‘Bersahabat’ dengan masalah

Setelah Berpikir positif kini saatnya ‘bersahabat’ dengan masalah, wow..kedengerannya ko seyem yah… 😯

Sebagai manusia, kita pasti pernah tersandung masalah. Setiap manusia pasti memiliki masalah sendiri-sendiri. Masalah memang harus disingkirkan agar tidak menghambat tujuan kegiatan anda, namun karena masalah bakal selalu ada menyertai hidup kita maka sebaiknya kita bisa “bersahabat” dengan masalah. Bersahabat dalam artian bagaimana menyikapi dan menghadapi masalah serta menyelesaikan masalah dengan tepat.

Apa yang biasa kita lakukan bila terkena masalah? Apakah ngambek…, marah-marah…, mencari kambing hitam…, ngamuk…, mabuk-mabukan menghilangkan stress…, menyerah. Tindakan-tindakan tadi adalah contoh respon negatif ketika menghadapi masalah. Bukannya akan menyelesaikan masalah, namun tindakan itu malah bisa menimbulkan masalah baru. Nah ga pengen seperti itu kan.., makanya jangan merespon masalah dengan tindakan-tindakan yang tidak baik seperti contoh diatas.

Salah satu cara mengelola masalah ialah dengan mengajaknya’bersahabat’. Arti bersahabat disini bukannya akrab dengan masalah dan suka mencari cari masalah loh.., tapi bagaimana agar diri kita tidak dikontrol oleh masalah namun kita yang mengontrol masalah.

Berikut tips-tips ‘bersahabat’ dengan masalah :

Instropeksi Diri

Kitalah yang bertanggung jawab atas segala sesuatu yang terjadi pada diri kita, maka koreksi diri kita, manakah tindakan kita yang kira-kira menyebabkan masalah itu timbul. Telusuri dan niscaya akan ketemu pemecahannya.

Lihatlah dari sisi positif

Banyak hal menyenangkan yang pernah kita alami dan setidaknya bisa kita bayangkan. Alihkan perhatian anda dan berfokuslah pada sesuatu yang membuat pikiran anda senang. Biasanya jika pikiran senang maka akan menimbulkan banyak solusi dan ide sehingga masalah akan cepat terselesaikan.

Berjuang

Masalah bukan untuk dihindari namun harus kita usahakan agar dapat diselesaikan. Hadapilah masalah anda agar tidak menumpuk. Jangan menyerah dan jangan menunda. Masalah hanya akan terselesaikan bila kita bersedia untuk menyelesaikannya bukan menghindarinya.

Bertukar pikiran.

Bicarakan dan minta pendapat teman atau orang-orang yang dekat dengan anda atau tanyakan sekalian pada ahlinya. Siapa tau mereka bisa membantu sehingga masalah cepat terselesaikan.

Berdoa dan bersyukur.

Hanya padaNya kita berlindung. Segala sesuatu hendaknya juga disertai doa. Atas kehendakNya semoga segala masalah dan kesusahan dapat terselesaikan.

Kira-kira demikian cara ‘bersahabat’ dengan masalah, semakin banyak masalah terselesaikan maka semakin banyak tujuan anda yang tercapai 😀

Kalo ada temen-temen punya cara lain, mohon tinggalkan url atau sekedar memberi komen dibawah. Saya ingin sekali membaca tentang hal-hal yang berkaitan dengan menyelesaikan masalah. Terima Kasih 😀

2 comments… add one

  • semakin banyak masalah maka semakin dewasalah daya pikirannya

  • Emang ada2 aja. But nice info. Thanks. Kali ini aku akan menghadapi smw masalahku dan menyelesaikanxa dengan tepat, akuran dan terpercaya.

Leave a Comment