Jangan remehkan celengan

Anda suka uang receh? kalo saya asli suka bangeet.. (secara emang punyanya cuma receh hehe.. :mrgreen: ) Kalo inget receh pasti inget celengan juga donk πŸ˜€ Dulu waktu kecil pasti banyak yang suka nabungin uang 25, 50 atau 100 rupiah di celengannya masing-masing. Piggy bank, begitu kalo orang afrika tenggara bilang. Bener juga yah, mereka bilang Piggy bank trus kita bilangnya CELENGan, sama artinya berasosiasi dengan binatang yang sama πŸ˜† Kalo saya sih nabungnya di chicken bank waktu kecil hehe.. :mrgreen:

Trus ketika bro udah mulai berkumis dan berjanggut atau ketika sis udah biasa di-apel-in cowo tiap malam minggu, apakah masi suka masukin duit ke celengan? Mungkin ada yang jawab iya dan ada yang udah tidak lagi, namun percayalah, bahwa menabung di celengan itu asik juga loh. πŸ˜€ (walau lebih enak di bank karena ada bunganya dan ga ada resiko dicungkil adik pake gagang sendok :mrgreen: ) Nabung di celengan kan ga mesti pake uang logam, bisa aja kita masukin pecahan seribuan, lima ribuan atau bahkan malah 50 ribuan. Biasanya kalo habis pergi jalan-jalan kan di kantong celana ada uang kembalian yang kadang tidak dimasukkan ke dompet, nah daripada ga sengaja dicuci si mbok atau habis ga keruan dipake jajan, kan lebih baik dimasukin celengan aja πŸ˜€

Misal, berangkat kuliah saya sarapan dulu di warteg, trus uang kembaliannya kucel banget. Kadang males kan masukin ke dompet seribuan lecek. Nah tampung dulu di kantong celana πŸ˜€ Lalu, pulang kuliah beli koran dulu, kali ini kembaliannya habis dipake ngelap keringet sama loper korannya, nah terpaksa tampung lagi di kantong celana πŸ˜€ Trus fotokopi dapet kembalian Rp.700 pake uang logam, tampung lagi. Kembalian parkir juga ikut ditampung dan seterusnya πŸ˜€ Sampai di rumah, uang-uang halal tersebut segera masukkan ke celengan. Dengan asumsi peristiwa-peristiwa yang hampir serupa terjadi setiap hari maka hitung aja sendiri berapa uang β€œreceh” yang bisa terkumpul di celengan anda. Lumayan kan kalo celengan tersebut β€œdibedah” tiap awal bulan. Dapet gaji tambahan deh πŸ˜€

Misal tiap bulan terkumpul 25 ribu hingga 100 ribu kan lumayan banget buat anak kos, bisa dipakai beli sabun, odol, deterjen tanpa perlu ambil uang saku atau tabungan. Asik juga kan punya celengan πŸ˜€

17 comments… add one

  • Kalau aku celengannya berupa tas, jadi sewaktu-waktu bisa diambil, hihiih.

    Udah dapet lumayan, bisa buat nimpuk maling sampai klenger.

  • iyaaah, duit receh ternyata buanyaaaaaak loh kalo dikumpulin… celenganku ganti2…kadang yang dari kaleng, kadang dari plastik…yang jelas, smua celengan itu harus bisa dibuka, hiihi jadi sewaktu2 perlu uang receh, bisa diambil…

  • aku punya “celengan” gitu juga, disimpen di botol bekas vitamin πŸ˜€
    ya lumayan sih.. gak nyadar soalnya hahahaha.. tiba2 aja dah berat..

  • Wah kalo celengan saya adanya di perut neh mas, hehehe

  • wahhh… kalo punya ku celengannya berupa dompet.
    he..he..hee….

  • waduh, saya akhir2 ini jarang meriksa duwit..

    *lebih sering meriksa blog… sama plurk*

  • hehehe… kalo saya nabung di dompet saya yang lain dan uangnya dipilih yang kenceng2. Kalo dapat uang lecek malah saya prioritaskan untuk segera dipakai :)

    Kalo dapat recek seringkali kepake kok.. secara saya masih naik motor.. kemana-mana kalo parkir bayar pake receh sejumlah Rp.500,-

  • wakakaka..meskipun saya sudah hampir lulus kuliah, tapi saya juga suka menabung uang receh…hihihhi..tapi uang 500an loh…bukan uang 100an…beda dikitlah ama anak kecil..wekekekeke..:P

  • tul banget, berguna banget buat anak kos. contohnya sekarang nih Panda lg ngenet abis njebol celengan. wkwkwkwkwk

  • Saya dulu sempat konsis nyelengin semua jenis recehan sepanjang beberapa bulan. Hasilnya ternyata lumayan juga. Cuma karena waktu itu penghasilan murni dari kiriman ortu, jadi pas tanggung bulan pasti dibongkar deh celengannya. Gak jadi numpuk, yg ada tiap bulan selalu aja bongkar celengan. :)

  • dulu sempet punya celengan, pas penuh isinya hampir 200 rb, bingung buat apa, buat shoping di mall berat bawanya (suer berat banget he he he)

  • aku dulu suka celengan yang pake gembok,
    jd kalo uang jajannya lagi abis ato pengen jajan banyak bisa diambilin xixixi πŸ˜†

  • kalo celengan gak pake an… perlu di remehin gak bos? πŸ˜€

  • Tabungan saya di botol mineral 1.5L, kemaren di bongkar dapet 300.000 isinya 500an ma 1000an. Ternyata lumayan yah dari sekedar iseng. Lalu yang jadi masalahnya adalah bingung mo diapain itu duit.

  • iya tuh aku dulu suka gitu…se omplong cm 30 rb tu sudah full…wkwkwk

  • @ 2mk
    yang dicelengi batu aja mas, biar malingnya semaput langsung di tempat πŸ˜†

    @ audy
    tul tu πŸ˜€

    @ OktaEndy
    saatnya dibongkar πŸ˜€

    @ Paman Gober
    berarti ngambilnya lewat jalur belakang donk mas :mrgreen:

    @ herry
    hehe biar gampang ambilnya yah

    @ ndop
    ga mikirin duit donk πŸ˜€

    @ ipung
    yang lecek yang pertama keluar dari dompet πŸ˜€

    @ Andre
    sama donk πŸ˜€

    @ panda
    celengan siapa tuh :mrgreen:

    @ Ecko
    perlu dibudayakan konsis nyelengin :-)

    @ bluegreen
    logam semua yah πŸ˜†

    @ nyssa
    kalo kunci gemboknya ilang piye πŸ˜†

    @ baladika
    perlu digorok kalo yang itu :mrgreen:

    @ @del
    wow buanyak ngumpulinnya πŸ˜€

    @ rie
    lumayanlah pake beli gado-gado :mrgreen:

  • patss

    ohh..gitu.

Leave a Comment