Konsentrasi penuh

Agar kerjaan atau apapun bisa diselesaikan dengan baik, salah satu hal yang penting untuk dijaga adalah konsentrasi. Berikut adalah contekan yang saya peroleh dari sebuah website yang mengajarkan untuk tetap fokus mencapai tujuan yang telah ditetapkan, let’s cekidot :-D

Hal yang pertama adalah : MENETAPKAN TUJUAN

Pikirkan sebuah tujuan atau Goal yang ingin anda capai. Tuliskan hal ini dalam sebuah kertas dan tempelkan di tempat yang mudah anda baca setiap hari sekaligus untuk selalu mengingatkan anda.

Saya, (nama anda). Saya 100% berkomitmen untuk mengikuti sistem (yang sedang anda kerjakan) dan mendapatkan penghasilan sebesar (tulis angka yang ingin dicapai) yang akan saya capai paling lambat pada (tulis tanggal alias deadline untuk membuat anda “terpaksa” mencapainya)

Tips Manajemen Waktu untuk mempercepat pencapaian tujuan

Mulai sekarang, anda harus mulai memikirkan untuk memanfaatkan waktu anda sebaik mungkin untuk bisa segera mencapai tujuan yang telah anda tetapkan, karena waktu adalah salah satu asset yang paling berharga yang anda punya.

Berikut adalah tips yang mungkin berguna untuk anda dalam memanajemen waktu :

1. Berkomitmenlah X jam sehari untuk melakukan pekerjaan anda (misal saya berarti fokus pada blog2 saya :-D )

2. Buatlah sebuah To-do List di meja kerja anda setiap hari. Urutkan dari yang paling penting terlebih dahulu. Tuntaskan satu persatu, usahakan jangan mengerjakannya bersamaan bila itu mengganggu konsentrasi anda.

3. Ciptakan sebuah kebiasaan untuk bekerja selama X menit yang kemudian dilanjutkan dengan rehat sejenak. Lalu ulangi terus menerus hingga jam bekerja berakhir. Misal dalam sejam anda 50 menit bekerja 10 menit istirahat, begitu seterusnya.

4. Bersihkan meja kerja anda. Singkirkan barang2 yang sekiranya mengganggu. Makanan, gelas minuman dsb. Gunakan telepon hanya untuk hal yang penting dan stop sementara login Facebook, forum dan sebangsanya yang biasanya mengganggu konsentrasi. (kecuali anda bekerja memanfaatkan facebook tentunya :mrgreen:)

5. Buat sebuah list mengenai kebiasaan2 anda yang kurang produktif (kebanyakan buka Facebook, Baca2 forum tanpa praktek, noleh2 cewek cakep lewat jendela, dsb). Cari sebuah kebiasaan positif baru yang ingin anda terapkan untuk menggantikan kebiasaan buruk anda. Review list ini setiap hari selama 10 hari dan awasi diri anda sendiri.

6. Melakukan setidaknya 1:1 rasio antara belajar dan praktek. Misal sejam mempelajari ilmu kanuragan baru dan sejam lagi untuk mempraktekkannya. Jangan khawatir tentang kesempurnaan. Sesuatu selalu lebih baik daripada tidak sama sekali.

Nah itu saja untuk persiapan, Mari kita mulai :-D

1 comment… add one

  • rizal nataleo napitupulu

    saya seoarng pemuda berumur 23 tahun
    saya pya cita2 tinggi
    tapi tiap mau konsentrasi
    saya slalu terganggu dengan FB ne
    dan saya mudah terpengaruh
    tolong bntu saya untuk bisa lebih maju lagi.

Leave a Comment