Iri pada manusia

herculesBila anda adalah penggemar serial hercules mungkin anda pernah mendengar si manusia setengah dewa berucap “para Dewa hanya iri pada manusia karena manusia tidak hidup abadi seperti mereka”

Mas hercules bilang gitu mungkin ada benarnya juga. Bayangin aja bila kita hidup terus terusan ga bisa matek kayak Duncan MacLeod si highlander, pasti bosen kan. Iya kalo kita hidupnya seneng terus ya gpp mungkin, trus gimana kalo kita hidupnya sedih sepanjang masa trus ga bisa ko’it. wah ga la yaw.
 

Tapi ko bisa-bisanya Dewa iri sama manusia yang kadang serba terbatas ini. Pertanyaan itu yang saya pengen tanyain sama mas hercules yang ganteng nan perkasa itu. Dewa kan bisa magic, bisa macem2 yang ga di-bisain manusia. Trus kenapa ko iri pula sama manusia..!?? Karena film hercules ga ada tim supportnya, jadi saya harus nebak nebak sendiri gimana sih maksud pernyataan si hercules tadi.

Setelah saya renungkan mungkin ga ya kalo si Dewa tu ngerasa iri karena dia pengen tau gimana rasanya matek (halah ngawur banget ya). Tapi masuk akal bukan kalo kita suka pengen sama sesuatu yang kita ga punya, tapi begitu kita punya kita malah ga begitu antusias lagi. Manusia juga iri kan sama Dewa yang bisa hal-hal yang manusia ga bisa, apalagi cowo2 dan cw2 yang pengen punya pacar,  pasti pengen banget punya panah asmara si cupid yang mematikan eh salah men”cinta”kan itu. Trus knapa Dewa iri sama manusia, padahal manusia juga iri sama Dewa. Andai kita bisa sedikit lebih bersyukur atas karunia yang telah dilimpahkan kepada kita, pasti rasa iri itu akan sirna dengan sendirinya.

Sekarang saya membayangkan waktu kecil dulu saya pengeeen…..banget bisa beli coklat yang banyak karena saya memang suka coklat,  karena saya tidak punya uang maka impian saya untuk beli coklat yang banyak pun tak kesampaian pada waktu itu. Sekarang saya bisa membeli coklat kapan pun saya mau, tapi anehnya walau hingga sekarang saya masi suka coklat namun ko saya jadi ga begitu pengen beli coklat yang banyak lagi seperti dulu.

Contoh lain lagi, kadang :

  • kita akan merasa seseorang begitu berharga setelah ia tak ada lagi
  • ketika kita lapar sekali, makanan yang bisanya kita ga doyan pun akan terasa enak
  • waktu kita diberi libur panjang kita malah bosen dan pengen sekolah<kadang2 :-) >
  • pas kita sekolah kita pengen libur
  • anak2 gelandangan banyak yang ingin sekali bersekolah
  • anak2 yang berada malah pengen sekali berhenti sekolah karena malas

Aneh kan, kadang kita suka sesuatu yang orang lain malah ga suka dan kita benci sesuatu yang kadang orang lain malah suka. Manusia ga pernah puas, begitu banyak orang bilang. Namun kita bisa belajar bersyukur, mensyukuri segala kelimpahan yang diberikan kepada kita. Rasa tak pernah puas tentu bagai koin yang punya dua sisi. Di satu sisi itu bisa menambah semangat untuk mencapai prestasi atau pencapaian tertentu, namun di sisi lain itu membawa hal yang negatif karena membuat manusia mengeluh akan kekurangannya. Kesimpulannya adalah kita harus pandai menyikapi rasa “tak pernah puas” kita.

Kembali ke mas hercules, pastilah dia orang yang paling puas sedunia. Manusia kan iri sama kemampuan Dewa, sedangkan menurut hercules, Dewa malah iri sama manusia. Jadi dia ga usah iri donk. Kan dia setengah Dewa setengah manusia :-)  Puass…Puass… mas tukul bilang.

Selalulah berusaha mencapai sesuatu yang tinggi  namun Bersyukurlah selalu

2 comments… add one

  • karena kesulitan dan tantanganlah yg membikin hidup lebih hidup. saat ini saya sedang tertantang gimana caranya jadian sama zaskia mecca

  • ha..ha..semoga berhasil mas.
    sepertinya perangai anda harus lebih kalem kalau serius mau jadian sama zaskia mecca :-)
    btw, dian dah lupa yah he…

Leave a Comment