Bandar Udara di tengah laut

Ada sebuah bandar udara di Jepang yang boleh dibilang sebagai salah satu kehebatan manusia di dalam membangun karya dengan “mengakali alam”, bandar udara tersebut bernama Kansai International Airport.

Airport yang satu ini dibangun terpisah dari daratan atau tepatnya dibangun diatas laut dan menghadap langsung samudera pasifik. Airport ini terhubung ke daratan melalui sebuah jembatan modern yang dapat dilalui oleh kereta, mobil, maupun bus.

Saya tiba-tiba tertarik menulis tentang Kansai International Airport setelah secara tidak sengaja melihat liputan pembangunannya di televisi. Bandara tersebut digambarkan memiliki konstruksi yang dibuat tahan gempa (yang memang sering terjadi di jepang) dan juga tahan badai. Pembangunannya sendiri diberitakan sangat sulit, karena mesti meng-urug sebuah areal di air dan perancangnya juga mesti memikirkan bagaimana caranya agar bandara tersebut tidak tenggelam akibat lapisan tanah yang lembut dibawah permukaan laut yang mendasari bandara tersebut. Hingga saat ini dikatakan bahwa “amblasnya” bandara sudah dapat dikurangi dari 5 cm/bulan menjadi kira-kira 5 cm/tahun. Weih ruwet mesti buatnya.

Kansai International Airport juga sering disebut sebagai Black Hole airport oleh para pilot karena ketika akan melakukan pendaratan pada malam hari, cahaya hanya datang dari bandara tersebut, sedangkan disekitarnya gelap gulita.

Beberapa penumpang yang diwawancarai mengatakan bahwa ada sensasi tersendiri ketika mendarat di bandara ini. Seolah-olah pesawat akan mendarat di atas air atau di sebuah kapal induk. Mungkin mirip-mirip bandara Ngurah Rai jika mendarat dari arah barat kali yah 😀

Dari televisi sudah terlihat indah, aslinya pasti lebih menakjubkan 😀

kansai-international-airport

19 comments… add one

  • di indonesia udah ada gak yah? hehehehe… kayaknya indonesia terbelakang terus masalah gini2an.

  • Hmm.. di darat aja bandara-nya sering kena banjir.. gimana mau bikin bandara di tengah laut.

    Nanti mungkin kalo teknologi di indonesia sudah bisa menanggulangi banjir, hehehe.. :)

  • tahan tsunami ndak yah 😀

  • keren tuh,ditengah laut cuiy..

    solusi buat kota yang lahanya dikit..

    di indonesia kapan yah?

  • cocok buat indonesia..
    kan indonesia negara kepulauan..
    jadi bisa dibuat solusi membuat bandar udara di laut…
    hehhehehe..

    tapi bisa nyebur g tuh?
    hhe

    salam kenal ^^ X)

  • orang orang jepang kok isa canggih canggih gitu yah.. *terkagum kagum*

  • keren tuh… 😀

  • everizal

    Tulisan yudi merupakan motinavasi bagi orang yang suka suka tantangan, contohnya seperti negara jepang mereka sedikit mempunyai lahan darantan tapi merek dapat memaksimalkan segala kemamampuan tehnologi,sehingga dapat membangun bandara di tengah laut

  • Wow..keren oiii :)

  • mantap ya bro Indonesia kapan yak?

  • wah pilotnya harus bener2 ahli kalo gak bisa nyemplung tuh :)

  • sebenarnya lokasi di negara kita buaaaaanyak sekali daerah pesisir….dan tenaga ahli indonesia juga bisa tonji….tapi apakah …? pemerintah dana para pejabat yang mengelola APBD dan APBN kita mau membiayai……hal-hal unik seperti itu….saya kira bandara semacam itu tidak memakan biaya 6,7 triliun…..iya kan…? andaikan dana itu dikelola untuk membangun bandara…..waaaduh pasti kita juga hebat dimata dunia..iya kan.

  • sebenarnya lokasi di negara kita buaaaaanyak sekali daerah pesisir….dan tenaga ahli indonesia juga bisa tonji….tapi apakah …? pemerintah dan para pejabat yang mengelola APBD dan APBN kita mau membiayai……hal-hal unik seperti itu….saya kira bandara semacam itu tidak memakan biaya 6,7 triliun…..iya kan…? andaikan dana itu dikelola untuk membangun bandara………atau memberi makan kepada fakir miskin dan anak terlantar…..waaaduh pasti kita juga hebat dimata dunia..iya kan.

  • saya juga sempat nonton acara ini, dan amazing melihatnya.. jadi kepengen coba mendarat di bandara itu 😀

  • Echmuakh

    Saya kenal Sandra Dewi cuma melalui tontonan penampilanNya di TV doang!!! Tidak lebih dari itu!!!!

  • Echmuakh

    Saya kenal Sandra Dewi cuma melalui tontonan penampilanNya di TV doang!!! Tidak lebih dari itu!!!!!

  • Echmuakh

    Saya pernah di Duri tahun 2007 dan belum pernah balik lagi ‘relatively’ sesudah itu!
    Saya tahu Bupati Bengkalis sangat berkuasa di situ, tapi saya yakin dengan pengaruh DR. Mahathir Muhammad di sana semua akan dapat diatasi dengan baik dan sempurna!
    Kami jangan terlalu memikirkan jodoh yang pantas buat kamu, tapi dalan aliran kepercayaan saya, Jodoh, Rezki, dan Kematian pasti telah pasti di Tangan Allah Subhanallah Tuhan Semesta Alam.

  • Echmuakh

    Saya pernah di Duri tahun 2007 dan belum pernah balik lagi ‘relatively’ sesudah itu!
    Saya tahu Bupati Bengkalis sangat berkuasa di situ, tapi saya yakin dengan pengaruh DR. Mahathir Muhammad di sana semua akan dapat diatasi dengan baik dan sempurna!
    Kamu jangan terlalu memikirkan jodoh yang pantas buat kamu, tapi dalan aliran kepercayaan saya, Jodoh, Rezki, dan Kematian pasti telah pasti di Tangan Allah Subhanallah Wata’ala Tuhan Semesta Alam.

  • amaronew

    Jepang meMaNg kereeennNnn

Leave a Comment