Denda bagi pemalas dan pendosa

Tertarik dengan postingannya mas zalukhu disini, maka saya tiba-tiba mengkhayal bagaimana bila Tuhan memberi denda untuk setiap detik yang kita sia-siakan atau kita gunakan untuk melakukan hal-hal yang tidak baik :mrgreen:

Misal, bila kita tertidur 5 menit tidak pada tempatnya, misalnya di kelas pada waktu kuliah maka kita didenda 300 (detik) x Rp.500,- = Rp.150.000. Jika pelanggarannya lebih berat misal merampok bank atau durhaka kepada orang tua, maka dendanya lebih berat lagi yaitu 50.000 rupiah/detik dihitung dari awal kita melakukan dosa hingga selesai :mrgreen:

Gimana? Berani seperti itu? Kalo saya sih ngeri banget, karena terus terang saya sebagai manusia yang tidak sempurna juga sering melakukan dosa :mrgreen:
Saya pernah mencontek, saya pernah memyewa film biru atau MP3 bajakan, saya pernah malas mengerjakan pr waktu sekolah dulu, saya pernah malas-malasan ketika saatnya belajar dan banyak lagi yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Tentu saja saya merasa bukanlah seorang yang suka melakukan dosa, namun tak dapat dipungkiri bahwa sesekali saya kadang melakukan kesalahan seperti contoh-contoh diatas. Dosa-dosa saya akan dicatat diatas dan akan saya pertanggung jawabkan nanti setelah kehidupan ini berakhir. Hukuman diatas sana tentu lebih berat dibanding β€œhanya” sebuah denda uang seperti yang saya khayalkan diatas πŸ˜€

Bila khayalan bodoh saya benar-benar nyata maka setiap manusia (terutama yang miskin-miskin model saya :mrgreen: ) pasti akan takut sekali berbuat dosa atau membuang-buang waktu. Selain takut hukuman di akhirat, juga takut nanti di awal bulan saldo rekening bank dipotong berdasarkan jumlah dosa yang dilakukan bulan lalu hehe :mrgreen:

Oleh karena itu marilah kita jangan membuang-buang waktu dan melakukan dosa karena siapa tau peraturan denda per-dosa akan diberlakukan dalam waktu dekat :mrgreen:

Alternatif lain yaitu, jadilah orang yang kaya dengan cara halal agar anda tidak kehabisan uang jika denda itu ditagih (hehe kalo ide ini asli ngawur πŸ˜† )

Sebaiknya kita jangan sia-siakan waktu kita di dunia yang sangat berharga ini πŸ˜€

35 comments… add one

  • betul mas waktu harus di manfaatkan sebaik2 nya tapi kadang suka teledor πŸ˜€

  • Asli merenung mas yud baca sampe tamat… denda…! kebaikan kita habis karena dosa nantinya, defisit, bangkrut, pailit… saking banyaknya dosa. Tapi pada dasarnya kita sudah bangkrut lho mas kalo terlalu banyak ngitung… mulai kita lahir sampe sekarang bisa ngeblog saja kalo dihitung-hitung ni’mat pemberian serta anugerah-Nya, niscaya benar-benar tidak bisa dihitung, kalaupun mau membayar atas ni’mat yg telah diberikan… jelas kita ga bisa membayar… hanya rahmat-Nya yang bisa membuat kita kembali tersenyum dihari nanti. Namun untuk mendapat rahmat-Nya itu yg susah, kadang malah kita kembali membelakangi-Nya, tidak mau tunduk atas keputusan-Nya, tidak mau mengikuti hukum-Nya. Merasa hukum produk manusia lebih bijaksana, lebih adil, lebih bagus dari hukum Tuhan.

  • alternatif lainnya itu bagus banget, jangan sampe tabungan kita malah minus dan akhirnya jadi punya utang banyak gara2 bikin dosa πŸ˜€

  • @ Tony
    iya, sering saya malah :-(

    @ hakimtea
    makasi komennya mas πŸ˜€ jadi merasa keciiiiil banget dibandingkan denganNya
    bener juga yah, begitu banyak nikmat yang dilimpahkanNya, sudah sepantasnya kita mematuhi segala perintahNya :-)

    @ jimmy
    betul juga nih mas jimmy πŸ˜€

  • Sebaiknya semua kesalahan dan aib kita rahasiakan dr org lain. Demikian jg aib dari saudara2x kita. Insya Allah aib kita tdk hanya dirahasikan oleh Nya, tp jg diampuni. Amin.

    btw, yg repot di singapur kali ya. Buang sampah didenda berat ama pemerintah, dapet denda pula dari Tuhan :)

  • Jadi Manusia yang berguna bagi orang lain aja mas yudi πŸ˜€ hehehehe meskipun waktu terbuang kalo untuk bantu orang. Why not ?? hehehehe

  • setuju……emang si waktu susah di aja kompromi?

  • Saya sering malas isi konten blog.. itu dosa juga ga ya πŸ˜€
    Setuju banget, membuang waktu sama saja membuang kenyataan (saat ini) dan masa depan… apalagi kalo ga pernah memanfaatkan waktu untuk sekedar bersyukur.. ouch.. hidup lama pun rasanya ga ada artinya πŸ˜€

  • wah kalau denda itu memang di terapkan bisa…bisa saya ini banyak e=melakukan tuh berpa yang denda ku????

