Perang Tomat di Bunol Spanyol

festival tomatinaPerang lempar-lemparan tomat busuk akan menjadi pemandangan dalam festival makanan di Bunol, di timur Spanyol. Ribuan orang akan berbondong-bondong datang dari seluruh dunia untuk ikut berpartisipasi membuat lumpur merah di kota tersebut.

Festival yang sering disebut sebagai “Tomatina” telah memasuki tahun penyelenggaraan yang ke 64. Panitia telah menyiapkan sekitar 100 ton tomat untuk digunakan oleh para peserta untuk berperang sepuasnya. Pernah saya lihat di televisi acara ini membuat badan jalan sangat kotor dan bubur tomat membanjir hingga setinggi mata kaki. Bahkan ketika perang telah usai, tampak ditayangkan segerombolan orang yang masih asik tidur-tiduran di genangan tomat atau bahkan main seluncuran diatas ombak tomat.

Toko-toko dan rumah disekitar akan memasang plastik besar untuk melindungi toko mereka dari “efek perang tomat”. Kegiatan ini akan membuat sibuk para pekerja sosial dan petugas kebersihan seusai acara. Menurut media Spanyol, acara tahunan ini menghabiskan dana hingga 28 ribu euro.

Tomatina sendiri diadakan pada setiap hari Rabu terakhir pada bulan agustus. Bunol adalah sebuah tempat di utara Valencia. Asal muasal acara ini tidak diketahui secara pasti namun pengaruh pemberitaan membuat semakin banyak orang datang ke tempat ini untuk berperang tomat seharian.

Ada-ada aja ya acara unik di berbagai belahan dunia ini 😀

4 comments… add one

  • duh tomat sebanyak itu kalo saya jualan bisa kaya deh 😀

  • seru dong, bisa sambil minum jus tomat gratisan… asal jangan pakai tomat busuk, hehehe

  • Di juss padahal enak lho ..kok dibuat mandi / lempar2-ran aneh aja org

  • Emang ada2 aja. Sayang ya, makanan malah dibuang-buang demi sebuah tradisi :(

Leave a Comment