Bermain dengan Penguin

Bulan April adalah bulan yang boleh dibilang cukup menarik bagi yang demen mainan SEO untuk ngedatengin trafik.

Blog Network dirazia

– Bermula dari serangan fajar google terhadap blog2 network bahkan yang ngakunya hanya mempublish quality article seperti BuildMyRank (BMR). Suntikan bertenaga dari link2 semacam ini tidak lagi sakti mandraguna karena sumber suntikannya ditumpas oleh google 😆 Masih simpang siur isu mengenai turunnya manfaat link dari public blog network semacam BMR, ALN, UAW dll, namun saya yakin private blog network masih akan berguna. Pinter2 aja nyembunyiin jejak agar ga kedetek sama raja search engine.

Penguin beraksi

– Kalo yang ini ga usah diceritain kali yah. Mungkin dah pada ngerasain sendiri keanehan yang timbul akibat update penguin yang satu ini. Katanya sih penguin mengincar situs yang dianggap dioptimasi secara berlebihan. Mencari link dengan anchor text yang itu2 saja juga perlu dipertimbangkan saat ini. Ada baiknya anchor text lebih divariasikan, terutama kalo ngejar linknya dari hasil nyepam :mrgreen:

– Ada pula hal2 ajaib yang timbul akibat penguin. Jika diperhatikan banyak penyedia blog gratisan yang tiba2 mendapat rangking tinggi. Padahal jika dicek, tak sedikit yang tampaknya dibuat hanya untuk mencari backlink alias dummy blog. Nah loh? kok justru dummynya yang terangking tinggi? weebly dan blogspot sementara ini yang paling sering saya liat nongol nyelip diantara situs2 yang menempati halaman satu.

– Kata kunci kompetitif seperti “make money online” sempat dikuasai oleh blogspot kosong yang ga ada isinya! Sebenernya saya ga heran2 banget karena blog tersebut adalah “mantan” blog keren yang ditulis oleh blogger yang ngaku bernama Griz dan beberapa tahun belakangan memang konsisten di halaman 1 untuk kata kunci “make money online”. Tapi dengan adanya peristiwa tersebut dapat disimpulkan bahwa LINK TETAP ADALAH RAJA. Blogspot kosong tersebut dulunya banyak sekali ngasi informasi yang berguna tentang seo dan make money online dan tidak usah diragukan pasti banyak situs lain yang ngelink ke berbagai postingan di dalam blogspot tersebut secara sukarela. Rumus yang tak lekang oleh waktu kembali terbukti : GREAT CONTENT + MASSIVE LINK = HIGH SERP

Negative SEO?

– Ini yang paling serem. Blom pernah buktiin sendiri apakah benar adanya, tapi ada yang sampe buka layanan negative seo di fiverr yang mengklaim mampu menembak jatuh situs yang menempati posisi tinggi di halaman pencarian google. Caranya adalah dengan ngeblast spam link menuju situs tersebut dengan anchor text tunggal. Apakah akan terjadi perang2an jatuhin pesaing? Tampaknya ga usah sampe jauh banget mikir kesitu. Cukup pikirin keselamatan situs masing2 dulu :mrgreen: (Sampe sekarang saya masih ga percaya mereka bisa “nembak jatuh” situs2 authority yang udah bangkotan dan memiliki banyak high quality link dan aktif social signal.) Tapi mungkin ada benernya juga kalo blog abal2 yang seperti sering saya buat nembak kwd bisa dijegal dengan cara seperti ini, entahlah..

Social Signal

– Banyak panduan yang menulis tentang pentingnya untuk membangun social signal disekitar situs yang dibangun. Entah itu G+, Facebook like, Twitter, Sharing Videos, dsb. Cukup masuk akal dan layak untuk dicoba.

Apapun yang dilakukan google, bulan Mei 2012 menjadi bulan yang benar2 baru untuk saya. Serasa seperti mulai belajar ngeblog dan seo kayak dulu lagi 😀 Kejadian kurang baik yang sudah2 akibat amukan penguin ga usah diingat ingat lagi. Kini saatnya melakukan adjustment dan mulai bermain dengan penguin. Stay tune guys, jika ga males maka saya berencana membuat postingan secara berkala lagi seperti saat aktif ngeblog beberapa tahun yang lalu. Topiknya sementara ini ga jauh2 dari IM. Doakan semoga berhasil 😀 See ya..

0 comments… add one

Leave a Comment