Pasien RSJ ternyata ga gila-gila amat

Rumah Sakit Jiwa Bangli alias RSJ Bali, akhirnya menjadi tempat yang saya singgahi tepat pada hari kemerdekaan 17 Agustus kemarin. Ceritanya saya ikutan kegiatan yang diadakan oleh Bali Blogger Community, untuk bersama-sama melakukan kegiatan baksos menuju Rumah Sakit Jiwa satu-satunya di Bali.

Kira-kira pukul 08.00, saya segera bergegas berangkat menuju lokasi tempat berkumpul sebelum berangkat ke lokasi. Sempet celingak-celinguk karena sempet kesasar dikit, akhirnya saya menemukan beberapa orang yang tampaknya memiliki tujuan yang sama dengan saya. Si Fenny tak telpon tapi ternyata masih on the way, Arrghhhโ€ฆ..gimana si, katanya jam 8.30, ko pada ngaret semua.

Peserta baksos kali ini ternyata lumayan banyak. Sempet rada pangling karena banyak yang belum saya kenal โ€œsecara offlineโ€dan sebagian peserta hanya mengenal yang lain melalui blog masing-masing, sedangkan wajah-wajah nyatanya belum familiar ๐Ÿ˜€

Setelah saling berkenalan (bagi yang belum pada kenal) dan briefing yang disertai doa, akhirnya rombongan berangkat menuju RSJ. Ada sebagian peserta yang memutuskan naik kendaraan roda 2, namun ada pula yang โ€˜nyelusukโ€™ menumpang di mobil temen-temen yang lain. Saya sendiri diberi tumpangan oleh wira n genk cewe-nya yang baik hati :mrgreen:

saya yang mana hayooo ๐Ÿ˜€

Tibalah saat yang paling seru yaitu bertemu pasien RSJ yeahhhhโ€ฆ.!!! ๐Ÿ˜€ Mereka ternyata memang gokil abis tapi ga gila-gila amat seperti yang saya bayangkan. Kebanyakan โ€œcukup nalarโ€ jika diajak berbicara, namun ya jangan kaget jika topiknya akan menjadi ngalor ngidul dan terkadang memancing gelak tawa. Salah seorang pasien bahkan sempet mengatakan bahwa dirinya hanya mau berbicara jika yang diajak bicara adalah seorang wartawan hihi..apa ya yang ada dalam benak orang ini. Pokoknya kita tinggal pilih sendiri topiknya, mereka akan bertingkah dan berperilaku seperti yang kita sedang bicarakan :mrgreen:

Acara lomba yang diadakan pun cukup mendapat antusiasme dari beberapa pasien. Mereka berpartisipasi dan tentunya setiap gerak-gerik serta tingkah polah mereka mengundang gelak tawa dan menjadi santapan empuk temen-temen yang membawa kamera. Beberapa pasien tidak canggung berjoged, bermain bola, lomba kelereng, dan mereka tampak menikmati kegiatan kemarin. Berkomunikasi dengan mereka pun ternyata tidak susah, dan pastinya kita tidak usah takut untuk berkunjung ke rumah sakit jiwa, karena pada dasarnya mereka sama dengan kita, hanya mereka sedang sakit kejiwaan. Mereka tidak akan menyakiti kita bila kita tidak mengganggu mereka.

mejeng dulu sebelum main bola 3 lawan 3

saat sebelum gol tercipta

beberapa pasien baris niup balon :mrgreen:

Dibalik kegembiraan bermain-main dengan para pasien, tersimpan rasa prihatin karena ternyata banyak dari mereka telah tidak dipedulikan lagi oleh keluarganya. Lebih parah lagi, ada yang sudah tidak terlacak lagi keberadaan keluarganya. Sebagian besar dari pasien bahkan adalah pasien miskin. Sedih jika membayangkan mereka harus menghabiskan seumur hidupnya di rumah sakit ini, apalagi jika membayangkan mereka akan terus hidup dengan โ€œdunianya sendiriโ€. Saya sendiri ketika berdialog dengan beberapa pasien menjadi terharu karena mereka ternyata bisa mengingat keluarganya. Ada pula yang mengatakan bahwa anaknya sekarang kira-kira seumuran saya. (tapi jelas saya bukan anaknya :mrgreen: )

Singkat kata, kegiatan kemarin merupakan pengalaman yang cukup menyenangkan. Makin merasakan bahwa diluar sana banyak sekali orang yang tidak seberuntung kita. Sebagai manusia normal, kita telah diberikan pikiran dan akal sehat untuk menolong diri kita sendiri. Hanya bisa berdoa semoga pasien-pasien disana kelak bisa pulih dari sakitnya dan tentunya berharap agar pasien yang ditelantarkan oleh keluarganya akan dipedulikan lagi oleh sanak familinya. Setiap orang ingin hidup bahagia, semoga mereka yang dirawat disana kelak akan dapat kembali hidup normal layaknya orang kebanyakan.

Tampaknya saya perlu dites nih, ketularan gila ga sih? Atau jangan-jangan udah terjangkit sejak lama :mrgreen:

MERDEKA!! ๐Ÿ˜€

nb : skrinsyut hasil membajak punya fenny tanpa ijin :mrgreen:

32 comments… add one

  • photonya om yudi yg mana yah..??? abis udah berbaur dengan penghuni er-es-jay seh.. jadi terkamuflase ๐Ÿ˜€

  • Liputannya sip betul Bro.
    Akhirnya ketemu juga.

  • Tau gitu aku ikut bro.. daripada me-jakbolan.. Minggu depan aku suud maen jakboll.. Tekor terus.. Hehehehe..

