Cara mencari vaksin anti rabies

Pagi si mbok dek pulang-pulang ngaku digigit anjing. Akhirnya bawa ke rumah sakit deh untuk nyari vaksin rabies. Setelah dibersihkan lukanya di sebuah rumah sakit terdekat, kemudian dokternya membuat surat pengantar untuk mendapatkan vaksin rabies gratis di Rumah sakit sanglah.

OOT dikit : dokternya lumayan cakep loh, maknyuss deh :mrgreen:

Gratis? Wah enak juga ya begitu pikir saya. Ternyata mencari vaksin anti rabies tak semudah yang saya kira. Petugas jaga di UGD mengatakan bahwa persediaan habis dan “diseluruh bali” juga sedang tidak ada persediaan. Mengapa saya tulis dalam tanda kutip, nanti teman2 akan tahu jawabannya.

Karena belum disuntik vaksin anti rabies, maka tentu saja kami sekeluarga ikut kuatir. Menurut beberapa orang, anjing yang terjangkit virus rabies akan mati beberapa hari setelah menggigit korbannya. Tentu saja tak kalah berbahayanya bagi yang digigit, serem deh, apalagi di Bali memang banyak kejadian yang menyedihkan akibat gigitan anjing ga waras. Rumah sakit Wangaya dan beberapa puskesmas yang kebetulan kami tanya juga ternyata mengaku kehabisan stok. Harus menunggu dan berharap beberapa hari kemudian untuk mendapatkan vaksin katanya.

Usut punya usut, ternyata vaksin anti rabies tersebut tidak benar-benar habis. Persediaannya masih ada di beberapa klinik swasta dan kalo mujur bisa anda dapatkan secara gratis di puskesmas. Silahkan berkeliling untuk segera mencari vaksin anti rabies bila anda membutuhkannya. Kunjungi rumah sakit dan klinik swasta, dan cobalah sebuah klinik yang terletak di deket lokasi wong solo Renon, semoga anda beruntung juga mendapatkannya.

Tapi tahukah anda, tentu saja vaksin ini tidak gratis. Vaksin gratis yang disubsidi menjadi “langka” mungkin karena terlalu banyak yang mencari barang gratisan tersebut . Vaksin anti rabies dijual kira-kira seharga 130 ribuan rupiah. Cukup mahal bagi orang kebanyakan namun karena mendesak, maka harga tersebut tentu jadi sangat tidak seberapa dibanding dengan nyawa.

Jadi bila ada musibah digigit anjing dan anda kuatir bahwa anjing tersebut terjangkit rabies, maka segeralah mencari vaksin dengan bergerilya ke berbagai rumah sakit dan klinik kesehatan. Bukan tak mungkin anda akan mendapat jawaban bahwa persediaan sedang habis. Jangan menyerah, usahakan untuk mendapatkannya walau harus membayar. Walau anjing yang menggigit belum tentu rabies, namun kewaspadaan perlu tetap dikedepankan.

Kuncinya : Berkelilinglah! Kalo ga dapet yang gratis maka ya terpaksa yang bayar. Mau gimana lagi?

14 comments… add one

  • ooh gitu ya om yudi makaci ya

  • apa kabar
    wow pwngalaman yang berharga ya…
    aku 2 kali digigit anjing, tapi untung …………
    tx

  • rabies, mad dog very dangerous
    be carefulll
    thanks

  • sekarng cari yg gratisan susah banget om

  • Syukurlah akhirnya sudah dapet vaksin. Jangan lupa klo ada vaksin ulangannya lho. Btw, anjingnya masih idup ga? Coba diobservasi. Memang benar biasanya anjing rabies akan mati setelah 7-10 hari. Perlu juga dicari tahu bagaimana kok bisa digigit. Klo karena ekornya diinjek ya kemungkinan kecil :) Klo anjing rabies tanpa ba bi bu langsung nyelonong main gigit aja.

    Semoga ngga papa ya…

  • harusnya gratis kan?

  • penyakit rabies memang berbahaya..
    tapi kenapa harganya cukup mahal ya
    emang kalau udah kepepet pasti terpaksa bayar..
    semoga pemerintah lebih memperhatikan kasus rabies di indonesia

  • Kami telah berkunjung ke blog anda, dan mengetahui kalau blog anda ini (yudiworld.com) sangat bagus. Saat ini, kami sedang memiliki rencana untuk memasang iklan di blog anda, bisakah anda memberikan informasi yang lebih detail tentang harga? Rencananya, kami ingin “membeli” sebuah artikel review sepanjang 100 kata saja dalam bahasa Indonesia untuk mereview salah satu situs kami yang juga berbahasa Indonesia. Setelah kami mendengar respon dari anda mengenai harga, maka kami akan memberikan informasi yang lebih lengkap, seperti anchor text, permalink dari situs yang akan di review, dsb. Terima kasih, mohon balasannya.

    Reggy

  • salam kenal serta jabat erat selalu dari Tabanan
    memang ada permainan di belakang vaksin itu ya ❓ 😕 wah bakal berlanjut wabah rabies di bali.

  • wau, di gigit guguk? ih, ngeri banget deh kayaknya… hehehe…

  • KASTRO RAMBE

    Alamat distributor vaksin nya mana ??????????????

  • lely dvm

    Banyak wilayah n provinsi di Indonesia yg endemis rabies.. dan memiliki problem yg sama yaitu langkahnya VAR..
    Seberapa seriuskah sbenarnya pemerintah dlm hal ini menkes dlm penanggulangan rabies?..
    Jika mrk serius banget maka g akan kkurangan VAR..

  • Piloet

    Di surabaya itu dmn ya ada vaksin sar? Tq

  • Kr Kt Arya Wirtono

    Selamat pagi. Kemarin ibuk saya di gigit anjing. Trs semua rumah sakit sudah saya tanya, tp blm dpt obat jg. Klo anda punya solusinya saya minta tolong inpormasinya. Trimakasi.

Leave a Comment