Ngeblog ga gratisan tapi ga bayar

Halah judulnya aneh banget. Beberapa temen disini bilang ngapain kalo “hanya” mau ngeblog pake bayar hosting segala, toh yang gratisan banyak. Sama aja kan, sama-sama bisa ditulisi dan “dicurhati”.

Waduh, kalo pertanyaan gituan ditanyakan sama banyak orang maka saya yakin jawabannya ga bakal seragam satu sama lain. Bagi yang ngeblog, pure untuk nyari duit maka ga usah dicari tau jawabannya, coz wis ngerti kira2 opo jawabane :mrgreen:

Bagi yang ngeblog dengan motif mencaci maki dan menghina seseorang maka kemungkinan cukup setuju dengan wacana “ngapain ngeblog berbayar”

Bagi yang ngeblog dengan tujuan ikut-ikutan agar ga dianggap goblog (padahal ngapain juga ngikut2 :mrgreen: ), maka kemungkinan agak setuju dengan jalan ngeblog berbayar. Biar rada kerenan gitu, nama domainnya bisa sak enak udelnya (dengan syarat masih available 😆 ), trus bisa bikin email yang embel2 belakangnya ga pake yahoo (baca : Ya Ho :mrgreen: ), tapi pake nama kakeknya hehehe..

Untuk yang nulis blog dengan tujuan ngerjain tugas dari bapak ibu guru sekolahnya (beneran loh, ada tugas SMP yang menugaskan muridnya ngeblog, walah… ), maka kemungkinan sangat ga setuju dengan blog pake mbayar. Berat di ongkos lah..

Orang yang ngeblog untuk nunjukkin kenarsisannya, maka akan mengangguk dengan ide ngeblog berbayar, setidaknya untuk nama domain narsisnya aja :mrgreen:

Orang yang ngeblog buat nyari temen dari seluruh Indonesia, maka bakal ada yang setuju dan ada juga yang ga setuju kalo diwajibkan bayar hosting dan domain untuk aktivitas ngeblognya.

Manusia yang ngeblog untuk bersenang-senang saja atau sekedar melepas penat, maka akan mempertimbangkan untuk ngeblog bayar iuran.

Dan lain lain, dan sebagainya 😀

Lalu, mana donk yang lebih bagus? Ngeblog dengan hosting dan domen berbayar atau numpang di layanan gratisan?

Yang mana aja bagus kaleee, sesuai dengan tujuannya masing-masing.

Kalo hanya sekedar untuk ngumpulin tugas sekali dalam 3 tahun, maka buat apa beli domen segala. Cukup buat blog pake blogspot, kan banyak tu template yang keren-keren. Masalah isi yang tergantung yang nulis, suka-suka dia.

Penganut gratisan belum tentu ga serius ngeblog kan. Banyak tu blog-blog bagus yang gratisan dan banyak pula blog2 jelek yang pake domen sendiri (jari telunjuknya jangan mengarah ke saya :mrgreen: )

Kembali ke judul, sebenernya bisa ko kita “ga bayar” tapi ngeblog dengan domen sendiri dan sewa hosting sendiri. Ada 1001 jalan menuju roma. Contohnya, numpang di hostingan temen, halah… :mrgreen:

Becanda kawan, bisa beneran ko. Awalnya ya memang mesti modal dulu, domen kan sekitaran 100 ribu rupiah setahun, berarti 100 ribu dibagi 12 maka kurang lebih sekitar 8300 rupiah lah sebulan untuk domen. Ga begitu mahal kan, lebih murah dari harga sebungkus rokok isi 16 yang ada huruf A-nya :mrgreen:

Lalu ya silahkan ngeblog sepuasnya, curhat sebebas-bebasnya (tapi hati-hati kalo ngejelekin orang, ntar diperkarain kayak luna maya hehe..), selipkan sesekali artikel yang banyak dicari orang. Pasangi beberapa iklan yang menuh-menuhin ruangan aje hehe.. Saya yakin setidaknya dalam beberapa bulan udah ga perlu kuatir dengan jatuh temponya bayaran hosting dan domen. Cukup kumpulin receh2 hasil majang iklan anda, maka anda bisa ngeblog sepuasnya dengan domen dan hosting berbayar “gratis” 😀

Lalu Yud, gimana kabarnya Luna Maya?

Heleh ko nanya sini, ga ngerti deh :mrgreen:

Mesti hati-hati ni kalo nulis-nulis blog atau status di situs jejaring sosial kalo ga pengen kena masalah. Curhat lewat email bisa kena, nulis unek-unek bisa kesamber. Nah yo, makanya ngeblog kek, nge-fesbuk kek, nge-twit kek, tetaplah gunakan sabuk pengaman agar selamat 😀

Hihihi maaf ko jadi ngalor ngidul gini ceritanya.

7 comments… add one

  • aku juga bingung judulmu…tapi asik kok bikin orang penasaran

  • makasi backlinknya, hehe

    apapun tujuannya, yang penting ngeblog..

  • hosting bayar vs gratisan ya 😀 hi hi dulu sih nggak gitu ngurusin gituan pake nya yang gratisan terus. namanya juga orang Indonesia kan sapa yang nggak suka gratisan. tapi bener juga tergantung tujuan bikin blognya buat apa. pilih bayar apa yang gratisan. saya sih pake semua hi hi:P

  • lagi nyobain yg itu tuh..
    ngumpulin receh2 hasil majang iklan

  • Salam Kenal Mas Yudi,

    Saya Blogger baru, baru 4 bulan. Nge Blog dari awal buat seneng-seneng dan melepas stress sehabis kerja..Bulan satu sampai 3 pake Blog Gratisan..tapi akhirnya daku putuskan pindah ke non gratis, alasannya supaya bisa bongkar jeroan nya. Padahal Blog awal ku sudah dapet PR4, tapi gak ada guna nya juga tuh PR buat aku. Karna aku ngeblog untuk having fun, dan buat warisan untuk cucu-cucu ku nanti….Gile, Kakek Gue Nge Blog! Jadul banget…

    Salam Sahabat

  • masalah timbul lagi kalau blognya makin rame maka akan semakin besar perlu bandwidth, nah kalau mau nambah bandwidth khan hitung hitungan duit lagi.

  • Judul sih boleh apa saja asal artikelnya jangan terlalu panjang karena bisa bikin boring. :)

Leave a Comment