Nyetrika

Baca baik-baik…Nyetrika, bukan Rafika loh.

Dah pada tau kan nyetrika tu apa. Kalo ga tau ya tak kasi tau deh. Nyetrika itu ada yang bilang persamaan kata dari “nggosok” alias proses merapikan pakaian dengan cara meraba-rabanya dengan suatu alat dengan gerakan maju mundur.

nyetrikaSetrika sendiri bahasa inggrisnya adalah Iron. Jadi setrika itu besi (halah makin kacau) :mrgreen: Saya cuma lagi pengen cerita tentang nyetrika nih.

Bulan Maret tahun 2009 ini adalah bulan yang penuh dengan hari raya besar bagi umat Hindu. Pada bulan ini terdapat hari raya Galungan yang kemudian dilanjutkan oleh hari raya Nyepi dan tak lupa ditambah dengan hari raya Kuningan yang jatuh pada tanggal 28 besok.

Lalu, apa hubungannya sama nyetrika?

Pada hari raya Galungan, biasanya mbok Dek (yang kerja bersihin rumah) memiliki ritual wajib yaitu pulang kampung. Ga tanggung-tanggung, pulang kampungnya bisa 2 minggu hingga selesai Kuningan. Efek kepulangannya adalah bahwa pekerjaan rumah beralih kepada penghuni rumah yang tidak pulang kampung. Berikut adalah perubahan jadwal kehidupan saya jika si mbok Dek pulang kampung :

Pukul 06.00 :

Bangun pagi trus langsung pipis. Ga bisa nyeruput teh anget karena ga ada yang buatin. Dengan perasaan haus, langsung ambil sapu lidi dan nyapu halaman. (Keliatan gampang tapi lumayan bikin sakit pinggang karena kelamaaan bungkuk)

Pukul 07.00 :

In Case persediaan baju habis, maka segera ambil 2 ember besar buat nyuci pakaian. Nge-laundry sih bisa-bisa aja kayak si adik, tapi si yudi terkenal kere, jadi hemat lah, mending ucek-ucek ndiri mbil ngelamun jorok :mrgreen: O iya, si yudi ga ngerti caranya pakai mesin cuci, jadi dia pake cara jadul. Cuci manual hehe..

Mbok Dek bisa nyuci segunung (pakaian orang rumah yang jumlahnya 7 orang) dalam tempo 2 jam aja, sedangkan si Yudi nyuci pakaiannya sendiri ajah bisa sampai tengah hari. Huuuuuuuuu…… 😆

Pukul 16.00 :

Kalo matahari bersinar sangat cerah (baca:panas menyengat), maka jika diraba-raba, pakaian akan sudah kering jam 4 sore. Tiba saatnya melakukan hal yang paling membosankan yaitu : NYETRIKA 👿

Nyetrika tu adalah pekerjaan gampang (jika anda bisa nyetrika). Kalo ga mahir ya belepotan kayak saya. Disetrika sini, ujung sana lecek lagi, begitu pula sebaliknya. Tapi karena tekad yang kuat (halah….), akhirnya saya mulai mahir nyetrika, walau untuk nyetrika kemeja masih sering ga begitu rapi. Untuk baju kaos dan celana, kerjaan saya boleh lah… hehe..mulai narsis :mrgreen:

Sebenernya keahlian utama saya dalam menyetrika adalah nyetrika handuk yang bentuknya 90% persegi panjang, so pasti sangat rapi dan memuaskan hasilnya (sapa aja bisa kalee yud 😆 )

Yah, apa-apa jika dinikmati ternyata menyenangkan juga 😀

O, iya, selamat hari raya Galungan, Kuningan serta Nyepi bagi temen-temen yang merayakan 😀

Akhir kata, ada yang mau ngajarin saya nyetrika yang baik? (cewek cantik diutamakan) 😆

25 comments… add one

  • merayakan galungan tidak? selamat ya

  • halo,saya perempuan lho hehehe 😀
    kalo menurut saya nyetrika itu g semudah keliatannya lho mas..(mungkin krn g biasa kale ya)
    met hari raya galungan jg bwt yg merayakan

  • sama masalah kita kalo gitu mas…

    nyetrika……..
    aduh….

