Deja Vu, apakah itu?

Apa si deja vu itu? Nemu di gugel penjelasan ini :

The term deja vu is French and means, literally, “already seen.” Those who have experienced the feeling describe it as an overwhelming sense of familiarity with something that shouldn’t be familiar at all.

Pasti banyak diantara temen-temen yang pernah mengalami kejadian ini. Misal ketika sedang makan-makan dan berdiskusi bareng dengan teman-teman anda, kemudian anda merasa pernah melakukan percakapan ini dengan orang-orang yang sama, waktu yang sama, tempat yang sama. Padahal mungkin tempat tersebut anda kunjungi baru pertama kali.

Sebenernya kenapa ya fenomena deja vu bisa terjadi? Apakah kita benar-benar pernah mengalami sebelumnya? Beberapa sumber mengatakan bahwa déjà vu terjadi karena kejadian saat ini memicu pikiran untuk mengingat kejadian yang kurang lebih memiliki kenangan dan perasaan yang sama di masa lampau. Sehingga kita merasakan seolah olah pernah mengalami kejadian yang sama persis, padahal sebenarnya belum tentu pernah mengalaminya.

Apapun penjelasannya, perasaan ketika mengalami déjà vu sungguh sangat ‘nyata’ Ketika mengalami déjà vu, aku seolah olah sedang benar benar mengarungi waktu hi..hi..kebanyakan nonton film fiksi :mrgreen:

Waktu aku SMP, pernah suatu sore aku membaca koran tentang kematian seorang pemain sepakbola nasional (namanya tak usah disebut) dari klub persebaya. Setelah membaca, aku benar-benar heran, mengapa kejadian yang sudah lewat berminggu minggu baru dikorankan. Aku makin kaget ketika mengetahui bahwa hari kematiannya adalah hanya sehari sebelum Koran yang kubaca itu diterbitkan. Benar-benar aneh, aku merasa bahwa berita itu sudah pernah aku ketahui sejak berminggu minggu yang lalu. Benar-benar suatu halusinasi yang susah dijelaskan.

Déjà vu yang menyenangkan juga sering terjadi. Pernah aku ngerasa déjà vu ketika bertemu dengan cewe cakep yang sedang memilih milih sandal di mall. Tiba-tiba perasaanku merasa bahwa cewe cakep tadi pernah pacaran sama aku we..kek..kek.. 😆
Kalo yang itu jelas-jelas bukan halusinasi, tapi jenis déjà vu mimpi di siang bolong alias pasti cuma khayalanku aja. Gpp lah.. yang penting I feel real… 😀

Ada yang tau penjelasan lebih lengkap tentang déjà vu? Kalo bisa kasi tau URLnya yah. Makasi…. 😀

23 comments… add one

  • saya sering mengalami dejavu ini!

    bahkan semenjak saya masih SD! saya merasakan pernah tinggal di suatu tempat yang belum pernah saya kunjungi,d an beberapa tahun kemudian saya mengalaminya!

    juga beberapa kali saya mengalami dejavu lagi, dan beberapa bulan kemudian saya merasa pernah berada di suatu tempat dengan orang2 yang sama seperti mimpi saya waktu lalu!

    fenomena ini memang sungguh sebuah pertanyaan besar buat saya sampai sekarang!

  • Hati-hati ! Deja Vu pertanda para agents akan datang !

    Jgn pernah lupakan pesan mbak Trinity: “A déjà vu is usually a glitch in the Matrix. It happens when they change something”

    Prepare to run !

    The Matrix sekaleeee :)

  • Ih… pada De Javu yach… kalau saya sering tuch… saya pernah tanya ke seorang teman yang ngerti… katanya de javu itu adalah kisah sama yang terulang disaat itu…

    Jadi seperti ingatan reinkarnasi… yang dulunya kita itu pernah bertemu dalam waktu lampau.

    Ada juga teman yang berpendapat.. bahwa six sense kita sedang jalan… soul kita sudah bertemu dengan orang tersebut sebelum raga kita…

    Itu kata teman-teman lho… kalau saya sich… enjoy-enjoy aza… ga ada yang ga mungkin di dunia ini…

    :-)

  • @ ridhocyber & Eka Riyadi
    dinikmati aja deja vu-nya 😀

    @ Tigis
    trus pesan mas Neo gimana ya mas 😀

  • Deja Vu ini penyakit bukan ya ?

