Jurus (bukan) rahasia mencari niche keyword

Yang demen mainan blog buat cari duit, yang suka pasang iklan payperclick, yang haus trafik, yang kurang kerjaan ngincer trafik asal-asalan, yang hobi nge download video panas :mrgreen: atau sapa aja yang bergelut di dunia make money online pasti dah pada ngerti bahwa riset keyword alias menganalisa kata kunci adalah sesuatu yang tidak bisa dilepaskan dari kegiatan mereka.

Kali ini pengen nulis aja di blog sesuatu yang rada berbau sharing apa yang selama ini saya pelajari dan lakukan ketika melakukan analisa kata kunci. Kata orang-orang sih, sharing is caring, start sharing not selling, santan kelapa harus disharing dan lain sebagainya (jayus) :mrgreen: Oke, langsung aja,

1. Ide
So pasti awalnya selalu dimulai dari sebuah ide. Pengen buat website/blog tentang topik apa sih. Masak memasak? Berkebun? Video Game? Ramalan bintang? Olahraga? Kesehatan? Gosip? Seni?Otomotif? Dan jutaan bahkan triliunan topik yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Pokoknya biarin deh imajinasi, hayalan atau whatever namanya melayang layang di pikiran. Catat dulu awalnya, masalah ntar dipake atau enggak belakangan.

Lalu ada pencarinya ga? Nilai per-kliknya besar ga? (kalo main adsense n something like that) Saingannya banyak ga? Waduh coy, ga sah mikir sampe sana dulu, pokoknya pilih-pilih aja terlebih dahulu. Nanti repotnya belakangan aja :mrgreen: Ini baru nentuin ide, belum ke riset keywordnya. Seperti yang saya tulis diatas, jumlah ide hampir pasti ga bisa dihitung. Ada begitu banyak topik yang bisa diambil sebagai bahan untuk membuat situs/blog. Kadang yang banyak malah lebih ngebingungin daripada milih yang sedikit kan!? 😀

Ebook panduan untuk mencari ide bisnis internet ada sih. Ditulis sama blogger terkenal pula. Disitu diajarin gimana cara mudah menemukan topik untuk situs/blog anda. Kalo pengen baca panduannya, segera aja meluncur ke tkp untuk ngedapetin ebook instant internet bussiness ideas. (Sori gan, numpang promo link affiliasi dikit :oops:)

Nah bagi yang suka gratisan, ga usah kuatir. Namanya juga sharing, pastinya gratis donk. Ya ga 😀

Tehnik melihat yang ada di sekitar kita
Gampangnya, tinggal perhatikan aja benda-benda di sekitar anda. Misalnya kasur, bantal guling, nah langsung dapet ide kan, buat aja situs tentang bedding. Banyak tu yang nyari, pengiklannya juga ga kalah banyak sama calon pembelinya.

Liat di cermin, waduh ternyata wajah anda cantik kayak Julie Estelle, tapi ada setitik jerawat yang mengganggu keindahan. Nah, dapet lagi kan ide! 😀 Buat aja blog tentang jerawat, cara perawatan, pencegahan, dan sesuatu yang berhubungan dengan jerawat.

Masih kurang contohnya? Coba perhatiin halaman rumah. Wow! Mama lagi berkebun. Nah lagi-lagi nemu ide, buat aja situs tentang gardening.

Udah dapet kan poinnya, saya yakin semua juga bisa nemu ide dengan cepat sekarang 😀

Tehnik nyontek di Amazon, CJ, Wallmart dsb.
Kalo tehnik ini saya yakin dah pada tau kan. Banyak yang udah share cara ini. Saya ulang aja ya, biar panjang postingannya hehe..

Caranya adalah dengan mengambil ide dari situs semacam Amazon, Commission Junction, Wallmart dsb. Simpelnya, tehnik ini sebenernya sama aja seperti tehnik melihat keadaan sekitar kita, hanya kali ini kita ngeliatnya di internet. Langsung aja deh skrinsyut :

Ide dari melihat ragam advertiser di CJ

berbagai macam ide yang bisa didapat dari Amazon

Ngintip wallmart buat nyari ide

Nah ada banyak departemen dengan sub halaman yang bahkan lebih banyak lagi. Tinggal pilih-pilih aja mana yang kita sukai dan tampaknya menarik untuk dijadikan topik situs yang akan anda kerjakan.

Google Product Ideas
Nah bagi yang demen mainan micro niche atau malah fans berat tehnik adsense John Xfactor, maka metode yang satu ini pasti sangat cocok untuk anda. Caranya sangat simpel, yaitu silahkan menuju ke halaman google products. Nanti akan langsung tertera dibawah kotak pencarian nama-nama barang yang bisa anda gunakan sebagai topik situs. Catat saja terlebih dahulu. Masalah pilih-pilih keywordnya akan ditulis belakangan okey..

