GAGAL NO MORE

Judulnya aneh ya :mrgreen:

Apakah cita-cita/tujuan/goal anda saat ini? Saya yakin jawabannya sangat beragam, mungkin saja jawabannya adalah lulus kuliah dengan IPK tinggi atau bisa berkeliling Eropa sebelum umur 40. Mungkin juga ingin membentuk keluarga kecil bahagia atau menjadi seorang gubernur daerah anda pada periode berikutnya dan sebagainya. Diantara berbagai jawaban tersebut, saya yakin banyak diantara anda menjawab โ€˜meningkatkan kesejahteraan menjadi lebih baikโ€™ (baca : meningkatkan penghasilan, baik dengan mencari pekerjaan yang lebih baik, membuka usaha, atau mungkin juga mencari uang tambahan yang banyak dari internet ๐Ÿ˜€ )

Pasti teman-teman banyak yang sedang dalam usaha โ€˜make money onlineโ€™ sehingga mengorbankan banyak waktu senggangnya untuk belajar dan praktek mencari uang di internet. Saya pun demikian, karena masih newbie banget maka saya mesti banyak belajar dan memperbanyak praktek. Saya sering mengunjungi blogblog yang memberikan tips tips seputar mencari uang di internet. Banyak dari master-master di Indonesia yang membagikan ilmunya untuk newbie-newbie semodel saya, saking banyaknya informasi maka seringkali kita malah kebanyakan baca tapi jarang mempraktekkannya. Bila kita tidak praktek maka tak akan pernah ada hasil, dengan kata lain kita akan gagal bila tidak praktek.

Pastinya kita semua tidak ingin gagal bukan? Apa saja penyebab kegagalan tersebut? Apabila kita tau penyebabnya maka kita akan lebih waspada menghindarinya serta mencari solusinya. Berikut beberapa penyebab kegagalan dalam mencapai tujuan :

1. Kurangnya keyakinan bahwa tujuannya akan berhasil.

Bolehlah apabila orang lain menganggap bahwa tujuan kita mustahil tercapai, namun bila kita sendiri sudah menganggap tujuan kita mustahil tercapai maka celakalah kita, karena kemungkinan untuk berhasil akan seketika musnah. Bila tidak yakin maka kita akan melakukan pekerjaan dengan asal-asalan dan tidak bersemangat. Hasilnya sudah dapat ditebak akan tidak memuaskan juga. Maka pertama tama, yakinlah bahwa kita juga bisa mencari tambahan penghasilan lewat internet seperti orang lain yang sudah berhasil sebelumnya ๐Ÿ˜€ Saatnya berpikir positif

2. Tidak merasa harus

Apabila kita tidak merasa harus mencapai tujuan kita maka pencapaian tujuan tersebut akan berlangsung sangat lama. Misal saja kita menganggap bahwa make money online hanya iseng-iseng belaka, dapet hasil ya syukur, kalo ga dapet juga tidak apa-apa. Nah apabila sudah begitu maka sudah tentu kita akan lama sekali mendapat hasil seperti yang kita inginkan.

3. Tidak punya Strategi yang terbukti berhasil dan tidak punya mentor yang baik.

Itulah gunanya belajar dari mereka yang sudah berhasil. Apabila kita tau strateginya maka kita juga bisa melakukannya, atau kalo bisa malah menciptakan strategi sendiri yang cocok dengan kemampuan diri sendiri. Caranya ya dengan blogwalking ke blog-blog para master, singgah ke forum-forum, bertanya via chat dengan orang yang lebih mahir atau mungkin ikutan kursus ๐Ÿ˜€
Bertanyalah kepada seseorang yang sudah berhasil menyeberangi lautan, jangan bertanya pada seseorang yang tau teori menyeberangi lautan namun belum pernah melakukannya. Seseorang yang memiliki strategi akan jauh lebih terarah dalam mencapai tujuan dibanding orang yang ngasal aja ๐Ÿ˜€

4. Tidak Fokus dan mudah menyerah

Ini adalah sesuatu yang sangat berbahaya alias biang kegagalan. Bila sedikit-sedikit sudah nyerah, merasa semuanya terlalu sulit, maka akan susah untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Sebaiknya fokus pada bidang tertentu hingga berhasil mencapai tujuan.

5. Menyalahkan keadaan

Ketika seseorang sudah melakukan excuses (beralasan), seperti mengatakan saya tidak berbakat, saya gaptek, saya tidak mengerti internet dsb tanpa melakukan usaha untuk menutupi kekurangannya maka besar kemungkinan akan gagal. Lebih baik lakukan saja terlebih dulu sambil belajar dalam proses pelaksanaannya.