  • Dejavu? Wah saya sering deh kayaknya… suka mikir, loh kayaknya da pernah deh ngalamin hal ini, tp apa iya….. gt.

  • deja vu, kayak lagunya beyonce feat jay-z aja…he2…
    tapi emang saya juga pernah ngalamin yang namanya deja vu, waktu itu saya pergi makan sama temen2…dan anehnya kok tema obrolan waktu itu seperti sudah pernah aku obrolin sebelumnya…saya juga jadi berpikir, apa ini yg namanya deja vu…ya ga tau juga sih…
    tp yg pasti bumi itu bulat, dari satu titik akan kembali k titik awal…nyambung ga ya….he2

  • Saya koq jarang sekali mengalaminya.

  • @ Ardian
    kurang tau mas, coba tanya dokter 😀

    @ Zee & bozz
    tiap orang mungkin pernah mengalaminya

    @ imcw
    kenapa ya? 😀

  • saya juga sering ngalamin dejavu ini, tapi kalo kaya mas yudi tentang pemain sepak bola itu mah jadi kayak tukang ramal 😀

  • @ jimmy
    takut ah jadi tukang ramal

  • HAHAHHAHAHA,,,,
    kleeee,, kaget aku masss,,, aku pikir DEJA’VU itu kafe ato apalahh,,
    soalnya di sini (kuta) ada cafe yg namanya DEJA’VU pengunjungnya bulee kebanyakan,,,

    heheh dasar sampean ini,,,

  • hehe ajakin kesana donk mas ochim 😀

  • kalo di tempatku dejavu itu artinya “ketinggalan Jaman”

  • wah mas yudi sering ngalamin deja vu yaaah.. saya juga beberapa kali ngalamin. Penjelasan temennya mas Eka Riyadi lumayan tu…

  • sya sering banget tuh ngalamin… sehari paling banyak 3 kali terjadi…

    kira2 kenapa yah bisa kayak gitu??

  • Shinta

    Aq jg sring ngalamin de javu. Tp aq anggap biasa2 aj absx ud trlalu sring si.

  • Ekha

    Saya akhr2 nie jd sring mngalami na . . . Hmmm . . .

  • ZzZzZ

    aku pernah deja vu aku jatuh dari tangga trus gigi ku patah wkkwkw, trus waktu gue jalan di tangga itu gue jatuh beneran, trus orang yang ada di depan gue ya orang yang aku liat di deja vu, zzz padahal aku uda liat tapi g hati2, jadinya 2 minggu ke dokter gigi buat nambal. semoga kalian gak kayak aku.

  • fadli

    de javu itu hanyalah pertemuan badan kita di area beda dengan badan kita di area yang satu nya lagi. kita hidup di9 beberapa semesta terpisah dan terkadang bertemu
    pada saat bertemu itulah deja vu tersebut terjadi. sehingga seolah kita sudah pernah melakukan nitu padahal yang melakukan itu adalah badan kita yang satu nya lagi. beberapa badan, satu jiwa, berjuta kejadian berbeda. pada saat kejadian tu sama.. terjadi deja vu.

  • Kamdy bellardinni

    Tentang Deja Vu ini mgkn sayalah yg sering ngalaminya mas. Ceritanya bgni..suatu hari saya makan di meja makan dgn lauk tempe bacem..nah dua hari kemudian saya mkn lg dgn lauk yg sama.kemudian dan kemudian, saya mkn lg msh dgn lauk yg sama,tempe bacem..ha.ha.ha..(just kidding)

  • saya juga sering mengalaminya,ini penjelasan dari saya.sebenarnya de ja vu itu adalah jiwa yang pernah hidup sebelum kita,mustahil sepertinya kalau kita percayai. akan tetapi itu nyata dan sering terjadi jika kita sering banyak pikiran atau ketika kita sedang termenung.de ja vu itu kata lainnya adalah zaman yang pernah ada,dan itu sudah terjadi sebeum kita dilahirkan.sekian dari saya !

  • ya, saya hampir setiap hari mimpi saya selalu kenyataan semenjak saya bermimpi ada ramai kaaan kelas smp saya yg menunggu saya dengan marah dan ketika saya sampai disekolah ternyaan mimpi saya tadi malam itu kejadian mereka semua menunggu saya sambil melirik saya dengan wajah marah dan semenjak itu sampai sekarang saya bisa tahu apa yg akan terjadi melalu mimpi saya dan saya juga bisa tahu kejadian yg akan datang tanpa dari mimpi ,, dll

Leave a Comment