Diatas terlihat banyak sekali ide produk yang bisa kita ambil. Masih kurang? tinggal refresh browser anda, maka google product akan menampilkan barisan list produk lainnya yang tentu saja bisa dijadikan topik untuk situs/blog 😀

2. Keyword Research alias riset kata kunci.

Ada banyak sekali metode untuk melakukan riset kata kunci. Tinggal tentukan salah satu metode yang anda sukai. Kalo ditanya yang yang paling bagus maka saya akan menjawab “ga tau” secara bukan master SEO, cuma pengen sharing aja apa yang saya lakukan selama ini 😳

Misal pake metodenya John XFactor, yaitu tujuan utamanya adalah menemukan keyword based on product. Jadi nanti nama2 produk tersebut beserta turunannya akan dipakai sebagai keyword yang akan dibidik dan sebisa mungkin akan menggunakan kata kunci tersebut sebagai nama domain.

Contohnya ya kita pakai cara melihat google products diatas. Setelah menentukan mana kata kunci, misalnya aja “left handed guitar”, tinggal masukkin aja kata kunci tersebut di google keyword tool external

Centang “show estimated average CPC” dan pada menu dropdown pilih “exact”

(klik untuk memperbesar)

Lalu pilihlah keyword yang sekiranya menurut anda banyak pencarinya. Angkanya relatif, ada orang yang sukanya ngincer keyword yang pencarinya diatas 10K namun ada juga yang cukup senang menemukan kata kunci yang pencarinya 1000. Terserah, suka-suka yang milih :mrgreen:

Lalu sekarang lihat saingannya

Buka google.com, lalu ketikkan kata kunci yang anda pilih.

Lagi-lagi ada berbagai macam pendekatan untuk menganalisis saingan, berikut diantaranya :

– Menggunakan tanda petik dan angka saingan

Penganut aliran ini percaya bahwa apabila angka saingan menunjukkan angka yang semakin kecil maka akan semakin baik untuk diambil keyword tersebut. Jumlahnya biasanya dibawah 20K, 10K (lagi2 angka relatif)

– Metode melihat situs2 yang tampil di halaman pertama

Cara ini akan lebih mudah bila kita menginstall seoquake pada browser FF. Angka disini bukan patokan, namun yang dilihat adalah backlink dan pagerank halaman situs yang tampil di halaman 1.

Jika dirasa saingan di halaman awal make sense untuk diajak bersaing maka ambil keyword tersebut.

Okeh demikianlah kira-kira sekilas cara mencari niche keyword. Patokan angka, jumlah pencari dan lain sebagainya semuanya relatif. Ada yang bilang susah dengan angka tertentu, begitu pula ada yang bilang mudah. Intinya adalah praktek aja dulu trus tes sendiri. Mana metode yang sekiranya cocok untuk masing-masing.

Yang saya tahu adalah bahwa :

– Situs di halaman 2, 3 dst belum tentu ga dapet trafik, karena seringkali saya telusuri melalui feedjit saya lihat banyak pula pengunjung yang datang dari search engine walaupun halaman situs berada di halaman 5 dsb.

– Walau Saingan berjuta-juta bahkan puluhan juta, bisa saja situs anda nangkring dengan manisnya di halaman pertama. Bahkan ketika keyword tersebut tidak anda incar sebelumnya :mrgreen:

– Tidak berhasil menduduki halaman pertama di search engine belum tentu ga dapet trafik, karena pengunjung bisa saja datang dari kata kunci yang tidak anda duga sebelumnya.

Dan lain2 dan lain2 dan lain2, saya masih terus belajar 😀

Kalo ada kesalahan mohon dikoreksi, demikian postingan kali ini. (walau dibuat dalam keadaan sedih karena Italia tersingkir di babak penyisihan grup piala dunia 2010 :-(  )

13 comments… add one

  • makasih banyak atas tipsnya pak guru ^^!
    saya jadi tambah ilmu nih 0_0

  • muantappppp nih tips nya skor +10 deh buat mas yudi

  • pilih topik yang lagi hot

  • Wah,mksh y pak… Tips2nya,bs jd tambah pngetahuan neh!…

  • Mas Yudi Tukeran Link dunk, link mas Yudi udah saya pasang neeh di blog saya silakan di cek mas, matur nuwun 😀

  • sip. tipsnya sangat berguna, terutama bagi pemula sprti saya.

  • thanks atas ifona ya pak guru… skali2 mampir donk di blog saya, dan tentunya minta panduanya,, thanks for my teacher

  • Terima kasih Infonya sangat membantu sekali…

  • siip nilai dari artikle ini +10

    thanks

  • waw … bisa di coba nih … makasih infona … salam kenal

  • mantep,saya simak sampai akhir… trim’s share-nya

  • aswind

    wah tambah ilmu baru mas yudi, maklum pemula mkanya masih perlu banyak belajar, slalu bagi bagi tipsnya ya, ooopps salam kenal n, matur tq

  • makasih infonya gan

Leave a Comment