Belajar sambil melakukan

“Saya akan melakukannya setelah saya……….”

“Jika saya sudah berumur …. tahun, baru saya akan melakukannya”

“Biarkan orang lain melakukannya dulu”

“Ah, nanti saja saya ambil peluang usaha ini”

“Saya tidak berani melakukannya sekarang”

Kata-kata tadi sering terucap ketika anda merasa belum benar-benar siap untuk memulai sesuatu. Anehnya kata-kata tersebut akan diikuti oleh kata-kata dibawah ini dalam beberapa waktu kemudian :

“Seandainya sejak awal saya memulainya”

“Andai aku melakukannya 10 tahun yang lalu”

“Seharusnya tak kubiarkan kesempatan ini direbut orang lain”

“Bila saja dahulu peluang itu saya ambil”

“Bodohnya aku karena dulu ketakutanku sangat tak beralasan” 

Kadangkala kita suka menunda sesuatu karena kita merasa kurang percaya diri atau ingin merasa benar-benar siap. Seharusnya lakukan saja sekarang. Anda tidak akan pernah lebih siap daripada saat anda merasa anda harus siap. Hingga anda melakukannya maka anda tidak akan pernah tahu sesiap apa anda saat ini. 

Ketika anda memiliki suatu alasan yang sangat mendesak untuk komitmen anda, maka segala rintangan apapun akan anda lewati dengan berani. Bayangkan bila saudara anda terjebak dalam suatu kebakaran dan anda berpeluang menolongnya, maka anda secara tidak sadar akan mempunyai keberanian untuk melakukan itu.  

Banyak buku mengatakan bahwa keberhasilan akan cepat diperoleh dengan mempercepat kegagalan, karena tiap orang pasti pernah merasakan  suatu rintangan ataupun kegagalan dalam pencapaian tujuannya. Sering pula kita dengar bahwa yang membedakan antara si pemenang dan si pecundang adalah cara mereka menyikapi kegagalan. Pecundang menganggap kegagalan adalah kiamat, sedangkan pemenang menganggap kegagalan adalah proses pembelajaran bagi dirinya untuk lebih dekat lagi dengan tujuannya. Percayalah bahwa kita akan banyak belajar sambil mempraktekkan. Ingatlah bahwa waktu adalah harta yang sangat tak ternilai harganya, kita tak akan pernah berumur yang sama tahun depan.

5 comments… add one

  • Well, dreams are there for the ones whom passionate enough to make it true. Thinking positively can change one;s paradigm to shift further to winning.. a failure is just a hold-up glory, as long as keep walking to the finish line.

    Nice to have found this blog.. kind regards from West Africa.

  • yudi

    makaci dah mampir
    dah nyiapin bahan buat update ni

  • Mas, coba deh baca bukunya John C. Maxwell berjudul Today Matters, atau versi Indonesianya berjudul “Hari ini Penting”.

    Di buku tersebut menjelaskan tentang mengapa setiap orang sebisa mungkin segera melakukan segala sesuatunya, sebab hari ini penting.

    Sebagai tambahan, ada peribahasa berbunyi “tempat terjauh adalah waktu yang baru saja berlalu”.

    NB: Sorry kalo ternyata anda juga sudah membaca buku tersebut. Saya juga tidak ada maksud menggurui, cuma sekedar berbagi informasi.

  • makasi info bukunya

  • Iya juga, lagipula siapa yang tahu kita akan hidup sampai kapan?

Leave a Comment