  • waduh. nyetrika aja model maen surfing gitu. bisa jadi penerus silver surfer tuh. hehehe..

  • rajin banget om :)

  • wah mas Yud, saya juga ga mahir nyetrika neh

  • Saya paling gak suka nyetrika. Jadinya kalo nyuci, jemurnya pake hanger bisa gak kusut, terus langsung dilipet dan ditumpuk tinggi-tinggi. Kemeja dan pakaian yang harus tampak rapi ditaruh paling bawah, trus yg di atas kaos-kaos. Dijamin, setelah ditumpuk demikian rupa selama beberapa hari, pakaian jadi rapi tanpa disetrika. Hehehe…

    Oya, jangan lupa pula untuk membeli baju yang bahannya tidak mudah kusut. Hahaha…

  • aku jg ga gitu suka nyetrika
    apalagi nyetrika baju2 cosplay yg berekor panjang. Meja setrika kurang panjang. 1 kelar disetrika, bawa kusyut T_T

  • klo dijakarta, klo diriku nyetrika, pasti badan ini basah keringatn, kena panas dari setrika, dan suhu jakarta..mebeheeee

    makanya cepat2 meridlah brur

  • nyetrika ituh malah lebih enak ketimbang nyuci nya yud,,hehehehe

  • Waahhhh.. gara2 pembantu pulkam, si Bro jadi kerja keras nehh.. Hehehehe.. SEMANGAT bro.. 😀

  • kalo gi harus ngerjain ndiri kerjaan nyuci n nyetrika…saya biasanya nyuci pake mesin cuci ajaah, ga terlalu bersih gpp yang penting ga cape heheh, trus kalo nyetrika, baru d dikasih laundry, hihihi iritabilita kan, cuman nyetrika doank. kalo emergency mesti nytrika ndiri, saya nyetrika di kamar, nyalain laptop ama ac…hihihi jadi ga terlalu panas n bosen yuuud…

  • Eeee met merayakan Hari Raya Galungan, Nyepi ama Kuningan yaaah…buat smua yang ngrayain, moga2 mbok Dek cepet pulang yaaah…

  • Wah rajin sekali mas yudi ini..gpp sekali2 ntar terbiasa kok 😀

  • pantesan aja ga kelar nyetrika..papan setrikanya dijadikan papan surfing.. 😀

  • masih untung da si mbok lah ku ngopeni kucing alone..waaaaaaaaaaaaaaakkkk

  • Gubrak!
    Pagi ini aku bangi pagi-pagi bukan utk nyetrika tapi mencuci baju…, pembantu mudik seminggu… duh…waktu jadi lama bangt!

  • klo saya mah dah biasa nyuci baju ndiri. apa kata dunia klo nyuci baju aja gak paham? hehehehe… just kidding bro…

  • ternyata, masih ada juga ‘temanku’ yang gag mahir nyetrika… 😀
    hahhhahahhaha….
    nyetrika = pekerjaan nyantai, tapi susah klo gak jeli.. Iks…

  • wah yang rajin yah mas yudi 😛

  • sekalian setrikain baju saya dong masss !!

  • Selamat Hari Raya Nyepi thn caka 1931 bro. Semoga damai selalu..

  • Saya masih melakukan ritual nyetrika secara rutin koq, hitung hitung sambil olah raga dan berhemat.

  • untungnya uda ada yang bagian nyetrika

    btw, kenapa ya mesin cuci kok gak ada yang sekalian nyetrika?? paling pol cuma cuci + ngeringin….

  • selamat nyetrika aja deh mas yud :)

Leave a Comment