  • waktu adalah uang…kalo menyianyiakan waktu berarti menyianyiakan uang πŸ˜€

  • kalo download software bajakan dosa gak yah … hmmmm, secara harga software di indo harganya pada gak masuk akal semua … :)

  • menurut saya waktu bukan sekedar uang, tapi kualitas,
    makin waktu bertambah, seharusnya makin bertambah pula kualitas hidup terlebih ibadah kita πŸ˜›

  • @ Tigis
    singapur emang menerapkan hukum manusia secara ketat ya

    @ bocah
    setuju deh mas bayu, tapi nolong orang bukan buang2 waktu loh, bisa dapet pahala πŸ˜€

    @ bocahiseng
    ho..oh..

    @ ipung
    mari bersyukur πŸ˜€

    @ Pencuri Kode
    saya juga pasti banyak denda mas :mrgreen:

    @ persikers
    setuju mas harry πŸ˜€

    @ Supermance
    susah jawabnya, saya juga iya soalnya.
    kembali ke diri sendiri aja deh :-)

  • @ Bumi & Langit
    nice comment πŸ˜€

  • hwek… di itung2… mentang2 anak IPA niy… hiks…hiks…

    *kaburrrr*

  • iyaaah yuuud, justru kita banyak banget melakukan hal-hal yang ga bener tanpa kita niat jahat, kayak tertidur di kelas (kan ga niat jahat yaaah…tapi ga bener juga kaaan) kalo hal2 itu dikumpulin…wuiiii banyak banget d… Banyak2 d kita bersyukur dan mohon ampun pada Nya. :)

  • waduuh,,kalo sehubungan dengan mp3 bajakan dan pilem bajakan ituh yud, dosa saya brarti banyak banget yak,, menggunung kali ya.. hmm kapan ya bisa tobat dari sharing mp3 bajakan..

  • @ masenchipz
    saya bisanya cuma itungan dagang sayur ko :mrgreen:

    @ audy
    setuju nih sama si cantik audi πŸ˜€

    @ ika
    sama mbak, dosa saya selangit kalo masalah MP3 bajakan :-(

  • tul yud lebih parah lagi …berkaitan dg rejeki πŸ˜€

  • klo itung2an nya bgitu..
    kira2 bagaimana timbangan kita di akhirat nanti??
    lebih berat kemana?
    amal sholeh ato amal salah??

    jd inget kata2 ustadz Arifin Ilham..
    bahwa hidup adalah bukan hitungan umur, tapi hitungan dzikir, hitungan amal…

  • Weh enakan yang kaya dong, kalo yang miskin kaya kita mau ga mau harus disiplin. Tapi bagi orang kaya bakalan semena-mena deh… buang2 waktu

  • makanya gk usah perhitungan bgt sama ALLAH, kl ALLAH balik perhitungan ama kita bisa nyahoook. contohnya aja udara yg kita hirup dengan gratis tiap hari ini tiba2 sudah tidak gratis lagi. belum nikmat yang lain, kesehatan, rejeki, keluarga, anak, istri dll. sepertinya aku pernah nulis yg mirip topiknya, dimana ya, ntar dicari dulu ….. ketemu hehe, titip link ya mas DISINI πŸ˜€

  • @ rie
    rajin pangkal …. :-)

    @ oRiDo
    berbuat sebaik-baiknya buat nanti deh πŸ˜€

    @ Putra eka
    tu dia mas eka, ga enak di yang miskin :-(
    untung ini cuma khayalan ngawur

    @ tipis
    iya mas tipis, yang diatas udah baiiikkk banget sama kita yah πŸ˜€
    thanks diingetin lagi πŸ˜€

  • Betul sekali mas yudi..berbuat kebaikan saja masih banyak yang harus dilakukan dan nggak habis2 itu kebaikan …..apalagi mau berbuat keburukan..jadi udah nggak sempat terpikir untuk berbuat keburukan

  • Bisa tekor nich itungannya…hehehhe

  • waduh, jangan dihitung seperti itu donk…
    kan saya juga termasuk pemalas dan pendosa…

  • Wkwkwwkwkw asli idenya boleh juga hehehe

  • hmm, denda? bole ngutang ga? ini aja tagihan epon masi belon sanggup bayar, apalagi kalo denda dari Tuhan huhuhuhu… untung Tuhannya ga jahat ky Yudi *kaburrrr*

  • wah gawat tuh amir !!!!

  • Betul mas beramallah sebanyak yang kita bisa mumpung masih diberi waktu untuk melakukannya. Karena kita adalah blogger maka marilah kita beramal lewat blog kita masing2…he…he…

  • bagaimana yah kalau di banned?
    gak di banned aja sudah minus, apalagi kehilangan kesempatan berbuat baik :)
    bisa tekor aku….
    hiks :)
    salam kenal Mas Yudi…
    mampir2 ke blog saya yang masih baru…
    baru belajar nih :)

  • @ Diah
    betul mbak πŸ˜€

    @ windra
    bangkrut malah :mrgreen:

    @ sapimoto
    saya juga nih :-(

    @ Zalukhu
    semoga ide ini selamanya hanya khayalan :mrgreen:

    @ fenny
    *lari2 ngejer fenfen

    @ Artha
    apa yang gawat yah? πŸ˜†

    @ Jimmy Kurnia Indradjaya
    mari kita berbagi πŸ˜€

    @ BlogicThink[dot]com
    salam kenal juga πŸ˜€

  • Waaaaa, saya gak mau kalau begitu aturannya. Lha wong saya itu tidur di siang bolong dan melek di malam hari sampe pagi? Tar earning saya malah gak cukup buat bayar denda. πŸ˜€

  • @ Ecko
    untung cuma khayalan ya mas πŸ˜€

  • kalo bangun kesiangan & telat ngantor gara2 malemnya begadang ngerjain IM, dosa gak ya? :mrgreen:

Leave a Comment