Manfaat sarapan pagi

Jika anda sedang berpuasa, pastilah anda akan selalu menyempatkan diri untuk sahur di pagi hari untuk mengisi energi hingga waktu berbuka tiba. Bagaimana jika sedang tidak puasa? Apakah anda juga selalu sarapan alias makan pagi sebelum beraktivitas? Ada orang-orang yang mengatakan bahwa dirinya tidak terbiasa makan pagi sebelum beraktivitas, alasannya bisa bermacam-macam. Ada yang mengatakan bahwa jika ia makan pagi maka biasanya nanti di kantor ia akan sakit perut, ada pula yang mengatakan bahwa dirinya tidak nafsu makan di pagi hari, bahkan ada pula yang beralasan tidak sempat makan pagi karena terburu-buru berangkat ke kantor.

Suka atau tidak suka, mau atau tidak mau, ternyata sarapan memberikan banyak efek positif bagi aktivitas yang akan dijalani. Menurut info yang saya baca, hanya minum teh ditambah beberapa potong kue atau biskuit, bukan merupakan sarapan. Dianjurkan agar makan secukupnya sebelum memulai aktivitas.

Berikut manfaat sarapan yang saya baca dari beberapa sumber :

1. Memberi energi untuk otak anda. Sarapan dapat membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi anda sebelum tiba waktunya makan siang.

2. Sebagai pengganti waktu malam anda yang tidak terisi oleh makanan. Setelah tidur selama kurang lebih 8 jam, maka zat gula dalam tubuh akan menurun, hal itu dapat digantikan dengan mengkomsumsi karbohidrat ketika anda sarapan. Zat gula adalah salah satu sumber energi yang anda terima ketika anda mengkomsumsi makanan yang mengandung karbohidrat.

3. Dapat meningkatkan metabolisme. Apabila anda terbiasa sarapan maka kecenderungannya anda akan memiliki metabolisme yang tinggi. Metabolisme identik dengan kemampuan tubuh membakar energi.

4. Meningkatkan daya tahan terhadap serangan stress. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa karyawan yang tidak terbiasa makan pagi akan memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk terkena depresi dibanding dengan yang terbiasa sarapan di pagi hari.

5. Agar perut ga bunyi “krucuk-krucuk” ketika di kantor atau di sekolah :mrgreen:

Untuk anak usia sekolah, sangat dianjurkan untuk membiasakan diri makan pagi sebelum berangkat ke sekolah, karena sarapan dapat meningkatkan konsentrasi dan menjaga daya tahan tubuh sebelum tiba waktunya istirahat siang.

Jadi inget waktu sekolah dulu, ibu saya selalu memaksa saya untuk makan pagi sebelum berangkat ke sekolah. Kalo sekarang si ga usah dipaksa juga malah minta makan sendiri hehe.. :mrgreen:

Jadi usahakanlah sarapan secukupnya sebelum memulai aktivitas :-D

About yudi

Yudi adalah mantan gibol yang kini beralih menggemari basket NBA. Tertarik dengan seo, affiliate marketing, pool khususnya 9ball dan 10ball. Lainnya bisa dilihat di halaman tentang Yudi

Comments

  1. he..he… klo gw gak sarapan tuh kayak ada yg gak lengkap gitu om… he..he… jadu lebih ke arah melengkapi yang sudah ada… kadang tanpa melihat manfaatnya… he..he… btw siip postingannya om…

  2. hehehe iya sih sebenernya sarapan itu penting yaaa tapi dasar anak kos jadi suka males deh buat sarapan, blm lagi kalo pagi seringnya grabak-grubuk gara2 bangun kesiangan jadi ga sempet sarapan deh :mrgreen:

  3. sarapan itu bikin kenyang dan mengantuk lagi mas xixixixi

  4. Sarapan pagi semenjak menikah menjadi MENU WAJIB bagi saya ;)

  5. Gak sempet, soalnya harus berangkat jam 6 pagi.

  6. Saya juga mesti sarapan terus. Kecuali bulan puasa :D adanya sahur bukan puasa :P

  7. Sarapan, paling asik sarapan dengan pisang goreng dan teh hangat..yummy ^^v..lam kenal bos

  8. Untung saya selalu sarapan dan selalu membiasakan keluarga untuk sarapan walaupun sepotong roti tawar. trims infonya

Trackbacks

  1. [...] .:YUDIworld/dot/com-Indonesia:. [...]

Speak Your Mind

*