberapa domain .info yang selanjutnya akan saya install blog. Tentu saja saya hanya akan mengincar kata kunci yang sekiranya tidak begitu kompetitif namun dengan jumlah pencari yang cukup masuk akal untuk dioptimasi, secara ilmu SEO saya masih cetek gitu loh hihihi… :mrgreen:

.info? siapa takut (nyoba) hehehe…

14 comments… add one

  • Sepertinya memang tidak ada bedanya, tapi mungkin berbeda pada fungsi penjelasannya terhadap sebuah situs. Misal kalau menyangkut informasi publik, mungkin .info lebih bagus, tapi kalau menyangkut domain pribadi, .com atau .name lebih disukai.

  • mending .com aja ^_^

  • .info memang punya citra yang kurang bagus 😀 mungkin karena harga murah itu ya.. lagipula harga murah hanya di tahun pertama saja.. kalau untuk optimasi menurut saya domain .info tidak kalau dengan .com

  • Andre

    nek buat branding mending .com..tapi kalo buat ngasal apalagi buat parked mending .info murah..hehe

  • apapun domainnya (tld) yang penting isinya dan kualitas blognya ya kan cuy??

  • Verbatim, setiap tld sebaiknya memang dikhususkan untuk tujuannya. Seperti .com untuk tujuan komersil.

  • pernah punya .info, tp akhirnya tutup usia krn tidak menunjukkan perkembangan yg signifikan [just share]

  • klo saya mending pake dot tk gratisan dan ga kalah tuh sama yg dot com :p

  • Kalau untuk domain .web.id bagaiana? Saya pengen coba2 pake domain .web.id tp saya masih ragu kedepannya, baik dr segi SEO dan bisnis. Maaf kalau sedikit melenceng dari topik.

  • nubi nyimak aja gan, masih pakai blogspot.com.
    mikir2 kedepannya pindah kemana, tambah wawasan dulu, tankyu.

  • yang penting di optimasi

  • mendingan pake .com aja mudah diingat.

  • gak tau mana yg benar

  • ane pilih .com dulu habis itu baru .net terus .info atau tergantung keperluan sih mau untuk web jenis apa.

Leave a Comment