Berubah karena perasaan sakit

Belajarlah dari kesalahan. Ternyata itu tak sepenuhnya berlaku. Kita (atau kalo ga terima dengan kata “kita” maka gunakan saja contoh saya) terbiasa untuk selalu mengulang-ngulang kesalahan. Sering kita mengulang-ulang kesalahan walau tau bahwa itu merugikan.

“berhentilah merokok,” kenyataannya para perokok ga berhenti-berhenti walau tau resikonya.

“giat belajarlah, agar lulus dengan nilai bagus,” kenyataannya malah hanya main terus walau tau resikonya adalah tidak lulus.

“jangan sering-sering minum minuman keras,” kenyataannya tetap saja dilakukan, walau tau bisa membahayakan hati..

“jangan suka ikut balapan liar,” kenyataannya mereka-mereka tetep aja kebut-kebutan walau tau resiko kecelakaannya besar.

“gosoklah gigi sebelum tidur, apalagi jika habis makan yang manis-manis,” kenyataannya malah ga dilakukan karena malas.

Dsb, dsb….

Lihatlah contoh diatas, manusia malah mengulang-ulang kesalahannya secara sadar. Hanya bisa mulai berubah bila ketika ia terbangun dan kemudian :

– Tersadar bahwa dia terkena kanker paru-paru
– Tersadar bahwa dia tidak lulus.
– Masuk rumah sakit karena hatinya pecah.
– Tersadar bahwa mesti berada di kursi roda untuk waktu yang lama karena kecelakaan akibat balapan liar.
– Sakit gigi yang tak tertahankan karena giginya bolong.
– Dsb, dsb, dsb….

Manusia banyak yang hanya belajar dari rasa sakit, kesalahan tak membuatnya berubah, namun rasa sakit membuatnya terpaksa berubah. Hanya sebagian orang yang bisa belajar dari kesalahannya, sisanya hanya belajar dari rasa sakit.

Ayo mulai belajar dari kesalahan, jangan sampai rasa sakit itu datang duluan baru kita mau berubah 😀

Artikel-artikel motivasi ternyata banyak benernya, jadi malu sendiri karena sering “ngerasa”

26 comments… add one

  • ayo semangat!!

  • saya kena nih di point sikat gigi sebelum tidur haha. padahal hampir tiap hari istri selalu mengingatkan tapi tetep aja males. mungkin sudah sifat dasar manusia kali ya kl udah kejadian baru sadar 😀

  • kadang kalau sudah ngerasain sakitnya baru berubah.. eh tapi gak lama sesudah sembuh terulang lagi deh.. gak bisa permanen :(

  • hmmm kalo gitu mgkin hrs dicoba dr sisi yg berbeda. Belajarlah utk menyadari akibat yg timbul dr sebuah perbuatan. Jadi begitu kena kanker paru2x, tidak lulus ujian, naek kursi roda, dsb, ga menyesal dan ga akan pernah berubah. Kalo itu bandel namanya yah…hehehe :mrgreen:

  • Itulah ciri utama kebanyakan orang. Kalo belum merasakan akibatnya gak akan kapok dan memperbaiki diri. Jadi emang kebiasaannya selalu harus dapet getah dulu baru mau membersihkan tangan. Walh, keren banget gaya bahasanya. 😀

  • ya begitulah manusia, kadang perasaan sakitpun tidak akan mendatangkan perubahan
    contoh: sakit karena ditolak cintanya oleh cewek, jadi tambah semangat nguber cewek lain he he he

  • @ izandi
    😀

    @ tipis
    kalo dah sakit baru insyaf 😀

    @ jimmy
    nah mas jimmy yang betul, kalo dah sembuh malah pengen lakukan lagi :-(

    @ Tigis
    disitulah susahnya :mrgreen:

    @ Ecko
    kena getah lengket dah hehe..

    @ bluegreen
    hihi..itu lain lagi 😆

  • Itulah mas Yudi, manusia itu memang aneh, tidak mau belajar pada kesalahan malah jadi “Tuman” ketagihan untuk mengulangi kesalahan.
    Saya kadang jadi sadar kenapa Tuhan sering memberi hukuman, karena diberi hukuman saja manusia masih mengulang apalagi dibiarkan bisa jadi liar.

    Walah….
    sumintar.com

  • 😀 😀 😀 inilah kebanyakan orang… tp saya tidak 😀 😀 😀

  • @bluegreen: saya sepakat dengan Anda :) rasa sakit itu memang bisa membawa perubahan besar dalam hidup kita, bahkan untuk mencapai kebahagiaan, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian. Amin..Hehe…

  • Biasanya kalo kata2 yang di ulang2 bisa jadi keyword tu? 😀
    Ya bener, biasanya setelah ada penyesalan baru sadar

  • sakit hati saya bukan karna minuman keras mas yudi…, tapi gara” adsense ga support content indo lg 😛 hehehhe

  • ada pepatah “belajar dari kesalahan”, tapi alangkah baik kalo “belajar dari contoh yang salah” , hehhehe tapi kadang emang susah nerapin pepatah kedua, lebih bayak ngalamin baru belajar

  • saya juga suka dengan artikel2 motivasi…dan sama kaya bro…saya juga sering ngerasa diri ini masih belum betul2 menjalani dunia…:(

  • yahh namanya juga penyesalan selalu datang terlambat

  • nih khan berbuat salah lagi; kok bisa-bisanya saya komen disini lagi we kekekeke … :)

    *kaburrrrrrrrrr

  • iya biasanya sih kaya gitu.. haha.. kalo udah dikasih sakit baru deh kerasa kalo ktia itu salah

  • klo gw minum es… trus batuk2.. alias sakit… eh… masih minum es juga… blom berubah… besok aja ya berubahnya… he..he…

  • berarti..intinya adalah….sesuatu yg bikin ‘nikmat’ di awalnya adalah sesuatu yg berbahaya pd akhirnya? 😀

  • ak termasuk yang susah nih gitu sakit baru tahu gitu sembuh udah lupa heuheuheu

  • om aLit kerenn

    bolehh juga blognya ..!

  • masalah utama saya rokok mas..susah untuk berhentinya….

  • ya… mari belajar!!! kejarlah cita-citamu!!! *tampak melenceng dari topik* hihii

  • kalo ku apa apa ya…. suka nunda kerjaan…pucink deh.,.

  • yudi

    @ Web Hosting Plus SEO
    bener pakde..

    @ A-Munir
    wah hebat donk 😀

    @ Armand
    saya juga setuju 😀

    @ Chika, ridu
    biasanya begitu

    @ harianku
    :mrgreen:

    @ erwin
    bagus juga tuh pepatahnya 😀

    @ Andre
    jalanin aja 😀

    @ bocahiseng
    kalo nyesel dateng duluan gimana yah :mrgreen:

    @ Artha
    ntar kalo jarinya dah kapalan baru kapok komen sisni 😆

    @ Masenchipz
    sekalian minggu depan aja bro :mrgreen:

    @ hrxone
    ya ga mesti 😀

    @ Tony
    sama donk hehe..

    @ om aLit kerenn
    jelas dwonk.. 😀

    @ agung ontria
    semoga bisa dikontrol 😀

    @ ichanx
    arrgghhh chanxx… :mrgreen:

    @ dwi
    ati2 nyesel :mrgreen:

  • Ngerasa juga saya..

Leave a Comment