lucky rabbit…perlukah?

“I was looking for my chalk but someone gave me a new one,” said Gomez.”I’m always using the same chalk and that’s a little comfort for me.”I thought it might be lucky charm as I used it from the beginning of the tournament up to now.

“In this competition I started playing the qualifying round until this final match so this was my big opportunity. I’m so depressed.”

Begitu ungkapan Roberto “superman” Gomez setelah kekalahannya di final kejuaraan dunia billiar bola 9 kemarin. Apa yang disinggungnya? yap hanya sebuah kapur, namun kapur tersebut dia rasakan membawa keberuntungan sejak awal turnamen. Tapi benarkah ketidak adaan kapur itu yang menyebabkan dia kalah? Ini susah dibuktikan, namun secara psikologis dia telah diserang oleh keyakinan akan kapur keberuntungannya.

Kadang kita perlu semacam sugesti untuk menyemangati diri kita sendiri. Dulu saya pernah melakukan “ritual” menggunakan celana biru pada hari rabu yang biasanya ada ulangan di sekolah waktu SD. Percaya atau tidak bila saya tidak menggunakan celana tersebut maka saya akan sial pada hari itu. Walau hanya dalam pikiran saya namun itu tetap saja berpengaruh. Kadang pikiran yang merasa bahwa hari itu akan sial akan membawa kesialan yang sesungguhnya (hal ini dibenarkan oleh film “The Secret” yang ternyata bisa memberikan gambaran bagaimana seharusnya kita berpikir. Film ini bole dipercaya bole tidak loh, tergantung enaknya kita aja :-) ).

Jadi salahkan memiliki semacam jimat keberuntungan? haruskah kita membawa kaki kelinci kemana-mana? Jawabannya terserah tiap orang, namun yang saya yakin adalah bahwa sekali kita meyakini sesuatu atau meyakini bahwa itu sial atau ini baik, maka kemungkinan besar kal itu mungkin benar2 terjadi. Hati-hati dengan keyakinan anda :-)

gomez

7 comments… add one

  • wah, kaya gitu emagn kadang2 bikin pikiran kita jadi kacau. ..
    Mungkinkah Tuhan yang menentukan nasib manusia sedang berubah menjadi sebuah kapur ?

  • biasanya si orang kalah cuma banyak alasan aja mas, yang disalahin malah kapur :-)

  • gak juga dech

  • odonzzz

    wahahaha…. SUPERMAN IS DEAD Bro..
    Tp gpp, WPC msh ada taon depanya lagi, 2 taon depanya lagi dan seterusnya.. So, Gomez masih punya wkt yg panjang untuk jadi juara dunia, tapi kalo kalah lagi jangan alasan kapurnya ketinggalan lagi yowwww…
    tiap taon mesti ada alasan baru kalo kalah ya??
    hahahahahahaha…
    C U on WPC 2008 Bro..

  • odonzzz

    eeeiiiiitssss…. taon 2008 aku jagoin Wu Chia Cing yaa???

  • hehe singgah mase mai akhirne :-)

  • yeap… its all in ur mind 😉

Leave a Comment