EMD update tak selalu menyerang EMD

Dah pada tau pasti kalo akhir bulan kemaren Google lagi-lagi bikin kejutan dengan algo update yang dikasi judul “EMD update”, atau malah udah pada kena? :mrgreen: Banyak pemilik situs dengan EMD (exact match domain) mengaku mengalami penurunan serp yang sangat drastis bahkan menghilang dari top 100 hasil pencarian Google untuk kata kunci masing-masing.

Awalnya saya sama seperti yang lain yang menyangka bahwa yang diincar adalah situs-situs yang menggunakan EMD, namun setelah saya muter-muter di google dengan berbagai macam kata kunci, saya akhirnya menyimpulkan bahwa update kali ini tidak sepenuhnya menyasar EMD, namun menyerang situs yang overoptimize baik dari segi Onpage maupun Offpage seonya. Kebetulan yang berkategori seperti itu kebanyakan adalah EMD, situs yang habis2an nembak 1 kata kunci aja dan hampir semua aspek dalam situs tersebut mulai dari domain, title, deskripsi, tags, keyword density, H1, H2, H3, backlink, blablabla semuanya adalah sebuah kata kunci yang bisa “diintip” dari nama domennya 😆

Alex Becker dari source-wave.com menulis sesuatu yang menarik di searchenginejournal.com. Isinya kurang lebih adalah pendapat dia tentang update EMD kemarin. Masih inget tulisan saya kemaren yang menulis tentang sebuah situs EMD yang sangat “buruk rupa”, hampir tanpa konten tidak kena penalty dan anteng aja di posisi 1 untuk kata kunci incarannya? Hal yang menarik menurut Becker adalah bahwa tampaknya situs-situs yang terkena dampak algo update kali ini bisa saja adalah situs yang “hancur” kayak contoh di link diatas atau malah situs yang berkualitas namun tampaknya melakukan kesalahan overoptimisasi. Sedangkan situs-situs “nanggung” justru tidak kena. Nanggung dalam artian ga cukup tanda bagi google untuk menyatakan situs tersebut melakukan over optimasi. Mungkin pemiliknya ga begitu lebay mengoptimasi secara onpage maupun onpage :mrgreen:

Gimana tu contoh situs yang rawan kena sikut?

Misal kata kunci yang diincar adalah phen375 customer reviews, domainnya phen375customerreviews.com (ni situs masih nangkring loh diseputaran posisi 1-4 google US, jadi kebukti kan ga semua EMD kesapu 😀 ). Trus titlenya juga persis kata kunci, begitu pula dengan deskripsi, tag, H1, H2, H3, kata kunci dibold, dimiringkan, digarisbawah, kepadatan kata kunci sangat tinggi diatas 4% dan tentu saja dibacklink dengan 1 jenis anchor text saja, apalagi kalo bukan kata kunci yang sama.

Trus gimana cara mengatasi agar ga kena sabetan google?

Nah ini saya juga masih ngetes-ngetes, bagi yang tau boleh dishare disini, bagi2 ilmu kan dapat pahala hehehe..

2 comments… add one

  • woow dishare hasilnya ya mas, web saya beberapa juga kena tp ngga saya apa2in naik lagi sekarang… aneh

  • sama juga kaya punya ane, hari harini lagi di goyang mbahe…. :(

Leave a Comment