Catatan Affiliate Marketing (part1)

Ga kerasa udah hampir 6 bulan semenjak saya berkenalan dengan panduan SEO yang nyerempet affiliate marketing dan akhirnya keasikan menekuninya. Dimulai dari sebuah sale, yak 1 buah sale yang mungkin petunjuk agar saya mencoba berpindah haluan untuk mulai jualan dan ga terus menerus hanya main adsense. :mrgreen:

Sebulan mencoba membuat saya makin penasaran dan tertarik dengan dunia affiliate marketing. Ditambah lagi dengan google penguin yang membabat hampir semua blog andalan saya yang membuat bayaran rutin saya dari adsense menguap, akhirnya saya putuskan untuk tetep fokus di affiliate marketing dulu mumpung blog2 yang disisakan oleh dik penguin ya kebetulan yang monetizenya lewat jualan barang.

Diselingi dengan tambahan dari cek amazon jerman yang cair melalui bank BRI, akhirnya saya kuat2in aja deh belajar dan praktek jualan walau waktu itu blum begitu yakin earningnya bisa gantiin gajian rutin dari main adsense pada bulan bulan sebelumnya.

Tapi Yang Diatas memang baik. Setelah beberapa bulan mencoba dengan hasil yang ga begitu banyak, akhirnya saya sama istri memilih berlibur dulu untuk sedikit refreshing agar lebih semangat bekerja setelahnya. Di saat liburan itulah earning saya mulai merangkak naik, penjualan mulai bertambah dan saatnya untuk menduplikasi sambil terus dievaluasi. tau sendiri lah, google suka berubah dan sedikit moody :mrgreen: jadi orang2 yang bergantung dari trafik gratisnya mau ga mau menyesuaikan dengan kemauannya.

Di bulan ini puji syukur kepadaNya bahwa hampir $700 saya dapatkan dari ngeblog, sebagian besar adalah hasil berjualan barang fisik. Saya pun mulai bisa melupakan kejadian penguin di akhir april lalu. Rupanya segala sesuatu ada hikmahnya. Mungkin saya ga akan belajar dan praktek affiliate marketing lebih giat jika blog2 adsense saya ga kena razia pada saat itu. Setelah hujan muncul pelangi 😀

Berikut adalah beberapa catatan saya , hasil belajar selama 6 bulan ini :

1. Trafik tertarget adalah emas. Untuk menghasilkan penjualan kita hanya butuh trafik yang tertarget atau sangat tertarget. Pemilihan buyer keywords menjadi sangat penting di awal pembuatan blog/review site.

2. Artikel review sangat krusial. Saya memilih untuk menggunakan jasa orang lain untuk membuatkan sebuah artikel review untuk affiliate blog saya. Bila ada yang ga mahir menulis bahasa inggris dan tidak pandai menulis artikel yang mampu mempengaruhi seseorang untuk melakukan pembelian (seperti saya :mrgreen: ), maka disarankan agar menggunakan jasa penulis aja. Untuk 1 artikel review biayanya tergantung, namun penulis yang bagus biasanya memiliki tarif yang lebih tinggi. Jangan ragu untuk membeli artikel review seharga $20/1000 words bila kualitasnya memang bagus. Ada banyak jasa yang lebih mahal dan lebih banyak lagi jasa yang lebih murah. Cobalah dahulu dan buktikan kualitasnya sebelum memesan secara rutin pada layanan tersebut.

3. Jangan malu untuk meminta bantuan Affiliate Manager anda karena mereka salah satu tugasnya adalah memastikan para affiliate bisa mendapatkan hasil yang bagus dan sesuai aturan tentunya 😀

Sementara itu yang bisa saya catat dari beberapa bulan berjualan. Saya yakin masih ada banyak sekali pelajaran yang bisa dipraktekkan untuk bisa menghasilkan penjualan yang banyak. Untuk saat ini saya juga akan mencoba untuk berjualan barang digital melalui clickbank. Komisinya tampak menggiurkan karena ada yang sampe diatas 50%. Agak bingung juga milih produknya karena banyak sekali metode riset produk clickbank yang mengajarkan hal yang berbeda, perlu trial dan error ni untuk nemu metode yang paling cocok untuk saya. Banyak ide di kepala seperti bikin tinnitus miracle review, promosiin fat burning bla bla bla dll. Produk yang saya ingin promosikan berdasarkan riset kecil udah saya catet di notepad lengkap dengan data lainnya, hanya saja eksekusinya yang nyicil karena modalnya harus diatur agar ga mengganggu pos beli susu anak hehe… Untuk sebuah blog biasanya saya mesti sediakan biaya untuk domain, artikel dan tentu saja jasa SEO. Yah dijalani aja, semoga dapat hasil yang bagus, amin 😀

Ke depannya saya juga pengen belajar promosi melalui email, belum punya autoresponder, pengen belajar list building dan sekalian belajar iklan ppc berbayar. Ah banyak keinginan yang belum terwujud. Semangat aja yuk 😀

2 comments… add one

  • setiap manusia mempunyai masalah masing2. seperti halnya anda saya juga punya masalah dalam mencari duit lewat internet, ingin terus belajar dan belajar biar bisa jadi pengangguran yang banyak duit :)). masalah saya ada pada riset keyword dan SEO, untuk article content alhamdulillah saya tidak masalah cz sy biasanya dapet duit online dari kegiatan ini :), meskipun gak banyak tapi alhamdulillah (sekecil apapun hasilnya harus disyukuri) dr 1 1/2 th mainan adsense belum juga cair :(. ada saran buat saya yang hanya bisa menulis article dan sedikit bisa wordpress, kira bisnis online apa yg cocok buat saya mas ??

  • yudi

    bisa menulis? buka jasa penulisan artikel aja:-D

Leave a Comment