Mengapa sulit mendisiplinkan diri?

Anda tau apa yang mesti dikerjakan, tetapi anda tidak memberikan usaha dan perhatian agar hal tersebut terus berlanjut. Motivasi anda semakin berkurang dan akhirnya tidak bergairah lagi menjalankannya. “Mungkin saya akan melakukannya lagi pada waktu yang lain,” sebuah kalimat yang sering diungkapkan orang kepada dirinya sendiri.

Disiplin adalah suatu latihan pikiran. Jika alarm berbunyi pada pagi hari dan anda malah menarik selimut menutupi kepala anda, maka anda sedang melatih pikiran anda untuk tidak disiplin.

1. Jadikan disiplin adalah sebuah permainan.

Disiplin menunjukkan pikiran yang dibiasakan. Anda tidak bisa mengharapkan diri anda tiba-tiba disiplin. Disiplin bukanlah sesuatu yang bisa dinyalakan atau dimatikan. Ia adalah otot pikiran yang perlu dilatih dan dibiasakan.

Buatlah sebuah komitmen untuk melakukan sesuatu setiap hari. Tentukan sebuah hukuman jika anda gagal. Ingatlah, jangan dibiasakan untuk mentoleransi kegagalan anda dalam melakukan komitmen tersebut karena bila dibiasakan maka anda tetap akan menjadi “disiplin,” namun dalam hal ini “disiplin menunda sesuatu.”

2. Jangan gunakan kegagalan sebagai alasan untuk menurunkan disiplin, segeralah kembali ke jalur secepatnya.

Disiplin bukanlah hal yang dilakukan sekali saja. Ia mesti dilakukan secara terus menerus agar terbiasa. Sebagai manusia tentu kita tak luput dari kesalahan. Pada suatu waktu kita pasti tergelincir dan tidak disiplin. Apabila seperti itu maka segeralah kembali ke jalur, jangan ditunda.

Sekali anda mempunyai sasaran yang jelas dalam pikiran, dengan gangguan yang minimal, maka disiplin akan menjadi mudah.

25 comments… add one

  • setuju mas, dengan cara tersebut mampu memotivasi diri kita pribadi atas setiap yang akan kita lakukan :)

  • Motivasi dispilin ini benar2 bagus banget..segera tak print mas..biar ingat apa yg mesti dilakukan :)
    tq banget mas

  • Saya lagi susah nih mendisiplinkan diri…. mo diet gagal teruss..

  • Saya lagi susah nih mendisiplinkan diri…. mo diet gagal teruss..
    Disiplin memang terasa susah klo dibawa susah dan serius. Jd kudu dibikin fun… begitu kata teman saya yg berhasil diet.. 😀

  • aduh pengen dispilin nih tapi belum bisa-bisa, aduh semoga the master mau hipnotis saya biar bisa disiplin..hihihihihihi

  • haree genee?? ga disiplin?? ga bisa hidup normal kaleee..(itu seh pendapat pribadi aq lho..)

  • Aku termasuk orang yang nggak disiplin bro. Mandi ga disiplin, makan ga disiplin, tidur ga disiplin. Semua suka2 😛

  • paling susah disiplin ga buka forum, olweis tergoda buat buka forum, haha

  • aku paling sering tu, kalo denger alarm langsung tak matikan n tidur lagi zzz….
    malahan, sekarang iini alarm udah gak mempan ama aku *gak bangun belaz…

  • bisa sulit juga krn kita hidup diantara org2 yang kurang disiplin :)

  • semoga ajah saya bisa lebih disiplin sehingga bisa mencapai yang terbaik,…..

  • saya bisa disiplin hanya kalau untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan saja 😀

  • klo masalah beginian mah, depend on orangnya…

  • Tergantung kebiasaan kali yah

  • artikel yang bermanfaat untuk bahan renungan :)

  • Disiplin memang berat. Namun jika sudah menjadi karakter, banyak hal positif bakal teraih.

  • ayo disiplin…

    jgn sampai si bu di lewat loh…

  • Dilihat dari negaranya bro, Indonesia itu negara tidak disiplin, gimana warganya mau disiplin.. 😀

  • susah nih padahal butuh….

  • Disiplin+berdoa=keberhasilan…:D

  • Aqiqa

    Aqiqa susah bangetdz nih disiplin, pantesan aja aqiqa selalu gagal kalo ikut lomba ato apa aja

  • Mendisiplinkan diri bukanlah hal yang gampang, butuh kemauan dan motifasi yang kuat, untuk itu saya rasa apa yang ada pada artikel ini adalah sesuatu yang pantas untuk dicoba bagi setiap orang yang ingin mendisiplinkan diri guna mencapai tujuan yang diinginkan. Thanks atas motifasi yang diberikan……..

  • anes

    mendisiplinkan diri niy..ssah p0wn ssah..
    senang p0wn snag..
    hehex..
    Adea pluang la sy utk jad pngwas sek0lah lpas n!Y..

  • emma

    saya benci diri saya yg x berdisiplin. saya slalu bertoleransi dengan diri sya. bgaimana sya boleh mengubah cara hisup dan pemikiran sya? :(
    p/s: harap ada yg bisa membantu.

  • setuju sangat bermanfaat

Leave a Comment