  • kopdar+baksos seruuu….
    sayang bapak yg punya blog ini masih malu-malu bercengkrama sama pasien RJS.
    hi.hi.hi…

  • wah asik juga nih ide baksosnya, jadi pengen :) merdeka aja deh !!! :)

  • Ternyata orang gila itu tidak gila.. :mrgreen:

  • menurut hasil investigasi jeng Fenny di lapangan, orang-orang yang dirawat di RSJ hanyalah gangguan jiwa, sedangkan para pembunuh berdarah dingin itulah yang disebut GILA karna sudah tidak bisa mengenali keluarga maupun teman. see? pasien2 itu aja masi inget ama keluarga2nya dan masih punya rasa rindu…

  • sepertinya sudah sangat jelas, kemarin yang lebih kelihatan gila justru itu tuh yang pada pake baju merah maroon…

  • saya tetap aja ngeri sama orang gila ????

  • iya… mungkin mereka cuma diluar kebiasaan…
    dianggap gila, dan gak ada yang mau ngurus…
    kita juga ngeblog terus kelamaan, bisa dianggap gila… :)
    dan satu lagi… menganggur… ๐Ÿ˜‰
    san juga authis…

  • Kadang kita menganggap mereka gila,
    tapi diapun menggap kita juga gila,
    coba waktu dia di masukkan kerumah sakit dia bilang
    Saya tidak gilla jangan dimasukkan ke sini

    Berarti mereka melihat kita yang gila,
    wah…

  • @ inos
    poto saya yang muda sendiri hehe ๐Ÿ˜†

    @ Putu Adi
    trims dah lewat sini juga bro ๐Ÿ˜€

    @ mahardika
    jekbol tetap asik bro ๐Ÿ˜€

    @ Yanuar
    wah saya malah lama tu ngobrol sama pasien yang dikunci di kamarnya ๐Ÿ˜€

    @ tipis
    merdeka juga mas sandi ๐Ÿ˜€

    @ Dhimas
    maybe yes maybe no :mrgreen:

    @ fenny
    jeng fenny udah sembuh ya hehe :mrgreen:

    @ okanegara
    yang gila ko dibolehin pulang ๐Ÿ˜†

    @ bocahiseng
    kalo sama sheila marcia enggak kan :mrgreen:

    @ Blogic Think [dot] com
    berarti kita semua gila :mrgreen:

    @ Petani Internet
    ho oh pakde, mereka ada yang ngaku ga gila ๐Ÿ˜†

  • Jadi inget jaman kuliah dulu, waktu ngelayanin di RSJ Barokai Bandung. Banyak dari mereka yang masih bisa di ajak bicara. Ada yang Gila karena ga kuat mengalami tekanan hidup, di tinggal pacar contohnya, maka bersyukurlah kita, memiliki mental yang kuat walau tiap hari di bentak-bentak bos, dan akhir bulan dapat gaji kecil, mau beli berasa aja setengah mati. Tapi kita tetap bisa semangat.
    Tetap semangat

  • pic mu yang mana yud? penasaran neh..

  • pas main bola itu emang ga keliatan kok siapa yang waras dan ga waras…. hehe!!
    what a great ceremony….!

  • yang gila yang yang ulis cerita ini sih kayaknya ๐Ÿ˜€

  • @ Bhongky
    ikutan semangat ah.. ๐Ÿ˜€

    @ ika
    yang cowo tu loh mbak hehe.. ๐Ÿ˜†
    yang mau nendang bola ๐Ÿ˜€

    @ Artha
    mungkin :mrgreen:

  • orang gila gak gila, tapi banyak koq orang waras yang gila ๐Ÿ˜€

  • hehe… hati – hati bermain dengan “label”, apa lagi kalo label nya “gila”… kadang masyarakat kita terlalu mudah memberi label.. akhirnya kita cuma pandai memberi label, lupa bahwa labelisasi itu punya responsibility..

    Btw, yud,.. sekarang dah punya nomor anggota juga ya sejak pulang baksos.. ;))

    cheers

  • jangan2 pasien RSJ justru mikir kalo kita semua yg gila. ๐Ÿ˜€ btw, salam kenal bli. kapan2 kita bikin kopdar lagi. hehe..

  • @ ahead
    setuju ๐Ÿ˜€

    @ jimmy
    setuju mas, terutama yang suka nyakitin orang lain

    @ bernie
    asal saya jangan ditempel label pak :mrgreen:

    @ anton
    wah pak anton mampir sini, makasi ya pak ๐Ÿ˜€

  • yang lebih gila lagi itu ya orang yang iseng bikin YM ID baru trus di mirip2in sama punya orang ๐Ÿ˜›

  • Merdekaaaaaaa !!!

  • koq jadi inget pilem warkop yah :)

  • kita kalah berapa ya kemaren?? 25-1?
    huahahahhaa…

  • welldone bli

  • akhirnya bisa blogwalking setelah 2 minggu nih…

    btw, Met Galungan nah… sorry telat ๐Ÿ˜€

  • sorry telat comment nya :)
    ini kemajuan namanya :) untuk siap untuk keluar dari teralis kalau begitu :)

    kata dokter dah sembuh :)

  • bukan cuma orang waras yang ingin indonesia merdeka tp seluruh masyarakat termasuk yg agak GiL* juga

  • ayu

    makasih kunjungannya

  • flow

    obsesi pengentttt maen ke RSJ, tapi bukan brrti q mu daptar jd pasien lhow yach ๐Ÿ˜€ …
    tp kata tmnku gx smua orang boleh masuk RSJ…. :(

  • ninggalin jejak sambil nyimak ^__^ muaach

Leave a Comment