Budaya malu malu mau

Pasti pernah kan bertamu ke rumah temen, saudara, atau mungkin rumah pacar. Biasanya sambil ngobrol kita akan disuguhi minuman atau bahkan diajak ikut makan siang/malam bersama. Pernah kan?! 😀

Sekarang coba dibalik, pasti pernah juga kan nerima tamu baik itu saudara ataupun temen. Biasanya kita juga nyuguh minuman atau makanan kecil kepada yang bertamu.

“monggo, ayo silahkan diminum”

“silahkan dicicipi, buatan saya sendiri lho”

“ayo dik, diminum tehnya, anggap aja rumah sendiri”

“mari makan malam bareng yuk, mumpung istri saya masakannya istimewa hari ini”

“diminum mas, ntar keburu dingin kopinya”

“mau minum apa, teh? Kopi?”

“Ikutan makan sama kami yuk, kebetulan hari ini nenek ulang tahun”

“mau minuman yang hangat atau dingin?”

Dsb, dsb, dsb, dsb……….dsb 😀

Trus bagaimana reaksi dan jawaban si tamu?

“aduh ko repot-repot segala” (dalam hati : “syukurlah minumannya cepet dateng, gw dah haus banget nih”)

“ga usah bu, makasi, saya udah makan ko sebelum kesini” (dalam hati : “tawarin lagi donk, gw cuma basa-basi nih, perut gw laper n pengen nyicip masakan nyokap loe”)

“waduh, ga usah repot bu, air putih aja” (dalam hati : “pake nanya pula, ya jelaslah panas gini gw kepengen minum cola dingin, minimal es teh”)

Dsb, dsb, dsb….dan berbagai macam jawaban “palsu” lainnya :mrgreen:

Tentu tidak bisa digeneralisasi karena ga semua orang “tau malu” :mrgreen: saya termasuk yang ga tau malu, ditawarin ho oh.. aja hehe :mrgreen:

Gpp deh, yang penting saya jujur n sopan wekek..kek.. 😆

28 comments… add one

  • hehehe… malu malu malu-maluin hehehehe….
    di kasih sajian bok yao di embat aja :) khan kasian yang nyuguhi apalagi musti beli dulu kewarung

  • Ini pasti pengalaman pribadi yah? Hayo ngaku aja, gak usah malu-malu mau. 😀

  • bukannn…. BASA BASI !!! *halah ko’ jadi inget iklan rokok*

  • Keliatan kalo bukan wong Jowo, hehe …

  • Terkadang, saya menolak sebuah ajakan untuk makan bukan karena sebuah basa-basi, tetapi karena saya lagi gak mood aja atau memang lagi kenyang… :)

  • @ Artha
    setuju deh :mrgreen:

    @ Ecko
    mas eko tau aja.. :mrgreen:

    @ inos
    rokok merek apa 😀

    @ Dadap
    hehe keliatan yah :mrgreen:

    @ sapimoto
    itu pengecualian 😀

  • aku jadi ikut malu 😀

  • Huehehehehe…dari sana muncul suatu kebohongan kecil yang terakumulasi nantinya. :)

  • Kalau saya malah malu, maluin,
    tidak ditanya malah udah habis duluan,
    kekekekek

    salam.

  • Tergantung ke siapa kalau dah kenal dekat ya langsung MINTA aja 😀

  • @ Tony
    saya juga hehe..

    @ imcw
    😀

    @ Internet Marketing
    ko sama yah 😆

    @ Jauhari
    iya mas, saya juga kalo kenal ga malu2 lagi.
    makasi dah mampir 😀

  • hehe kalo gue terus terang emang ga nyaman makan di rumah org even itu seorg sahabat. Bhs jawanya pakewuh. Paling nyaman ya makan di rumah ortu sendiri :mrgreen:

  • ya sy juga begitu malu2 mau aja deh

  • Wa aku paling gak bisa kalau disuruh basa basi, kalau dikasi ya langsung comot. Hi emang gak tau malu.

  • Malu… tapi mau….
    saya sama dengan Mas Yudi….
    gak malu-malu…
    saya MAU NIKAH! taun depan! waw! :)

  • aku malu…aku malu walllahh malah nyanyi wakakak :(

  • Wah mas Yudi buka ceki saya neh

  • kalo saya mah malu-maluin …. 😀
    ato bahkan nggak punya malu…. blom ditawarin udh habis makanan dlm toplesnya… 😀

  • ya iyya lah pak . . . wAlo pun haus , tetep aja harus jaga Imej. biar gak dipandang numpang minum or makan doang untuk namu . . .
    hehehehehe . . .
    btw . . Nice Post pak . .
    keep post,
    terimakasih dh diizinkan berkunjung.

  • waduh, jadi ngak enak hati nih. Serasa disentil ama mas yudi. Kalo saya, biasanya embat aja. lah wong kalo ngak diembat, dan perut bunyi, kan malu 2x. hahahah

  • T: permisi numpang comment
    B: oh monggo.. monggo.. gak usah sungkan..
    halaahh!!.

  • Wah bisa aja..mas yudi…:D

  • @ Tigis & roffi
    malu mengiyakan, lapar di perut :mrgreen:

    @ 2mk
    podho hehe

    @ BlogicThink[dot]com
    nikah?? woww congratzz 😀

    @ bocahiseng
    nyanyi ko sedih cah hehe

    @ Paman Gober
    hehe..

    @ afwan auliyar
    keren :mrgreen:

    @ faisal kamal
    makasi dah berkunjung 😀

    @ Richie Rich
    sama dengan nih :mrgreen:

    @ OktaEndy
    hihi…

    @ Diah
    mbak diah juga bisa aja hehe :mrgreen:

  • Memang itu sudah menjadi budaya orang indonesia mas…

    Khususnya orang jawa 😀

  • Sebetulnya aku tipe orang yang males utang budi… Tapi daripada dibilang sombong sama ibunya sahabatku, ya uda.. semua yang ditawarin aku ambil aja hehehe 😀

  • wah kalau malu bisa sesat di kamar loch..

  • ada waktu nya kita harus sedia tampang tanpa malu.. bahaya kalau kita nyasar karena malu

  • Artikel yang bagus !

    Barangkali artikel “malu” berikut juga berguna bagi rekan rekan lainnya > Malu ?

Leave a Comment