Avoid 3 Foul Rule

Sambil nunggu siaran langsung Guinness 9 ball tour 2008 di Penang Malaysia nanti sore dan sambil sekalian nambah2 postingan di blog ini, aku pengen mengingat sebuah kejadian menarik yang terjadi pada salah satu partai World Championship Pool 2006. Hal menarik itu terjadi pada partai yang mempertemukan Vimos Foldes vs Luong Chi Dung. Videonya nanti bisa ditonton di akhir postingan ini.

Ceritanya ketika itu kedudukan 9-3 untuk keunggulan Chi Dung, melihat kondisi table yang sangat crowded maka Foldes memutuskan untuk melakukan safety shot yang membuat Chi Dung tak mampu untuk mencari jalan keluarnya. Merasa diatas angin Chi Dung pun melepas begitu saja bola tersebut, Ball in Hand untuk Foldes, 1st foul untuk Chi Dung. Disinilah letak menariknya frame ini, melihat susahnya untuk melakukan clean table maka Foldes pun melakukan foul yang disengaja yang bertujuan agar Chi Dung tak mampu menembak bola sasaran dengan cara menutup rapat bola tersebut dengan bola lainnya. 1st foul both player. Ball in Hand Chi Dung.

Sekarang Chi Dung tak mampu menembak langsung bola 1, Chi Dung membaca situasi tidak memungkinkan ini dengan berusaha membongkar bola sambil berharap Foldes kesusahan menghabiskan bola dengan menyisakan posisi bola 1 yang tetap rapat dengan bola lainnya. Dia pun melakukan foul “disengaja” kembali. Sekarang keadaan 2nd foul Chi Dung, Foldes 1st. Ball in Hand untuk Foldes.

Dengan Cerdik Foldes pun kembali melakukan foul “disengaja” dengan tujuan menutup rapat kembali bola 1, penonton pun bersorak melihat 2 pemain ini sedang memperagakan perang taktik yang dahsyat. 2nd foul both player.

Berapa banyak si ada partai 9 ball, dimana ada 2 pemain yang sama2 mengalami 2 foul berurutan dalam waktu yang bersamaan 😀

Chi Dung hanya geleng2 kepala sambil tersenyum melihat taktik lawannya, karena mungkin sudah kehabisan akal karena bola 1 tak mungkin ditembak secara langsung maka ia pun nekat melakukan jumpshot untuk posisi bola yang terbilang susah. Bola harus mendarat tepat diatas bola agar tak terjadi foul karena posisi bola yang rapat satu dengan yang lainnya, itupun dengan resiko bola out of table. Hebatnya jumpshotnya tepat mendarat diatas bola sasaran, penonton puk bertepuk tangan dan berakhir sudahlah “perang foul” antar 2 pemain ini. Chi Dung tak jadi out karena tidak jadi melakukan 3 foul berturut-turut namun dia harus kalah di frame itu karena Foldes yang mendapat Ball in Hand menghabiskan bola di rack itu. Hasil Akhir tetap dimenangkan oleh Chi Dung, sungguh sebuah pertandingan dengan kejadian yang langka. Inilah videonya :

3 comments… add one

  • makasih juga dah dolan ke blogku. btw di bali tinggal dimana neh bli? besok deh kalo saya ke bali kita bilyard brg, oke?
    hehehe, sukses deh kalo gitu

  • MAAF ORANG DARI INDONESIA GA BOLEH LIAT VIDEO INI

    Koq aku cuma dapat pesan itu mas? Emangnya kenapa koq orang Indonesia nggak boleh lihat videonya? :(

  • yudi

    @ encyblogedia
    makasi juga mas dah mampir,
    besok ayo kita biliaran :-)

    @ andos
    sekarang dah bisa dilihat lagi nih mas andos
    pemerintah dah insyaf :-)

Leave a Comment