I think I’m in love with affiliate marketing

Selama ini paling demen mainan adsense karena ga ribet, tapi semenjak dapet sale hanya dengan membuat affiliate minisites sederhana akhirnya tiba2 saya mulai mikir Asyik juga nih model monetize kayak gini, trepik ga perlu banyak2 tapi potensial menghasilkan sale. Modalnya cukup keyword research dan pesen presell artikel yang sekiranya bisa mengkonversi pengunjung menjadi buyer.

Teknisnya hampir sama kayak bikin blog yang dimonetize dengan adsense, hanya saja bedanya hanya pada pemilihan keyword dan artikel yang tujuannya untuk menghasilkan penjualan. Spin artikel keknya kurang bagus, kalopun bisa menghasilkan saya nebaknya ga bakal tinggi konversinya. Untuk masalah konversi masih perlu banyak belajar dan testing nih, gimana biar konversinya makin tinggi, bagaimana agar pengunjung tertarik membaca lebih jauh dan mengklik link affiliasi, dsb.

Berikut adalah hal2 yang saya lakukan ketika membuat affiliate minisite :

1. Tentu saja diawali dengan bergabung di affiliate network. Ternyata di dunia ini ada begitu banyak affiliate network yang bisa kita pilih untuk bergabung. Sebagian menerima pendaftaran dengan seleksi yang ketat namun banyak juga yang autoapprove. Pilih aja yang daftarnya ga pake ribet dan bayarannya ga rumit. Kalo saya seneng ama affiliate network yang ada pilihan pembayaran dengan paypal. Yang menarik, komisinya rata2 tinggi, berkisar antara 30% hingga 50%, mirip2 clickbank ya padahal ini produk fisik loh. Bandingkan dengan Amazon yang komisinya makin besar jika kita menjual makin banyak produk. Pernah saya jualan gergaji mesin lewat amazon yang harganya 699 Euro tapi komisinya lebih rendah dari komisi saya jualin diet pills seharga $69 😀

Cara nyarinya coba search di OfferVault, nanti ada keterangan lengkap sebuah produk dan dimana kita bisa mendaftar sebagai affiliate. Misal produk diet yang bernama African Mango yang bisa anda promosikan bila bergabung dengan markethealth.com.

2. Riset keyword. yah kalo yang ini semua keknya udah pada punya metode masing2 kali yah. Standar lah cari keyword yang kira2 kita anggap cukup masuk akal untuk bersaing di page 1. Kalo saya ambil yang pencarinya dikit ga masalah, asalkan kata kunci tersebut buyer keyword atau paling tidak mengandung nama produk tersebut. Misal mempromosikan weight loss products semacam capsiplex atau phen375. Keyword2 semacam Buy capsiplex, phen375 customer reviews, capsiplex scam, dan semacamnya. Anda pasti lebih tau lah 😀

3. Pesen artikel. Bisa anda pesan di penulis artikel favorit anda. Kalo saya sih ga nguber keyword banget, kwd density 1% aja, kaidah2 SEO OnPage juga ga terlalu kaku, yang saya pentingkan ketika memesan adalah tulisannya menarik dan bisa mempengaruhi visitor untuk membeli barang yang sedang saya promosikan.

4. Buat blog dan promosikan. Kalo bagian yang ini panjang banget kalo ditulis dan kayaknya temen2 yang baca udah pada mahir dengan metodenya masing2.

Yah mungkin gitu kali yah sedikit garis besar yang saya lakukan dalam membuat affiliate minisite. Saya berencana membuat lebih banyak blog model seperti ini. 3 bulan kedepan kayaknya saya akan belajar penuh di monetize model seperti ini. Semoga aja hasilnya baik 😀

0 comments… add one

Leave a Comment