Ketika seseorang melakukan justify (pembenaran) misal mengatakan โ€œjelas saya tidak bisa seperti si A, wong dia punya background IT dan dekat dengan dunia internet serta modalnya banyak sekali, ya sudah pasti dia mudah melakukannyaโ€ Membenarkan keadaan dengan menutupi kemalasan adalah sesuatu yang dapat mengakibatkan kegagalan.

Ketika seseorang mulai blame (menyalahkan) keadaan, orang lain, keadaan ekonomi dsb maka kemungkinan kegagalan akan semakin terbuka. Ingat, kita bertanggung jawab atas diri kita sendiri. Lebih baik mulai belajar bersahabat dengan masalah ๐Ÿ˜€

Point-point terinspirasi dari buku Financial Revolution karangan Tung Desem Waringin, dengan mencocokkan dengan situasi make money online ๐Ÿ˜€

Walaupun judulnya No More gagal namun tak dapat dipungkiri bahwa kegagalan seringkali selalu ikut serta dalam proses mencapai kesuksesan.

Salam Dahsyat!! ๐Ÿ˜€

18 comments… add one

  • Ya mas bener sekali kita harus segera action jangan cuman menang di teori dan bicara saja ๐Ÿ˜€ tapi actionnya ga ada ๐Ÿ˜€

  • gagal no more, sukses yes please ๐Ÿ˜€

  • Salam sukses mas Yudi, benar neh kita harus action. Bukan cuma diam melototin ebook aja (kaya nya saya sendiri deh)

  • @ all
    setuju.. ๐Ÿ˜€

  • berarti kalo group musik FAITH NO MORE artinya ga mau punya keyakinan lagi ya. Smoga mksudnya keyakinan pada kegagalan :)

  • Wah wah gara2 abis baca postingan ini jd tambah semangat nih. Tadinya udah agak kendor semangatnya. Thanks mas ayo maju bersama semangaaatt!!!

  • kalo inget buku financial revolution itu saya selalu langsung ingat cara cepat kaya dengan cari calon suami / istri kaya ๐Ÿ˜€

  • wah.. gak bagus tuh mas jimmy. nanti kita gak punya power didepan istri.

  • Setuju bgt! No Action Talk Only harus dihindari sejauh mungkin kalo ingin berhasil. So, No Talk Action Only!

  • @ Tigis
    Faith No More saya taunya cuma lagu “easy” tuh ๐Ÿ˜€

    @ Tipis
    nah begitu donk…

    @ jimmy & chodirin
    ๐Ÿ˜† mas jimmy ada2 aja nih

    @ Ecko
    hidup action! ๐Ÿ˜€

  • Gagal? Sini kalo berani! Husss! Sana ah jauh-jauh… inget iklan itu yg lupa lagi iklan apa yang bilang kalo gagal adalah sukses yg tertunda. Anyway, salam kenal mas yudi :)

  • Betul sekali mas, kita harus berani bermimpi dan selalu berpikiran positif. Tanpa disadari alam akan merespon apa yang ada dipikiran kita dan menyalurkannya ke hal-hal yang membantu kita dalam mencapai mimpi tersebut.

    Sukses…!

  • Segala kemajuan yang kita nikmatin sekarang adalah hasil dari mimpi yang dibarengi usaha para pendahulu kita.
    So, mari kita bermimpi and take action…
    Salam kenal mas Yudi.

  • kebanyakan belajar malah bingung, ga belajar malah tambah bingung…hihi…keknya yg bagus sih fokus di satu topik dl…biar ga tambah bingung…CMIIW

  • @ hakimtea & waOnez
    salam kenal juga :-)

    @ @del
    the secret neh ๐Ÿ˜€

    @ bozz
    setuju bozz ๐Ÿ˜€

  • dare to fail!

    lebih baik mencoba dan gagal daripada gagal mencoba.
    kalau kita mencoba dan gagal, kita masih punya peluang untuk berhasil selama kita terus mencoba dan berani bangkit dari kegagalan.
    kalau kita gagal mencoba, maka satu-satunya peluang yang kita miliki adalah gagal karena kita memang tidak pernah mencoba.

    “success is not measured by how high we go up in life, but by how many times we bounce back when we fall down” ๐Ÿ˜‰

  • Ya betul tuh udah harus “gagal no more”

    Tapi sekarang kenyataanya kok aku malah “gagal again”

    hihihi…..sama aja ya ?

  • ga+ga+l= berhasil…………..?

Leave a Comment