Otonan sekaligus mebayuh

Hari minggu kemarin saya kembali berkunjung ke Bangli, namun kali ini bukan untuk mengunjungi RSJ, namun untuk otonan sekaligus mebayuh. Sebuah acara bagi umat Hindu dimana saya merayakan “hari jadi” saya yang jatuh setiap 6 bulan sekali. Di Bangli saya akan “diotoni” oleh Ratu Pedanda dari Griya di Bangli.

Ulang “6 bulan” saya (bukan ulang tahun :-D ) sendiri jatuh pada hari minggu (redite) wuku kuningan dalam penanggalan Bali. Pada hari itu saya juga sekaligus akan mebayuh, sebuah upacara yang tujuannya kurang lebih untuk membersihkan diri dari hal-hal yang kurang baik.

Ternyata ketika berangkat hujan turun. Saya sudah mulai cemas karena terbayang pasti akan sangat kedinginan bila hujan-hujan mesti diguyur air suci sebanyak seratus wadah lebih. Belum lagi mesti membuka pakaian dan hanya berbalut kain putih kuning dalam mengikuti acara tersebut. Yah saya lagi-lagi hanya pasrah, toh acara tujuannya baik untuk saya :-D

Ketika acara dimulai ternyata langit berubah lebih cerah. Hujan tak lagi turun, hanya mendung sedikit. Hati menjadi lega karena merasa bahwa nanti tidak akan terlalu kedinginan.

Tibalah saatnya upacara dimulai. Bayangan saya ternyata meleset, hukum alam tak bisa dilawan. Disiram guyuran air dalam frekuensi yang sangat banyak dalam keadaan berbalut kain tipis ternyata membuat badan ini menggigil. Sebisanya saya menahan dingin sambil menikmati acara. Acaranya sendiri cukup unik, dimana saya diguyur dalam sebuah kurungan ayam (tapi habis itu ga disembelih loh :mrgreen: )

Lagi-lagi hari minggu yang menyenangkan. Saya didampingi oleh keluarga inti saya dan tante saya yang baik, yang juga merupakan ibu dari saudara saya si bro :-D

Sebenernya pengen pasang foto-foto yang banyak tapi ntar takut postingannya jadi berat bagi yang hemat benwit :-D Bagi yang pengen liat foto-foto silahkan klik disini untuk melanjutkan :-D

inilah kurungan tempat saya dimasukkan dan diguyur air segar hingga seratusan kali

udah kurus, basah kuyub, pake u can see pula, malu euy :mrgreen:

saya diperciki air suci oleh Ratu Pedanda biar ilang setan dalam tubuh ini :mrgreen:

inilah banten otonan saya kemaren :-D

Ayoo, sapa mau..?? :-D

dingiiinnn….

25 comments… add one

  • Waddduuuhh..bro, maap kmrn ga bisa ikut.. Coz aku begadang malemnya mpe jam 3 pagi perbaiki komputer di warnet. kena virus lho.. Supaya bisa aja buka paginya, makanya aku gempur sampe pagi.. hehehe.. BTW, kmrn aku menang 55 rb jak-bolan.. Pak tunas langsung nyerah dia. Hehehehe… :D

  • hihihi jangan lama2 main airnya…
    buruan pake baju ntar masuk angin :lol:

  • wuh asyik tuh di bali:)

  • huaaaaaaaaa..yudi..asikkk banget tuh tradisinya :)

    Itu dimakan sendiri ya makanan sebanyak itu hihihi

  • yudi otonan? wow kok kagak ngudang?

  • BELI gw mau ayamnya ajah… masih sisa kan… he..he…

  • Wah serem juga yah acaranya, semoga menjadikan mas Yudi tambah ngetop saja.

    Salam

  • gyaaaa yudiii saya mau ituh ayam nya.. mohon dibagikan ke fakir benwit satu ini *menunjuk diri sendiri* :D

  • @ mahardika
    jekbol addict nih si bro :lol:

    @ nyssa
    ih diliat nyssa malu hehe..

    @ melih
    :-D

    @ soniavf
    dimakan berdua ma sonia :mrgreen:

    @ Artha
    ga undang sapa2 ko bli, kecil2an :-D

    @ Masenchipz
    mari sini bro :-D

    @ Internet Marketing
    trims :-D

    @ ika
    duh maap benwitnya, makasi dah mampir mbak :-D

  • Wah, banyak makanan nih…
    Btw, selamat merayakan ulang 6 bulan, Boss…

  • seru dong ikut yang begitu udah lama ga pernah ikut yang kegiatan daerahku sini :(

  • wah selamat ya mangda selamat ring napi je megenah salam kenal ngih bli,

    salam
    lüår bìåsa
    from DEWA POS
    http://dewapos.blogspot.com

    http://dewapost.wordpress.com
    jangan lupa link balik ngih! komen mase dadi.

    tampaksiring, bli saking napi?

    salam kenal ja.

  • KOK gak otomatisin aja koment nya?

  • seru juga ya upacaranya…. hehehe
    so tiap 6 bulan sekali di mandiin gitu di?

  • andre

    Gur, rai mu lucu pas kedinginan..

  • Tradisi yg bguz, waduh kpan yah punya kesempatan jalan2 ke Bali

  • wah.. ayamnya kok ga diikat?? ups..hehe..

    mm.. pengen juga gw k bali nih..
    melihat tradisi2 bali yg unik. :)

  • Dingin ya om :D. aduh aku juga pengen ke bali :D mahal ga ongkosnya ya??

  • wah baru tau saya ternyata harus sampe segitunya ya.. kebayang deh itu dinginnya :D

  • biasanya kita ngucapinnya selamatnya gimana ni yuud? apa sama kaya orang ultah? ya selamat yaaaaah yuuuud…. dan..moga2 cepet sembuh batuknyaaa …

  • wah….banten nya banyak juga yah, dan ayamnya yummie tuh – *lapar mode on . Salam kenal bli

  • bah, ne sing otonan cenik adane. bantenne gen liu sajan…

  • wah mas itu upacaranya buat apa ya?

  • otonan itu wajib apa ga ya?

  • ayusuryandari

    kalo boleh tau dimana letak Grya ini berada .. mohon informasi lebih lanjut.
    terima kasih

Leave a Comment