Lakukan yang terpenting terlebih dahulu

Ada buku yang highly recommended buat dibaca, judulnya CHAMP!ON karangan Darmadi Darmawangsa. Isinya gimana? wah baca deh, ga nyesel, ini buku bagus buat yang suka mencari buku tentang pengembangan diri. Saya mau nyontek trus taruh disini dulu ah salah satu babnya :mrgreen: Siapa tau besok bukunya dipinjem temen trus ga dibalikin, kan jadi tetep bisa baca di blog ini hehehe….

Pesan dari bab tersebut oleh Bapak Darmadi Darmawangsa :

Jika kita memberikan semua waktu dan energi pada hal yang remeh, kita tidak akan mempunyai waktu untuk hal-hal yang lebih penting. Mulailah hidup dengan mengedepankan prioritas yang terutama dalam hidup anda. Kebanyakan orang tidak meraih kebahagiaan dalam hidupnya dikarenakan mereka belum mendefinisikan arti dari kebahagiaan yang mereka inginkan.

Happy reading… :mrgreen:

Seorang guru bijak berdiri dihadapan murid-muridnya. Dengan tenang diambilnya sebuah akuarium kecil yang terbuat dari kaca yang bulat. Kemudian ia memasukkan ke dalamnya beberapa bola golf hingga penuh. Ia lalu bertanya kepada muridnya apakah akuarium itu telah penuh. Para murid setuju melihat kondisi akuarium yang telah diisi penuh oleh bola golf. Sang Guru kemudian mengambil batu-batu kerikil berbagai ukuran kemudian mengisinya ke dalam akuarium. Ia kembali bertanya apakah akuarium tersebut telah penuh. Para murid sedikit agak malu akan jawaban mereka yang pertama, kembali mengangguk dan menyetujui secara aklamasi bahwa akuarium tersebut telah penuh. Kembali sang Guru mengambil sekantung pasir dan menumpahkannya ke dalam akuarium hingga terisi penuh. Dengan tanpa ekspresi ia menanyakan pertanyaan yang sama seperti pada awal demonstrasinya. Kali ini para murid mulai tertawa mengingat keluguan mereka dan dengan lantang berkata “kali ini sudah penuh guru.” Sang Guru kemudian mengambil dua cangkir kopi dan menuangkannya ke dalam akuarium itu dan anehnya masih ada ruang dalam akuarium itu. Guru itu lalu berkata, akuarium ini melambangkan hidup anda, bola golf melambangkan prioritas terpenting dalam hidup anda, seperti suami-istri, anak2, kesehatan anda. Semua prioritas yang saya sebutkan adalah hal yang sangat penting. Batu-batu kerikil adalah prioritas kedua yang penting, pasir melambangkan hal2 sepele dalam hidup anda. Jika anda menaruh pasir terlebih dahulu ke dama akuarium maka tidak akan cukup ruang untuk meletakkan bola2 golf dan kerikil.” Kemudia salah seorang murid bertanya, “yang 2 cangkir kopi melambangkan apa pak?” Sambil tersenyum sang Guru berkata, “Seberapapun padatnya waktu kita, masih ada waktu untuk bercengkerama dengan seorang teman.”

Nah ternyata saya masih suka menaruh pasir hingga penuh ke dalam akuarium sehingga tidak cukup tempat untuk menaruh kerikil dan bola golf. Saya harus memperbaikinya. Bagaimana dengan anda? 😀

1 comment… add one

  • shantiq

    Mas…,
    Aq dah pernah neh ikutan nguping saat acara final sprint salah satu asuransi di indonesia….

    Busyeeeeeeeeet semua motivasinya bagus bangeeeeeeeets……
    Gak rugi deh pokoknya dengerin presentasi dia…..
    Kita jadi terpacu n semangat untuk mencari yang terbaik untuk hidup kita….bleszzzzzzztttttttt……………

    T-O-P BGT deh buat Darmadi Darmawangsa…..

Leave a Comment