Cobaan

Membaca kata cobaan, apa yang langsung terpikir di benak anda? Kemungkinan dijawab dengan daftar peristiwa-peristiwa yang kurang meng-enak-kan seperti : musibah, bangkrut, dicerai istri, beban hidup yang berat dan lain sebagainya. Memang benar cobaan dapat berupa seperti itu, tapi ga usah dibahas deh “model cobaan berat” seperti yang tertulis diatas. Ga enak ngomonginnya, mari kita omongin model “cobaan” yang lebih ringan saja 😀

Taukah anda, orang yang suka mengeluh lebih sering merasa mendapat “cobaan” dalam hidupnya? (ingat, yang dibicarakan adalah bukan jenis-jenis cobaan seperti contoh pada awal artikel)

Langsung contoh saja, beberapa hal yang sudah dianggap “cobaan” oleh orang yang suka mengeluh :

– Lagi buat tugas yang dikumpul besok pagi, listrik mati, sehingga ga bisa mengetik pake komputer.
– Mau berangkat ke rumah pacar, tiba-tiba hujan turun.
– Bangun pagi, gula habis. Ga bisa nyeduh teh manis anget. Kalo mau nyeduh teh mesti jalan ke warung beli gula dulu. Uhhh malessnya…
– Pengen ngeblog kayak temen-temen tapi ga ngerti caranya bikin. Capek dech…kalo mesti nanya sana sini dan belajar sana sini dulu.
– Ditinggal pembantu mudik. Aduhh..sial banget seh.. mesti nyuci piring, ngepel, nyuci baju semuanya sendiri.
– Berangkat sekolah mobil mogok, motor bannya pecah. Terpaksa deh naik angkot, mana ga pake AC, gerah, dan bau keringet banyak orang lagi. Sungguh sial..
– Suasana libur seminggu harus diisi dengan tugas-tugas yang diberikan dosen.
– Dsb..dsb..dsb…

Benarkah itu cobaan? Benar bagi yang ga kuat (baca:males) menjalani dan mengatasinya, tapi sama sekali bukan cobaan bagi orang yang selalu berorientasi pada solusi. Cobaan hanyalah sesuatu yang dapat membuat kita menjadi lebih kuat atau malah menjadi lebih lemah, tergantung cara pandang seseorang dalam melihat dan menyikapi cobaan tersebut.

Kalo listrik mati ya berusaha gimana kek, ke rumah temen atau gimana. Kalo hujan dan ga ada mobil ya tinggal pake jas hujan, beres kan. Ke warung aja ko males, jalan dikit kan sehat. Pengen ngeblog tapi lum tau caranya, ya tanya aja sama temen yang bisa. Ga nyampe seminggu pasti udah mulai bisa ko. Ngerjain pekerjaan rumah sendiri ya dinikmati aja, toh temporary hanya hingga pembantu balik lagi. Gitu aja ko repot hehe.. Naik angkot sih udah untung, mending daripada jalan kaki, ya kan?! Ya sambil libur sambil nyicil buat tugas, dibawa happy aja 😀

Kalo dipikir-pikir, selalu saja ada masalah yang muncul bila kita menginginkan atau mengerjakan sesuatu. Apabila kita takut dan tidak terbiasa mencari jalan keluar maka masalah seolah-olah selalu hanya berdatangan kepada kita, sedangkan orang lain tidak kena dan selalu berhasil. Benarkah masalah hanya cinta pada kita? 😀 Tentu saja tidak, sebenarnya semua orang mengalaminya, hanya yang bersungguh-sungguh mau berusaha mengatasinya saja yang akan memetik hasilnya. 😀

Apa yang saya tulis hanya opini pribadi, jadi mohon maaf bila ada sesuatu yang salah

11 comments… add one

  • masalah itu temen nya masparto bukan ya :D. masalah harus di hadapi, jangan lari dari masalah.

  • hehehe iyaah yuud, semakin kita sering2 mengeluh, kita akan menarik hal2 negatif yang kita keluhkan itu ke diri kita ndiri…

  • itulah hidup mas, penuh misteri haha. hidup adalah perjuangan tanpa henti2 slalala la lalaaaaa. buat apa mengeluh terus. hidup cuman bentar gini, dibuat seneng aja haha (ketawa terpaksa aselinya saya lagi pusing nih, kerjaan kantor banyak bgt, mana besok kudu keluar kota lagi :( hahaha mengeluh deh )

  • Bagian dari warna-warni kehidupan kalee..yah mas…hik.hik..hik

  • Saya suka sekali dengan penggunaan istilah “orang yang selalu berorientasi pada solusi”, benar-benar mencerminkan seseorang yang sangat optimis dalam mengahadapi dan juga menyelsesaikan masalah…
    Motivasinya manteb banget, Bro…

  • jgn suka ngeluh…hadepin aja…jangan takut….
    semangat bro…!!!!!!!!!!!

  • kalo kita bisa atasi pasti kita lebih gimana gitu :)

  • life must go on…. hadapin aja, sbg kerikil2 tajam kehidupan

  • kalo cobaan sebagi rakyat, gimana ya solisinya?

  • Hidup tanpa cobaan seperti makan sayur tanpa bumbu..

    *hahaha, sok bijak

  • cobaan akan selalu di coba…
    mencoba tuk hadapi cobaan…

Leave a Comment