Cara saya membuat affiliate (mini) site

Menyambung tulisan saya sebelumnya, maka saya ingin sedikit berbagi tentang apa saja yang saya lakukan ketika membuat affiliate site. Caranya simpel saja, ga usah ruwet2 dan saya yakin teman2 yang udah ribuan kali membacanya di internet 😆

1. Mencari produk yang ingin dipromosikan

Sedikit berbeda ketika saya main adsense. Jika dulu saya pertama kali akan mencari keyword yang sekiranya cocok untuk dioptimasi, maka kali ini ketika membuat affiliate site saya tidak memusingkan masalah keyword awalnya. Pokoknya nemu dulu sebuah produk untuk dipromosikan dan nyari tau daftar affiliate programnya dimana.

Tujuannya sedikit berbeda dengan main adsense, menurut saya kira2 seperti ini bedanya :

main adsense –> langsung hajar ngincer keyword yang pencarinya banyak dengan saingan yang masuk akal untuk disaingi sesuai kemampuan :mrgreen: Ga begitu peduli entah mahluk macam apa keyword tersebut, dibacanya aneh pun tetep diambil jika pencarinya banyak dan saingannya ga begitu berat. Paling2 intip2 dikit berapa estimasi nilai per kliknya walau bukan prioritas saya. Pokoknya gimana caranya ntar datengin trafik, kalo dah banyak trepik kan lebih banyak kemungkinan mereka ngeklik (begitulah pikiran lugu saya ketika itu 😳 )

mainan affiliate –> nemu produk dulu, bagus ga salesletternya, kira2 orang tertarik ga beli kalo situs penjualannya kayak gitu, bayarannya pake apa, dll dll. Nanti kalo udah klop baru deh mulai riset keyword 😀

Pengen jualan produk diluar network2 populer semacam CJ,amazon, clickbank?

Masuk aja ke offervault.com. Disitu kita bisa nemu banyak banget produk yang bisa dipromosikan. Tinggal ketikkan kategori apa yang ingin dipromosikan, nanti akan muncul list yang berisikan nama produk, tempat mendaftar jadi affiliatenya, dsb. Pilih2 aja yang dirasa cocok. Kalo saya sih seneng yang bayarannya cepet dan mudah hehehe… selain itu saya senang yang proses daftarnya ga ribet, n diapprovenya gampang, kalo bisa autoapprove :mrgreen:

Oya satu tips lagi yang saya pelajari adalah jika main clickbank, coba ketikkan ini di browser

cbengine.com/id/idproductclickbank-payout (idproductclicbank ganti dengan kode produk tersebut di clickbank)

Kita akan disajikan data2 yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum memilih produk yang akan dipromosikan.

2. Riset keyword

Kali ini saya risetnya ga pake lama, kombinasikan aja antara feeling dan keyword tool yang anda sering pakai. Misal nama produknya adalah ganteng miracle, maka keyword2 seputaran itu cukup bagus untuk dijadikan keyword utama, misal “ganteng miracle review”, “buy ganteng miracle” dll. Atau bisa juga pakai keyword yang ga nyebut nama produk tapi tampaknya dipake oleh orang yang lagi browsing dan putus asa untuk pengen ganteng :mrgreen: misalnya ya seperti “cara cepat jadi ganteng”, “obat ganteng murah berkhasiat” dsb.

Pencarinya?

Ini suka2 sesuai selera, kalo saya asal ada pencarinya dan merupakan buyer keyword maka akan saya ambil aja. Misal katakan saja “obat ganteng cap hensem review” hanya 200an estimasi pencarinya sebulan, tapi karena buyer keyword maka tetap akan saya pakai.

Jika ada buyer keyword yang pencarinya banyak tentu lebih baik lagi. Namun ingat perhatikan juga saingan dan sesuaikan dengan kemampuan seo. Saya biasanya males dah kalo saingannya berat2, daripada capek nyainginnya mending mainan di keyword2 yang low competition. Pada bagian ini biasanya yang bikin agak lama nge-risetnya. Mesti sabar untuk mendapatkan keyword yang sesuai dengan kriteria yang kita inginkan.

3. Beli domain

Diutamakan yang EMD (exact match domain). Kalo ga dapet ya terpaksa dari keyword turunannya. Pokoknya sebisa mungkin cari EMD, kalo tidak tersedia maka ambil domain lain yang tentu saja mengandung keyword.

Update 2014 : Kini ga begitu penting dapet EMD atau enggak, pokoknya nemu kata kunci bagus langsung hajar aja, walaupun EMDnya ga tersedia.

4. Pesen artikel

Kalo merasa pandai menulis maka bisa ditulis sendiri. Usahakan tulisannya bisa meyakinkan pembeli untuk ngeklik link affiliasi. Kalo kurang pandai menulis ya pesen aja konten. Walau sering harga ga berbanding lurus dengan kualitas namun kebanyakan artikel (bahasa inggris) yang harganya dibawah $1/100 words kurang baik cara penulisannya (ga selalu loh, jika bisa nemu penulis murah dan berkualitas tentu lebih baik).

Untuk artikel bahasa Indonesia mungkin bisa nulis sendiri kalo punya waktu. Toh ga sulit2 amat. Tapi kalo ya memang super sibuk ya bisa aja hire orang lain untuk membuatkan artikel.

5. Setting blog

Onpage seo ga usah terlalu lebay. Keyword density ga usah terlalu mengikat, mengalir aja yang penting artikelnya menarik. Keyword harus ada di title dan description. Selipkan LSI keyword. Plugin isikan sesuai selera anda dan yang anda yakini paling manjur untuk pengoptimasian blog anda :mrgreen:

6. SEO

Bagian ini saya simpel aja, selalu utamakan yang do follow, contextual, kalo dateng dari halaman yang ber PR tinggi lebih bagus, sumbernya divariasikan.

Kalo punya modal ya buat private blog network. So far sangat efektif untuk mendongkrak serp.

tips : variasikan anchor text

7. Update rutin dan tetap alirkan backlink hingga mendapat rangking yang ditarget

Kurang lebih gitu deh garis besarnya, super simpel aja karena saya ga bisa yang ruwet2 :mrgreen:

Sekarang masuk goa dulu untuk melanjutkan eksperimen. Kalo yang sering saya baca di halaman depan jawapos adalah tahun 2012 tahun kerja kerja kerja! Tetap semangat kawan2 😀

6 comments… add one

  • kalo saya masih mempelajari tentang affiliate nih hehe lama gak apdet soalnya

  • ohh begitu ya caranya thx infonya ya

  • kayaknya perlu modal semua ya gan , tapi ok dech lumayan buat ilmu

  • riset keywordnya ni yang masih blom lihai
    sy pengen bikin buat amazon tapi rata2 kw yg sy dapet saingannya berat2 jadi ditunda dulu deh :(

  • Afiliate kayaknya lebih santai ya, tinggal datangin trafic buat masuk ke sales later, ga usah ada CS. :)

  • wow , boleh ni di cba , cuma masih buta banget sama yang nama nya seo :(

Leave a Comment