Penguin oh penguin

Masih ingat saya kejadian maret tahun lalu, pas panda lagi baru mulai galak. Beberapa blog lama saya anehnya ga terpengaruh, malah trafiknya semakin menanjak. Update panda berikutnya pun ga sampe bikin galau2 amat, palingan ya ada yang kena ada yang enggak alias masih disisain kue lah sama google. Begitu terus terjadi berulang ulang sampe hapal dan mulai terbiasa bahwa setiap ada “keanehan” trafik di blog2 andalan berarti ada update. Kadang kena parah, kadang kena dikit, yah bikin bete tapi masih bisa dianggap sebagai kerikil yang ga perlu dirisaukan lama2.

Hingga akhirnya datanglah suatu hari di akhir april bulan kemarin

Kali ini bolehlah kalo saya ngump4t di blog sendiri, #@#**%$#@$%$%^&*()*&^$$#!!!!!!!!!!!!!!!!! 😳

Si penguin cilik kurang ajar banget!! Boleh dibilang hampir semua blog saya kena libas kali ini. Saya berkeliling mencari informasi dan tampaknya ga cuman pemilik blog abal2 kayak saya yang kena, yang “ngakunya” punya high quality blog pun tampaknya ikut ngerasain ngawurnya colekan si penguin kali ini. Dari berbagai sumber yang saya baca, kesimpulan sementara kenapa hampir semua blog saya kena adalah : (baru sekedar dugaan, entahlah yang bener gimana)

1. Mini Blog konten sampah, yup saya fans berat miniblog yang biasanya saya buat dengan exact match domain. Isinya paling banter 5-10 halaman udah termasuk about, privacy policy, sitemap, disclosure dan tetek bengek lainnya yang isinya semua hanya karangan dan pake nama samaran 😳

Sepertinya sih minisite tu oke2 aja, namun banyak blog2 saya yang saya buat dengan konten spin. Nyepinnya manual sih satu persatu agar terlihat readable tapi sebenernya isinya boleh dibilang ga berbobot karena hanya comot sana sini trus dibuat unik dan ngincer kata kunci banget. Jika seandainya ini adalah alasan blog2 saya kena maka dengan ini saya terima dengan ikhlas (siapa melempar sampah siap2 dapet karma) 😳

2. Penggunaan anchor text yang hanya berfokus pada keyword utama serta berasal dari hasil nyepam, Banyak yang bilang bahwa penguin bisa mendeteksi penggunaan anchor text yang modusnya adalah untuk mengoptimasi sebuah halaman untuk sebuah kata kunci secara berlebihan.

Yuk dengan jujur saya katakan bahwa blog2 lama saya banyak sekali linknya berasal dari blast komen, forum profile, yang semuanya menggunakan 1 anchor text, yaitu kata kunci utama. Adapun link yang berasal dari artikel direktori atau dummy blog dibuat dari sebuah artikel yang sama yang dispin berulang ulang sehingga isinya saking uniknya sampe ga bisa dimengerti oleh manusia :mrgreen:

3. Set n forget, blog2 mini tersebut kebanyakan disetting sehari lalu dicarikan backlink dan lalu kemudian dilupakan setelah iklan adsense dipasang. Ga pake update2, ga pake jawab2 komen, ga pake repot.

Ketiga alasan tersebut baru sekedar dugaan setelah membaca-baca forum2 dan blog2 yang membahas tentang efek penguin. Namun apapun penyebabnya yang jelas sekarang jadi panik karena sumber penghasilan saya berasal dari blog2 yang kena tadi :-(

Kayaknya mesti sabar dan liat situasi dulu selama 2-3 minggu kedepan, apakah blog2 tersebut bisa bounceback naik lagi ke posisi semula atau hilang selamanya, duh.

Bagaimana pengalaman teman2 dengan penguin?

0 comments… add one

Leave a Comment