Mencontek di sekolah

Teringat masa-masa SMA dulu, kini saatnya menulis sesuatu yang terjadi sebelum aku mempunyai blog ini. Berikut adalah postingan berdasarkan pengalaman pribadi.

Daftar kebiasaan-kebiasaan nyontek yang pernah saya lihat dan saya lakukan :mrgreen:

1. Nyontek catetan di kolong bangku
Metode paling klasik dan jadul namun tak pernah hilang ditelan jaman. Mungkin hanya sekolahan tertentu aja yang mejanya ga dilengkapi kolong. Trik kuno tapi sangat banyak penggemarnya.

2. Simpen catetan kecil di balik rok.
Termasuk metode lama juga, namun cukup efektif. Pelaku merasa bahwa pengawas akan segan untuk memeriksa hingga ke ‘daleman’ mereka, padahal ga semua pengawas ga doyan paha. Hanya bisa digunakan oleh cewe, kalo cowo pengen nyoba ya mesti pake rok dulu ke sekolah, ga mungkin kan… :mrgreen:

3. Media alat tulis
Metode ini menggunakan kotak pensil, pemutih (tip ex) dan lain2 sebagai media untuk mengirimkan contekan. Kertas dilipat kecil dan dijejalkan ke dalam media tadi. Dilakukan dengan modus pura2 meminjam peralatan tulis menulis. Sayang metode ini terancam punah karena peraturan sekarang melarang siswa untuk saling meminjam alat tulis ketika sedang ujian.

4. Lempar-lemparan kertas contekan
Pelaku haruslah seorang yang jago dalam hal lempar melempar dan tangkap menangkap. Atlet baseball sekolahan biasanya mahir menggunakan metode yang rawan dipergoki oleh pengawas ini. 😀

5. Isyarat bahasa tubuh
Biasa dilakukan ketika ujian yang soalnya adalah pilihan ganda. Menanyakan nomor soal dengan jari2 tangan, sedangkan untuk jawabannya cukup tunjuk alis untuk jawaban A, tunjuk bibir untuk jawaban B, jawaban C akan ditunjuk hidung (karena hidung bahasa bali-nya adalah Cunguh =C ), jawaban D cukup sentuh dagu, jawaban E sentuh telinga, karena E=Ear.

6. Kertas mini yang dilipat lipat
Lagi lagi metode kuno yang hanya dilakukan oleh master nyontek, kertas dilipat sedemikian rupa agar mudah dibolak balik di telapak tangan.

Jangan lakukan metode ini bila tak pernah berlatih kecepatan tangan sebelumnya.

7. SMS pake HP
Metode ini sangat jarang dilakukan ketika saya SMA dulu, karena jaman saya dulu hanya orang2 berduit yang punya hape. Mungkin saat ini berbeda keadaannya, namun saya rasa pengawas bisa menyita hape sebelum dilakukan ujian.

8. Metode jerapah
Metode ini hanya bisa dilakukan oleh orang orang yang berleher panjang dan bermata setajam elang. Dilakukan dengan cara tolah toleh dan lirik kanan kiri mencuri curi kesempatan ketika pengawas sedang lengah

PERINGATAN KERAS : Please Don’t Try This At School 😀

Anak anak yang masih punya ingatan segar tentang sekolah atau kuliahan pasti lebih tau nih trik trik beginian, bisa nambahin ga joe, fen, atau mas bayu yang barusan lulus sekolah mungkin :mrgreen:

15 comments… add one

  • hedeeh, triknya patut dicoba 😛

  • Semua trik diatas udah pernah nyoba bro, weh rata2 selalu berhasil

  • satu lagi. terbukti masih ampuh! bawa kertas yg modelnya menyesuaikan kertas ujian yang berisi catatan, dan jangan lupa steples. ketika soal ujian dibagikan, jepretkan kertas bawaan kita bergabung dengan soal ujian. usahakan menjepret di tengah2. jgn pas halaman belakang. ampuh! yakin! terbukti nilai B untuk ujian etika profesi ketika diterapkan pada saat ujian akhir, berhubung pas ujian tengah semester nggak bisa jawab apa2 😆

  • kalo nyontek sambil jalan belum pernah nyoba yaa 😆

  • ada lagi, nyontek pake invisible pen..nah loh..saya jg awalnya gak percaya..pas diliatin ama adikku yg masih SMA..nah canggih juga skrg ya..

  • hehehe jaman dulu saya sekolah belum jamannya hp, jadi gak bisa sms-an 😀

  • kalo sekarang paling nyonteknya dari blog2 para master…he2

  • yudi

    @ dipta, Putra eka
    hi..hi..banyak orang ternyata pernah nyontek

    @ tukang(di)contek
    keyeenn…mutakhir banget 😀

    @pandi merdeka
    waduh belum mas..

    @Fachia
    nah yang ini malah belum pernah tau sebelumnya, ajarin donk :-)

    @ jimmy
    kalo saya karena ga punya hape 😀

    @ bozz
    he..he..sama donk :-)

  • atau pake jumlah jari buat nggaruk punggung setelah temen di belakang berbisik, “nomer limabelas….” :)

    lam kenal ya :)

  • yudi

    @ Tigis
    lam kenal juga mas :-)

  • walah nyontek paling jitu cuman pas soalnya dalam bentuk ABC 😀 langsung lirik kanan kiri. kalo uraian ya kerjain sendiri aja deh 😀

  • yudi

    @ bocah
    dah pengalaman ni kayaknya 😀

  • sayah pas skulah dulu nyonteknya pas ulangan agama, sejarah/geografi ato bahasa inggris duamz… pokoknya yang statusnya open book lah, entah open kamus, peta, alkitab…. saya nulis contekannya disana pake pensil tipis2….
    pas kuliah, sayah nyonteknya di kertas ujian yang telah saya gandakan. biasanya hari pertama saya ga nyontek. nah, kan dibagiin kertas buram tuh… saya ambil 2 deh, yg 1 buat stok contekan. besoknya saya pake kertas buram yg uda isi contekan itu, kertas buram barunya ya saya simpen buat nyontek besoknya. hohohoho, blm pernah kepergok neh 😛 *smoga jangan* huhuhu

  • @ fenfen
    master nih kayaknya :mrgreen:

  • Sani

    Wuih…., pd jago ni. Aq si klo ulangan paling suka nyontek am teman yang udah ahli(dalm bidang contek-menyontek). Klo buat cata2n atau sgla macm aq mash blm pandai. Abs ny…., tiap udh buat contekan kecil, ada aj kndala ny. Yg hilang, sobek, tp klo pas ada kesempatan, malah takut kepergok. Makanya aq cari aman aj. Hehe,

Leave a Comment