Kilas Balik 1 1/2 tahun menekuni Affiliate Marketing

Tiba-tiba teringat saat pertama ingin serius menekuni bidang Affiliate Marketing. Berawal dari rasa penasaran dengan tehnik main amazon yang diajarkan pak kepsek di sekolah.in, akhirnya di awal desember 2011 saya memutuskan untuk bergabung. Jaman itu diarahkan untuk main amazon jerman atau uk dan saya memilih jerman karena ikut2an aja :mrgreen: Sebulan mengerjakan ternyata metode yang diajarkan memang manjur, komisi mulai tampak di akun saya. Salah satu yang menarik adalah bahwa setiap harinya blog2 auto yang saya buat hanya dikunjungi segelintir pengunjung, bahkan ada yang mungkin dikunjungi hanya 2-3 visitor sehari. Uniknya komisi bisa masuk, dapatlah saya 1 pelajaran penting pertama saya tentang affiliate marketing, yaitu :

1. Trafik tertarget adalah emas!
10 pengunjung tertarget akan lebih menguntungkan dibanding 100 pengunjung tak tertarget. Bayangkan jika anda menjual teh kotak, 10 orang yang kehausan pasti lebih berpeluang membeli teh kotak anda dibanding dengan 100 pengunjung yang kesasar ke toko anda dan sedang mencari sebuah kamera 😀

Auto menuju Manual

Setiap saya membuat autoblog maka umurnya ga panjang, mungkin garis tangan dan wajah saya memang ditakdirkan untuk tidak mahir bermain auto 😆 akhirnya saya memutuskan untuk mencoba membuat affiliate blog dengan cara manual. Target saya adalah mendapatkan banyak komisi dari amazon di bulan oktober-desember alias masa ketika orang banyak berbelanja.

Dan hasilnya adalah….. GAGAL! 😆

Saya ga berhasil merangking blog2 manual saya dengan baik. Bayaran dari amazon hanya pernah saya rasakan melalui receh2 gift card amazon US dan juga mencairkan komisi dari amazon jerman yang dihasilkan blog2 auto yang kini telah gugur di medan gugel. Sedangkan di akhir tahun 2012 kemaren saya ga kebagian kue manis dari amazon seperti yang dirasakan banyak temen2 yang bermain disana.

That’s it! Saya belum berhasil di amazon tapi itulah jalan awal saya mulai menyukai affiliate marketing.

lanjut…..
——————————–

STRANGE WSO for me

Saya biasanya paling demen nyari wso yang berhubungan dengan adsense, seo, adsense, seo, adsense, seo, gituu mulu karena dulunya inilah mainan saya yang terfavorit, sampe anak saya namakan adsenandra hehe..

Namun entah kenapa tiba2 saat itu saya mulai tertarik dengan yang topiknya affiliate marketing terutama yang cara promonya menggunakan seo. WSO pertama yang saya serius pelajari dan praktekan tentang affiliate marketing adalah Google Detonator 2.0 oleh precious ngwu dan juga CB Profit Storm dari andrew macleod.

Hanya dipraktekkan sebentar ternyata it works! Komisi saya yang pertama saya dapat hanya dalam waktu seminggu. Keberuntungan pemula pastinya hehehe..

PENGUIN DATANG

Pasti pada nunggu cerita sedih yak? 😆 Ternyata oh ternyata blog2 affiliate saya ga kena sambet penguin dan malah makin bagus rangkingnya. Tentu saja komisi juga makin nanjak. Semangat juga makin tinggi mainan affiliate marketing 😀

Namun…. ceritanya ga selalu bahagia. Blog2 adsense kesayangan saya ludes dilalap penguin. Galau dah waktu itu ceritanya, tapi mungkin itu saat yang tepat untuk mengalihkan perhatian dari adsense ke affiliate marketing. Ada hikmah dibalik musibah (sumpah nulis kalimat terakhir cuman untuk menghibur diri 😆 )

The Day After Penguin (dan datangnya EMD update)

Diisi dengan keseharian baru mengoptimasi blog affiliate. Semua tampak berjalan lancar, so far so gut lah kalo orang barat bilang. Tapi yang namanya hidup ga selalu tenang2 aja, tiba2 dateng lagi algo sialan yang “katanya” nyerang domen EMD. Yak sodara2, saya pun tak luput dari terkaman emd update kali ini. Berantakan banget dah kali ini, ga disisain satupun yang menguntungkan. Yang ga convert malah ga dihajar, keren ya mbah googlee, bisa milih2 gitu :mrgreen:

