Menggambar Pemandangan

Ga sengaja nemu sebuah gambar yang mengingatkan saya akan masa-masa bersekolah di Sekolah Dasar dulu. Sebuah gambar yang desainnya secara garis besar sangat “klise” dan khas anak kecil (Indonesia) pada umumnya CMIIW :-D

Bagian yang tak boleh dipisahkan dari gambar tersebut adalah, gunung kembar (jangan ngeres pikirannya :mrgreen: ), matahari yang nyembul dari balik gunung, jalan raya yang semakin keatas semakin kecil, dan sisanya bervariasi tergantung daya khayal sang anak kecil :-D

Inilah gambar tersebut, Jreng jreng…. :-D (diambil tanpa ijin dari faizal.web.id/cakrawala/menggambar-pemandangan.html) :oops:

Gimana? Terlihat familiar atau malah temen-temen lebih canggih dulu pelajaran gambarnya waktu SD? :-D

Walau beberapa teman saya waktu sekolah dasar sudah mampu menggambar dengan sangat indah layaknya pelukis dewasa, namun kebanyakan anak (termasuk saya) tampaknya kurang kreatif ketika ditugaskan untuk menggambar pemandangan. Kebanyakan menggambar dengan pola yang sama, padahal pemandangan kan banyak, bisa pantai, sawah, air terjun, dan lain sebagainya :oops:

Pernah terpikir untuk gambar sesuatu yang lain tapi tangan dan pikiran saya ga bisa sinkron. Bayangan di kepala indah, tapi ga bisa diterjemahkan dengan baik oleh tangan saya hehe.. :lol: jadi sebenernya mungkin anak-anak itu bukannya ga kreatif, tapi kemampuan gambarnya aja yang kurang :mrgreen:

Whateverlah, hanya postingan nostalgia. Maju terus anak-anak Indonesia!! :-D

About yudi

Yudi adalah mantan gibol yang kini beralih menggemari basket NBA. Tertarik dengan seo, affiliate marketing, pool khususnya 9ball dan 10ball. Lainnya bisa dilihat di halaman tentang Yudi

Comments

  1. pertamax
    ya mas yudi kadang imaginasi kita lebih indah tapi begitu sulit dituangkan di kertas.ueheheheh

  2. bener-bener… jadi ingat waktu SD…. setiap ada pelajaran seni selalu gambar pemandangan hahahahahahaha

  3. Kemaren pas guru kesenian sma ku bahas gambar itu, katanya ini adalah gambar tingkat tinggi dan bukan untuk diajarkan ke anak SD.

    Katanya gambar jalan yang semakin kecil itu mendekati nyata lho, terus masalah tiang listris dan pohon di pinggir jalan itu, katanya seharusnya susah gambarnya…

    *guru saya peduli banget ama begituan* :mrgreen:

  4. lukisan klasik :D

  5. Saya sama seperti mas Yudi. Soalnya saya jarang memiliki buku cerita bergambar, jadi kurang memiliki database informasi tentang sebuah pemandangan.. yang ada cuma gambar gunung dengan sawah dan sungai berserta saluran irigasinya :D

    Dari SD sampe SMP itu. Untungnya SMU uda ga ada pelajaran menggambar :D

  6. Wah, iya neh mas jadi keingat sd dulu :)

    nilai gambar ga pernah dapet tujuh :(

  7. gambar pemandangan kok selalu sama ya polanya..gunung kembar dan matahari dipagi hari.. :)

  8. sama persis kayak aku dulu! :D kenapa ya anak2 indonesia kalo gambar pemandangan koq seragam gitu?

  9. rasanya taen tepuk gambar totonan puk…
    btw, ada award dan pe’er neh…
    selamat… :D
    http://mywrotes.wordpress.com/2008/11/10/awrd-dan-pe3r-dari-pe3r-dan-awrd/

  10. Gimana mau bisa meningkatkan kemampuan menggambar, Mas? Wong gurunya saja nggak bisa menggambar.. :D
    Waktu SD dulu, guru pelajaran kesenian saya bukan khusus utk seni rupa, tapi syukurlah sejak SMP, saya punya guru yg khusus utk seni rupa..
    :wink:

  11. yudi otak kanannya macet :P cepetan di repair gih!
    coba gambar bebek, pasti bebeknya noleh kiri yaaaaaaaa… hihihi pertanda otak kanan bener2 macet dan harus segera diperbaiki

  12. mmm kayanya dari keciiil anak2 tu harus dikenalin banyak2 contoh2 gambar2 yang bagus. trus kalo disuruh nggambar jangan didikte contoh klise itu……, kalo gurunya ga bisa, nyari d gambar2/lukisan2 yang macem2…biar anak2 dari keciiil banget dah punya simpanan memory yang namanya gambar indah tu gimana…ga sekedar gunung kembar yang ada mataharinya… walau itu benernya juga bisa jadi gambar yang kereeen…

  13. widiw….mantap uey gambarnya :D
    mantraaap

  14. yang keren dari gambar kayak gini tuh…jalanannya mentok di gunung…alias mobilnya bisa nembus gunung…:D

  15. hehe iya neh gambar masa kecil dulu emang selalu pemandangan.. ah nostalgia emang indah

  16. wedewww.. hebat juga gambarnya mantap
    http://asephd.co.cc

  17. kok awan nya lepas dari gunungnya yah mas :P

  18. abis gimana lagi mas, begitu kan yang diajarin sama bu guru waktu kita kecil dulu :D

  19. inget di SD

  20. ingat kelas 1 sD :D

  21. hahaha. kalo aq dulu nggambarnya mobil juga tapi jelek sih, hahaha. kalo pemandangan ya gambarnya itu2 aja.

  22. paradigma lama……

  23. manggambar gunung itu selalu ada 2 gunung, selalu ada matahari ditengah-tengah kedua gunung, selalu ada awan-awan yang ditemani beberapa burung, selalu ada jalan setapak atau 2 tapak, selalu ada sawah/kebun, selalu ada pohon disepanjang jalan…wakakaka..jadi inget diomelin ama bu guru waktu gambar ini terus…:P

  24. hrunya gmbar pmndangan ruang angkasa… hahahahaha

  25. wah make crayon ya….:D

  26. tapi bagus….goresan crayonnya itu loh…bs full ..penuh…kan itu butuh ketelatenan…yah abis yg nggambar udah gede…:P

  27. hehehe iya dulu gue jg pas SD ngegambarnya ga jauh2x dr itu. Sempet terbelalak kagum ama temen yg katanya ngambil les gbr bisa ngegambar macem2x slaen sawah dan gunung. Malah dia sempet nggambar pilot dan pesawat dlm view close up sgala. Keren. Mgkin emang mslh bakat ya :mrgreen:

  28. @ ilham, ekkei, kebo, jimmy, ika, fanari, baladika, Tony
    iya nih :-D

    @ fren, ipung, Paman Gober, arhan
    berarti sama donk :-D

    @ Vandy
    guru yang baik :-D

    @ nono
    siap boss..

    @ HeLL-da
    wah sampai punya guru khusus ya

    @ fenny
    yang kanan habisnya cuma dipake hayalin cewe cakep sih hehe :lol:

    @ audy
    tul tu audi :-D

    @ okta sihotang & Kaka
    ini muji beneran yak :mrgreen:

    @ suamimalas
    hihi.. :mrgreen:

    @ harianku
    ga tau ah.. :mrgreen:

    @ kyai slamet
    iya hehe..

    @ Andre
    bu gurunya perhatian berarti :-D

    @ Ardy Pratama
    syusah donk..

    @ dwi
    keliatannya si iya pake crayon

  29. @ Tigis
    tul, bakat ngaruh juga nih :-D

  30. jadi inget waktu SD, pas sekali kayak gitu, cuman ga berwarna :-) maklum ga bisa beli spidol warna

  31. inget sd paling suka tiap ada pelajaran gambar slalu gunung 2 :D

  32. walahhhhhhhh gunung mah bosen

  33. .wkwkwkwkwk……
    .tk kirain dr jdl nm’x dh kelitan asli pemandangan eh tp terxt gmbr wkt nagh msh sd

  34. bnr bgt tuh…gambar pemandangan gunung dan sawah selalu tidak lepas ingatan kita di masa2 SD..nak skrng masih menggambar itu ga ya..
    salam kenal :)

  35. haha keren juga

Speak Your Mind

*