Layanan ala Robot

Layanan Robot? Ah itu cuma istilah buatan saya aja hehe.. Maksudnya sebuah prosedur layanan dimana pelakunya “disetel” seperti robot untuk mengucapkan kata-kata manis tertentu kepada pengunjung.

Bla..bla..bla..selamat pagi, bisa dibantu…

Selamat datang di bla..bla..bla.. selamat menikmati..

Terima kasih sudah berbelanja di bla..bla…bla…

layanan robotKurang lebih demikian kata-kata yang sering diucapkan oleh pegawai yang bekerja sebagai “robot” :mrgreen: Pegawai yang terlatih dan cakap biasanya berbicara dengan nada yang enak didengar dan mampu berkomunikasi dengan baik dengan pengunjung. Mungkin maksud penugasan orang-orang ini adalah agar pengunjung merasa nyaman dan diperhatikan ketika berbelanja atau menggunakan jasa mereka. Yeah good, memang bener pengunjung jadi merasa diperhatikan bila pegawainya ramah-ramah.

Nah situasi akan berbalik menjadi kacau bila seorang pegawai bermaksud ramah tapi justru membuat pengunjung bingung. Mau tau kenapa? Akibat pegawai tersebut terlalu menghayati perannya sebagai jasa layanan ala robot :mrgreen:

Si pegawai tampaknya hanya menghapal “kata-kata sakti” yang diajarkan kepadanya tanpa meresapi apa maksud kalimat tersebut, dan kapan kalimat tersebut diucapkan, serta bagaimana cara pengucapannya. Kalimat yang seharusnya manis untuk didengar malah dibuatnya seperti sebuah rekaman kaset amatir yang nadanya datar.

Si pegawai yang baru saja melayani salah seorang nasabah bermaksud menanyai apakah masih ada lagi yang bisa dibantu. Saya yang kebetulan berada di antrian hanya bisa senyum-senyum karena nasabah yang bersiap-siap pergi malah bingung dan bertanya balik kepada si teller tentang apa sih yang diucapkan teller itu kepadanya. Mbak teller tadi bukannya berusaha beramah tamah namun malah gelagapan dan kembali mengulang “rekaman kaset robotnya” untuk kedua kalinya dengan nada bicara yang jauh lebih ga nyambung dengan situasi :mrgreen: Akhirnya si nasabah hanya melongo heran dan ngeloyor pergi xixixixi…

Mbak cantik nan lugu : “Makasi dah beli rujak di warung saya, silahkan datang kembali..”

Bapak pengunjung : (ga denger karena beresin barang-barang) “hah? heh? Mbak bilang apa? Oya kalo rujak mangga ga jual yah, kapan si musim mangga?”

Mbak cantik nan lugu : “Makasi dah beli rujak di warung saya, silahkan datang kembali..”

Bapak pengunjung : (heran ko jaka sembung ngunyah balok) “mbak budeg ya?”

Mbak cantik nan lugu : “Makasi dah beli rujak di warung saya, silahkan datang kembali..”

Bapak pengunjung : …..???????? (sambil ngacir)

Mungkin pegawai training kali yah :mrgreen:

10 comments… add one

Leave a Comment