Singkat cerita, saya perlu mengawali lagi dari awal, karena tampaknya memperbaiki blog2 lama hanya akan membuang-buang waktu, tenaga dan mungkin juga uang. PaSrAh & kembali berusaha. sigh…. :-(

Anak Perempuan dan Semangat Baru

Tanggal 19 februari 2013 istri saya melahirkan seorang bayi cantik yang saya namai Nauny Adphenandra. Jika dulu kakaknya bernama adsenandra karena saya suka main adsense, maka kali ini nama adiknya saya buat sedikit mirip dengan kakaknya, cuma beda huruf “S” saya ganti dengan “PH”. Maknanya ga jauh2 dari affiliate marketing karena nauny saya namai dengan penggalan nama sebuah produk yang pernah memberikan komisi rutin setiap 2 minggu di akun saya 😀

Lalu gimana kabar praktek affiliate marketingnya setelah saya merasa sangat berantakan setelah EMD update kemarin?

Syukurlah mulai ada hasil. Di postingan sebelumnya sempet saya share.

Kini saya makin penasaran ama Clickbank. Ada banyak cara untuk berpromosi, salah satunya adalah dengan FB ads. Saya sempet nyoba praktek dengan panduan ebook fbtocbblueprint namun belum apa2 udah kena AME alias ads manager error :mrgreen: Yah tampaknya harus nyari sela-nya dan juga cari tau salahnya dimana dulu. Selain itu saya juga lagi nyoba promo produk2 clickbank dengan cara tradisional ala saya yakni seo hehe.. blom berhasil sih :mrgreen:

Oya ingat jangan terpaku dengan network2 gede aja seperti clickbank,amazon dll. Coba juga cari2 ndiri program2 affiliate yang lain, banyak banget loh ternyata. Bahkan ada merchant yang buka program affiliasinya sendiri, ga numpang di salah satu affiliate network. Nah yang gini2 keknya lezat juga dipromo. Sapa tau kita sema bisa dapet hasil yang baik. Saya sih dah nyoba terus nyari2, kadang ditolak, kadang belum ditolak dah mundur karena takut ditelpon bule untuk konfirmasi :mrgreen: dan kadang juga berhasil nemu dan berhasil daftar.

Ini salah satu bukti bahwa komisi affiliate marketing bisa didapat dari mana saja.

FA1st

Selanjutnya saya setahap demi setahap pengen lebih serius belajar affiliate marketing, 3 hal yang sangat ingin saya pahami berikutnya adalah :

1. List Building (hare gene baru belajar list building??? maklum katrok. lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali huehehe :mrgreen: )
2. Trafik berbayar
3. Trafik non SEO

Tetap semangat teman-teman 😀

8 comments… add one

  • Waduh, saya sama sekali ndak ngerti nih cara2 nyari duit diatas, taunya cuma google adsense. Itunya setelah 4 tahun lebih baru sekali saya dikirimin cek, dan ternyata cara pakai cek itupun sudah jadul 😀

  • Tp kyknya klo bukan network gede sedikit meragukan, takutnya nipu gan,wkwk

  • yudi

    @ wira :
    wah pak wira kan aktivitasnya berbeda. yang penting tetep ngeblog wir 😀

    @ jual batik gaul :
    nipu si pasti ada aja, tapi buktinya saya dibayar tuh diatas hehe..

  • wah sudah layak diwawancara di kik endi mas. soalnya dirimu total sampe nama anaknya aja adsenandra! haaaaaa.. kereeen!

  • yudi

    @ ndop : hahaha sumpah ga pantes, nek diwawancara pencari kerja baru cocok ni biar ga nganggur2 ga jelas 😆

  • izin menyimak dulu nih :)

  • Mantep ceritanya mas
    sy juga dulu maen amazon tapi setelah pinguin dll datang jadi lebih susah
    dari awal sy bermain manual karena ga pernah sukses kalau pake auto, selain amazon sy juga nyoba cj tapi sayangnya disana lebih susah dapet advertisernya karena banyak yg review manual dan kebanyakan auto reject kalau buat user Indo :(

  • Asli tuh nama anaknya mas, Adsenandra? hehe
    kreatif banget, acung 2jempol dech. :)

Leave a Comment