8 pertanyaan jebakan dalam wawancara

Iseng mampir ke tabloidnova, dalam sub halaman pengembangan diri nemu artikel tentang wawancara kerja yang kira-kira bermanfaat buat temen2 yang sedang melamar pekerjaan.

Peringatan : Artikel ini bukan untuk yang bercita-cita menjadi pengangguran :mrgreen:

Judulnya, 8 Pertanyaan jebakan dalam wawancara. Apa saja itu, mari kita lihat satu persatu

1. Mengapa kami harus mempekerjakan anda?

kita disebut terjebak apabila memberikan jawaban yang terlalu umum misal : saya pekerja keras, jujur, ulet, gemar menabung, sayang orang tua de el el :mrgreen:

jawablah lebih spesifik tentang kelebihan anda, kemampuan apa yang mungkin berguna bagi perusahaan tempat anda melamar kerja

2. Mengapa tertarik bekerja di perusahaan ini?

Pertanyaan ini digunakan untuk mengetahui apakah anda sudah mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi wawancara. Ingatlah untuk selalu mempelajari latar belakang perusahaan dan informasi umum tentang perusahaan maupun posisi pekerjaan yang anda lamar. Bila anda hanya waton (ngasal) aja pada pertanyaan ini berarti anda terjebak.

3. Apakah kelemahan utama anda?

Jangan mengatakan bahwa anda tidak memiliki kelemahan, jawablah dengan jujur disertai dengan inisiatif anda untuk mengubah kelemahan anda tersebut menjadi kelebihan anda. Jangan terjebak dalam menjawab pertanyaan ini.

4. Mengapa berhenti dari perusahaan terdahulu?

Ingat!! jangan memberi jawaban yang memberikan kesan negatif, walaupun anda keluar dari tempat anda bekerja yang dulu secara kurang baik. Sekali lagi, jangan sampai terjebak.

5. Bagaimana anda mengatasi masalah?

Anda sedang dites oleh si pewawancara. Mereka ingin mengetahui apakah anda dapat berpikir dengan cepat dalam mengembangkan solusi. Jawaban yang tak terfokus akan membuat anda celaka dan memberikan poin minus untuk anda.

6. Prestasi apa yang dibanggakan?

Berikan jawaban yang relevan dengan pekerjaan yang sedang anda lamar. Jangan menjawab anda adalah juara panjat pinang Agustusan 3x berturut-turut apabila pekerjaan yang anda lamar tidak ada hubungannya dengan kegiatan memanjat pinang atau memanjat pohon 😀

7. Berapa gaji yang diharapkan?

Selalu bertanya terlebih dahulu kepada orang2 yang berposisi sama dengan pekerjaan yang sedang anda lamar. Bila terpaksa, jawablah dengan kisaran nilai tertentu, jangan menyebut angka tertentu. Anda tentu tak ingin memberikan jawaban yang over apalagi yang under.

8. Bisa ceritakan mengenai diri anda?

Pewawancara tidak akan ingin mengetahui apa yang anda lakukan di malam minggu maupun siapa nama pacar anda. Siapkan beberapa poin yang dapat menunjukkan bahwa anda adalah orang yang berkompeten dalam bidang anda dan layak untuk diterima untuk posisi yang anda lamar.

Okeh, selamat wawancara, semoga berhasil ya… 😀

6 comments… add one

  • pak, bwat yang cita2nya jadi pengangguran ada tips ga?he2

  • @ bozz
    tipsnya di blog2 dan forum2 sebelah, disini belum kompeten hehe…

  • tetep paling enak cari kerja pake kenalan (KKN?), gak perlu wawancara, kalaupun harus wawancara cuma formalitas aja, sudah pasti diterima 😀

  • yudi

    @ jimmy
    enak donk mas

  • jadi ingat pas baru lulus kuliah nih, ngubek2 koran tiap sabtu, ke warnet liat jobsdb.. hahaha.. udahlah! emang enak jadi pengangguran aja :mrgreen:

  • yudi

    @ yudi
    setuju deh :-)

Leave a Comment